Wisata Bukit Pinus Wonosalam, Wisata Alam Bernuansa Hutan di Kota Jombang

Seperti namanya, Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam merupakan sebuah perbukitan dengan vegetasi hutan pohon pinus. Menyajikan wisata alam bernuansa hutan. Pemandangan alam indah yang dipenuhi dengan jajaran hutan pinus. Dikelola oleh warga setempat dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.

wana wisata bukit pinus wonosalam. google maps. sumber : Ardika Nugraha Akbar

Wisata alam ini lokasinya berada di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pepohonan pinus disini tumbuh dengan rapi dan teratur. Selain menimati keindahan alamnya, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai wahana menarik. Tersedia banyak wahana seru untuk semua kalangan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Begitu juga dengan tersedianya beragam spot foto menarik dan instagramable. Untuk kenyamanan pengunjung, wisata alam ini juga telah dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang cukup lengkap. Setiap harinya wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan.

Alamat Wisata Bukit Pinus Wonosalam

  • Jl. Boklorobubuh, Area Sawah/Kebun, Perhutani, Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.7.500,-
  • Parkir motor Rp.5.000,-
  • Parkir mobil Rp.10.000,-

Rute ke Wisata Bukit Pinus Wonosalam

Wisata Bukit Pinus Wonosalam lokasinya cukup mudah dijangkau. Jika dari arah Bareng melalui Candi Rimbi lurus saja mengikuti jalan ikuti arah Kampoeng Djawi. Ambil arah kiri, lurus ikuti jalan hingga sampai di gerbang lokasi Bukit Pinus yang berada di sebelah kiri jalan.

See also  Pantai Karang Paranje, Hidden Gem 7 Karang Berbalut Mitos Di Garut Selatan

Jika melalui jalur Mojoagung, ambil rute dari pertigaan terminal Mojoagung ke selatan. Sebelum jembatan besar terdapat tanda penunjuk jalan menuju Agrowisata Panglungan. Ikuti tanda tersebut kemudian belik kiri. Jika menemukan jalan bercabang ambil kanan kemudian lurus ikuti jalur. Lokasi wisata Bukit Pinus berada di kanan jalan.

Transportasi

Akses menuju lokasi Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam jalannya cukup bersahabat. Anda bisa mencapai lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Wisata ini berada di dataran tinggi. Jalanan menuju lokasi cukup menanjak dan banyak berkelok tapi tetap aman untuk dilewati.

Ada Apa di Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam

wana wisata bukit pinus wonosalam
wana wisata bukit pinus wonosalam. google maps. sumber : Dio Drajat

Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam menawarkan wisata alam bernuansa hutan. Pemandangan alam yang indah dipenuhi dengan jajaran hutan pinus.

Selain menyajikan panorama alam yang indah, wisata alam ini juga dilengkapi berbagai kegiatan menarik. Tersedia wahana seru baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Wisata Bukit Pinus ini juga dilengkapi dengan beragam spot-spot foto keren dan menarik.

Menikmati Kesejukan Bukit Pinus Wonosalam

panorama alam bukit pinus wonosalam
panorama alam bukit pinus wonosalam. google maps. sumber : Andy Conscientia

Pemandangan alam di tempat wisata ini indah dan berhawa sejuk. Pepohonan pinus tumbuh dengan rapi dan teratur. Areanya berbukit-bukit, jajaran pohon pinus yang tinggi menjulang menambah keasrian kawasan ini. seluruh kawasannya tertutup pohon pinus, sehingga sangat teduh dan nyaman.

wisata bukit pinus
wisata bukit pinus. google maps. sumber : ferdian budi arrouf

Di area bagian bawah, pihak pengelola menanam beragam tanaman hias. Ada yang berbunga dan ada juga yang berdaun dengan corak yang indah dan bentuk yang unik. Ada bentuk yang melingkar hingga membentuk hati.

Wahana Sepeda Gantung

wahan sepeda gantung
wahana sepeda gantung. google maps. sumber : Eka Pramuda Wardani

Bukit Pinus Wonosalam menyediakan berbagai wahana yang seru dan menarik. Salah satu wahana yang perlu dicoba di bukit pinus adalah wahana sepeda gantung. Menaiki sepeda yang tergantung diatas seutas tali denga ketinggian beberapa meter saja.

See also  Crash Bandicoot N. Sane Trilogy Akan Hadir di PC dan Nintendo Switch – UPDATE PARA GAMERS

Wahana ini tentunya aman digunakan dan sudah teruji. Untuk mencoba wahana sepeda gantung dikenakan biaya tambahan diluar harga tiket masuk.

Spot Foto Keren dan Instagramable

spot foto payung warna warni
spot foto payung warna warni. google maps. sumber : Mas Falah

Wisata Bukit Pinus juga menyediakan berbagai spot foto yang keren, unik dan instagramable. Salah satu spot foto favorit yaitu spot foto sarang burung. Konsep spot foto ini menyerupai sarang burung. Terdiri dari ranting-ranting yang dikumpulkan untuk menjadi sarang.

Selanjutnya ada spot foto warna-warni. Kemudian spot foto kupu-kupu raksasa dengan sayap berwarna orange dan hijau di bagian sayapnya. Ada juga spot foto payung menggantung. Payung-payung tersebut menggantung diantara dahan-dahan pepohonan.

foto wisata bukit pinus
foto wisata bukit pinus. google maps. sumber : Melia Suciati

Wisatawan juga dapat berswafoto dengan latar pepohonan pinus yang berjajar rapi dan teratur. Jika datang pagi atau setelah hujan, anda dapat melihat kabut. Kawasan hutan pinus ini akan berselimut kabut tipis dan menjadikan pemandangan dramatis ketika tertangkap lensa kamera.

Bersantai diatas Hammock

bersantai diatas hammock
bersantai diatas hammock. google maps. sumber : ari miskiyanti

Wisatawan juga bisa bersantai diatas hammock yang disewakan sambil menikmati kesejukan dan keindahan bukit pinus. Tersedia juga hammock lain yang berbetuk jaring-jaring. Ukuran hammock jaring-jaring ini lebih lebar sehingga lebih leluasa untuk berbaring.

Fasilitas Wisata Bukit Pinus Wonosalam

Berikut adalah beberapa sarana umum dan fasilitas yang tersedia di Wisata Bukit Pinus.

  • Area parkir
  • Penjual makanan dan minuman
  • Toilet
  • Mushola dan lain-lain

Hotel Sekitar Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam

Hotel, villa dan penginapan sekitar Wana Wisata Bukit Pinus

  • Villa Kampoeng City Wonosalam
  • Kampoeng Djawi
  • Villa Rosari Refresh

Tempat Wisata Sekitar Bukit Pinus Wonosalam

  • Ekowisata Banyumili
  • Kampoeng Djawi
  • Villa Kampoeng City
  • Wana Wisata Sumber Biru
  • Air Terjun Tretes
  • Goa Sigolo-Golo
  • Agrowisata Kebun Durian Wonosalam

Video Wisata Bukit Pinus Wonosalam

Video Wisata Bukit Pinus berikut dikutip dari chanel : Semampir Project

See also  Telaga Menjer, Banyak Spot Wisata Terbaru Di Sekitarnya

Penutup

Wisata Bukit Pinus Wonosalam ini menyajikan latar pemandangan yang dipenuhi dengan jajaran hutan pinus. Tidak hanya alamnya yang indah, Bukit Pinus juga menyediakan beragam kegiatan alam seru dan menarik.

Menikmati keindahan alam secara langsung sekaligus piknik bersama keluarga. Wisata Bukit Pinus ini juga tersedia beragam spot-spot foto keren dan menarik. Setiap hari wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan terutama pada akhir pekan.

Leave a Comment