Waduk Malahayu, Suasana Baru Yang Membiru

Waduk Malahayu tempat yang asyik untuk mengajak keluarga berlibur, tempatnya luas serta view yang menawan merupakan daya tarik utamanya.

Lokasinya yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, membuat Waduk Malahayu tak pernah sepi pengunjung. Apalagi setelah proses revitalisasi, suasana baru dengan mayoritas warna biru dan kuning tampak sangat menarik.

pemandangan di sekitar. google maps. sumber: Afrisal Ardiyansyah

simak juga: pasir gibug

Hingga menjadikan Waduk Malahayu menjadi tempat wisata baru yang paling diburu wisatawan, saat ini wisata alam memang sangat diminati. Berikut deskripsi dari Waduk Malahayu Banjarharjo, sebagai bahan referensi wisata di Brebes.

Lokasi Waduk Malahayu

Lokasi Waduk Malahayu berada di alamat Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

See also  Sumur Jalatunda, Wisata Harapan Di Dieng

Rute menuju Waduk Malahayu jika ditempuh dari pusat kota Brebes ialah dengan menuju Jl. Singosari Panotoyudo lalu belok kiri ke Jl. Slamet. Teruslah melaju hingga akhirnya tiba di Jl. Raya Pantura.

Lanjutkan perjalananmu hingga tiba di Jl. Merdeka, lalu belok ke kiri di persimpangan untuk tiba di Jl. Cikoneng Malahayu. Di persimpangan jalan sebelah kanan kamu akan melihat sebuah gapura yang bertuliskan Waduk Malahayu, masuklah ke jalan tersebut.

Selain dapat dituju dari Brebes, untuk menuju Waduk Malahayu juga dapat dituju dari Kuningan, Jawa Barat. Karena memang lokasi dari waduk yang satu ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

spot wajib untuk berfoto
spot wajib untuk berfoto. google maps. sumber: Fitry Cell

simak juga: waduk penjalin

Jam Buka Waduk Malahayu

Jam buka Waduk Malahayu Banjarharjo ini setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Waduk Malahayu

  • Tiket masuk Waduk Malahayu sebesar Rp. 7.000,-  per orang
  • Parkir motor sebesar Rp. 3.000,-

Fasilitas Waduk Malahayu

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Waduk Malahayu diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Spot foto,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Gazebo,
  • Tempat duduk,
  • Mushola,
  • Pujasera,
  • Taman yang hijau,
  • Gardu pandang,
  • Dermaga,
suasana baru yang membiru
suasana baru yang membiru. google maps. sumber: Jamhuri Rasidi

simak juga: pantai randusanga

Daya Tarik Waduk Malahayu

1. Misteri Waduk Malahayu

Tak dapat dipungkiri jika akhirnya misteri dan mitos yang melekat pada Waduk Malahayu menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi mereka yang memiliki jiwa penasaran.

Konon katanya Waduk Malahayu dipercaya menjadi sebuah tempat yang dapat melanggengkan sebuah hubungan pernikahan. Hingga banyak pengantin baru yang datang ke Waduk Malahayu, dengan maksud agar pernikahan mereka langgeng hingga maut memisahkan.

Tak berhenti sampai disitu, Waduk Malahayu juga menyimpan misteri akan hadirnya seekor ular buntung yang diyakini merupakan penunggu dari waduk di Brebes yang satu ini.

Setiap misteri dan mitos yang melekat pada Waduk Malahayu dikembalikan lagi pada kepercayaan dan keyakinan masing – masing. Meski tak dapat dibuktikan secara nyata, namun tidak sedikit pengunjung yang mempercayainya.

2. Sejarah Waduk Malahayu

Sejarah dari Waduk Malahayu berawal sekitar tahun 1938, dimana waduk ini mulai diresmikan oleh pemerintahan kolonial Belanda. Dengan fungsi utamanya ialah sebagai saluran irigasi bagi beberapa lahan pertanian yang ada di sekitarnya.

Bangunan peninggalan Belanda terkenal kokoh dan tak lekang oleh waktu, begitupun dengan Waduk Malahayu Banjarharjo yang satu ini. Meski sudah mengalami revitalisasi namun tetap mempertahankan bangunan inti yang berada di tengah danau.

waduk malahayu
waduk malahayu. google maps. sumber: Juna Yz

simak juga: cipanas buaran

3. Tempat Yang Luas

Luas dari Waduk Malahayu sangat besar, hingga berada di tiga desa yakni Desa Malahayu, Desa Cipajang dan Desa Penanggepan, Banjarharjo.

Penataannya kali ini sangat menarik, pihak pengelola telah membuatkan kita jalur untuk berjalan kaki yang nyaman. Sehingga kita dapat eksplor setiap sisi di Waduk Malahayu, tanpa ada yang terlewat.

Juga telah disediakan beberapa tempat duduk dan gazebo, banyak pengunjung yang bersantai dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan eksplor Waduk Malahayu.

4. Waduk Yang Cantik

Waduk Malahayu sangat luas, beberapa bukit ikut menghiasi keindahan yang tersaji. Adem banget liatnya, apalagi jika datang di sore hari. Dimana warna langit yang mulai berubah menambah keeksotisan alam.

Jangan lupa untuk hunting foto ya, banyak spot – spot foto keren yang sayang untuk dilewatkan. Tentu saja view dari Waduk Malahayu merupakan spot yang nggak boleh terlewatkan.

5. Wahana Bermain Air

Ada cara lain menikmati keindahan Waduk Malahayu, yakni dengan mengelilingi danau buatan tersebut dengan menggunakan perahu motor yang berderet di tepi danau.

Selain itu, kamu juga dapat bermain airnya di area lain. Dimana di sekitarnya terdapat beberapa gazebo serta warung – warung makanan dan minuman. Juga ada penyewaan ban, agar tetap aman ketika bermain air.

Ragam wisata lain yang nggak boleh dilewatkan misalnya saja dengan mengunjungi Dermaga Malahayu, dan duduk santai menikmati megahnya Bendungan Malahayu.

Selanjutnya cobalah untuk menuju menara pandang Malahayu, yang sering dimanfaatkan pengunjung sebagai spot untuk berfoto.

situs benteng dinamit
situs benteng dinamit. google maps. sumber: Kang Jarot

simak juga: ciblon waterboom

6. Situs Benteng Dinamit

Di bagian atas kawasan Waduk Malahayu terdapat sebuah situs peninggalan zaman kolonial Belanda yang diberi nama Situs Benteng Dinamit.

Kehadiran Situs Benteng Dinamit tak dapat dipisahkan dari proses pembangunan Waduk Malahayu, dimana situs ini dimanfaatkan untuk menyimpan bahan peledak atau dinamit yang digunakan untuk meledakkan atau menghancurkan bebatuan pada proses pembangunan waduk.

Kondisi bentengnya saat ini sudah tak lagi sama, bahkan ada satu buah benteng yang bentuknya sudah tidak utuh lagi. Bangunan dari bentengnya terbuat dari bebatuan alam, dengan luas yang tak seberapa.

Leave a Comment