Waduk Wadaslintang, Spot Self Healing, Mancing, dan Camping

Waduk Wadaslintang termasuk bendungan tertinggi di Indonesia, dimana tingginya di atas 100 meter yang dibangun sekitar tahun 1988 berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen.

Posisi bendungan yang berada di ketinggian membuat wisata di Waduk Wadaslintang menarik untuk dilakukan, spot self healing yang tenang dan damai.

Selain dijadikan lokasi hulang-healing kawasan WWL atau Waduk Wadaslintang juga sering dimanfaatkan para mancing mania untuk dijadikan lokasi memancing.

waduk wadaslintang. google maps. sumber: Arzha Ali Rahmat

simak juga: gunung sikunir

Di sekitar Waduk Wadaslintang pun terdapat beberapa tempat wisata keren lain yang nggak boleh dilewatkan, misalnya saja Lubang Sewu serta Taman Badegolan yang secara administratif berada di Kabupaten Kebumen.

Sama seperti kisah sebuah bendungan atau waduk pada umumnya, Waduk Wadaslintang pun menyimpan sebuah misteri dan mitos yang hingga kini masih dipercaya.

Meski begitu, mahakarya dari Waduk Wadaslintang menjadi daya tarik tersendiri. Berikut kami sajikan ulasan tentang bendungan tertinggi tersebut.

Table of Contents

Lokasi Waduk Wadaslintang

  • Lokasi Waduk Wadaslintang berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kebumen
  • Secara administratif alamat Waduk Wadaslintang berada di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
hunting foto yuk
hunting foto yuk. google maps. sumber: Evha Ibellia

simak juga: curug sikarim

Waduk Wadaslintang jaraknya cukup jauh dari pusat kota, yakni memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam lebih dengan jarak tempuh hampir 50 km.

Sedangkan dari Lubang Sewu hanya memakan waktu sekitar 6 menit saja dengan menggunakan mobil, dan dari Taman Badegolan sekitar 6 km dengan waktu tempuh 14 menit.

Untuk kamu yang berangkat dari Alun-Alun Wonosobo dengan menuju Jl. Merdeka teruskan perjalanan hingga akhirnya tiba di Jl. Kyai Muntang.

Lalu belok kiri ke Jl. Ajibarang Secang, belok kiri lagi ke Jl. Selomerto – Madukara. Teruslah lurus untuk tiba di Jl. Raya Wadaslintang, dan carilah lokasi yang nyaman untuk memakirkan kendaraan.

Jam Buka Waduk Wadaslintang

  • Jam buka Waduk Wadaslintang setiap hari Senin sampai dengan Minggu
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 18.00
keliling waduk naik perahu
keliling waduk naik perahu. google maps. sumber: Mas Di

simak juga: telaga warna

Harga Tiket Masuk Waduk Wadaslintang

Tiket masuk Waduk Wadaslintang ini gratis ya, hanya membayar biaya parkir saja.

Fasilitas Waduk Wadaslintang

Fasilitas wisata yang ada di sekitar Waduk Wadaslintang terdapat di sebuah lapangan yang bertuliskan Pesona Wadaslintang, posisinya ada di bagian depan. Diantara fasilitas yang ada yakni sebagai berikut:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Area bermain anak,
  • Lapangan yang luas,
  • Gazebo,

Daya Tarik Waduk Wadaslintang

1. Bendungan Wadaslintang

plta
plta. google maps. sumber: Ainun Wastu Alif

simak juga: candi arjuna

Waduk Wadaslintang memiliki pemandangan alam yang masih alami, sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah luasnya bendungan dihiasi dengan perbukitan hijau.

Fungsi utama dari Waduk Wadaslintang ialah untuk memenuhi kebutuhan irigasi bagi sektor pertanian di sekitar bendungan, selain itu juga berfungsi sebagai sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Menikmati Waduk Wadaslintang paling bener di sore hari, dimana cuaca tak begitu panas dan sang surya pun bersahabat. Apalagi ditambah dengan panorama sunset yang merubah warna langit menjadi jingga.

Dengan keindahan yang dimilikinya, banyak pengunjung yang berfoto berlatarkan pesona Waduk Wadaslintang. So, kamu juga jangan sampai lupa ya untuk berfoto bersama keindahannya!

Ragam Wisata yang dapat kamu lakukan ketika mengunjungi Waduk Wadaslintang ini diantaranya:

  • Mengelilingi area bendungan dengan menyewa perahu,
  • Memancing di spot favorit pengunjung,
  • Camping di sekitar waduk,
  • Serta hunting foto-foto keren.

2. Pesona Wadaslintang

pesona wadaslintang
pesona wadaslintang. google maps. sumber: Asti Fani

simak juga: taman badegolan

Spot wisata lain yang ada di kawasan Bendungan Wadaslintang ialah sebuah lapangan yang cukup luas, dengan landmark berwarna merah bertuliskan Pesona Wadaslintang.

Di spot yang satu ini tersedia beberapa gazebo yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai sambil menunggu anak-anak bermain. Yupz, ada area playground untuk anak-anak bermain ayunan dan wahana lainnya.

Juga ada sebuah tangga yang akan membawamu ke sisi lain dari Waduk Wadaslintang, enaknya lagi lokasinya berdekatan dengan beberapa warung makanan dan minuman jadi kamu dapat santuy sambil hunting kuliner.

Penutup

Meski berada di Kabupaten yang berbeda nggak ada salahnya untuk mengunjungi Taman Badegolan, banyak yang menyandingkannya dengan keindahan Sungai Aare yang ada di Swiss.

Leave a Comment