Tumpak Selo Mini Tubing, Wisata Alam di Lumajang yang Seru dan Ramah di Kantong

Tumpak Selo Mini Tubing merupakan sebuah objek wisata alam yang mengusung konsep wisata alam mini tubing. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Lumajang, dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Destinasi wisata ini berdekatan dengan wisata alam lainnya yaitu Pemandian Alam Selokambang.

wisata tumpak selo. google maps. sumber :  Imam fathoni

Objek wisata alam Tumpak Selo Mini Tubing baru dibuka pada pertengahan 2021 lalu. Dikelola dan terus dikembangkan oleh Karang Taruna dan BUMDes warga setempat. Tumpak Selo sendiri berasal dari kata tumpak yang memiliki arti menaiki, sedangkan selo yang berarti batu. Tumpak Selo bisa diartikan batu yang dinaiki oleh orang setempat.

Objek wisata ini menawarkan wisata alam yang seru dan menarik. Pengunjung bisa menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet besar yang disewakan pihak pengelola. Aliran air sungainya cukup deras, jernih dan segar. Aliran air sungai yang berasal dari mata air Selokambang yang diubah oleh warga sekitar menjadi wisata mini tubing.

Kebersihan air sungai disini selalu jernih dan terjaga kebersihannya. Hal tersebut tidak lepas dari peran warga desa setempat selalu menjaga kebersihan sungai. Di bagian sisi kiri dan kanan sungai tersebut juga didominasi pepohonan yang begitu rindang. suasananya sangat sejuk dengan suara gemercik air membuat wisatawan jadi merasa lebih betah.

Alamat Tumpak Selo

  • Desa Petahunan, Kec. Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Setiap hari. 09.00 WIB – 17.00 WIB.
See also  Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo, Tempat Berenang dan Berendam Di Pusat Kota

Harga Tiket masuk

Tiket masuk gratis, cukup membayar biaya parkir kendaraan.

  • Parkir motor Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil Rp. 10.000,-
  • Harga sewa ban besar Rp. 10.000,-. / 1 Jam.
  • Harga sewa ban kecil Rp. 5.000,- / 1 Jam.

Transportasi

Wisata Tumpak Selo lokasinya tidak jauh dari pusat kota Lumajang, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Destinasi wisata ini berdekatan dengan wisata alam lainnya yaitu Pemandian Alam Selokambang.

Akses jalan sudah bagus dan beraspal. Untuk mencapai lokasi wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor.

Ada Apa di Tumpak Selo

wisata alam tumpak selo
wisata alam tumpak selo. google maps. sumber : Geovanni MB

Wisata Tumpak Selo merupakan objek wisata yang seru dan menyenangkan. Mengusung konsep wisata alam mini tubing, menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet besar.

Aliran air sungai jernih dengan udara sejuk dan segar. Setiap hari objek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan. Apalagi disaat musim liburan sekolah.

Merasakan Sensasi Mini Tubing

tumpak selo mini tubing
tumpak selo mini tubing. google maps. sumber : Imam fathoni

Daya tarik utama dari wisata Tumpak Selo adalah Mini Tubing. Disini wisatawan bisa mencoba sensasi Tubing, menaiki ban karet besar dan melewati anak sungai. Ban karet besar yaang sudah disiapkan pihak pengelola untuk disewakan. Aliran airnya cukup deras, bersih dan jernih.

Aliran air sungai disini berasal dari mata air Selokambang yang diubah oleh warga desa setempat menjadi objek wisata mini tubing. Susana disekitarnya sangat asri dan indah. Disebelah kiri dan kanan sungai banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang. Di pinggir sungai juga tersedia beberapa spot kuliner dengan bangunan yang terbuat dari bambu.

Menikmati Suasana Sejuk

pemandangan sejuk tumpak selo mini tubing
pemandangan sejuk tumpak selo mini tubing. google maps. sumber : Fuad Ahmad

Pemandangan alam yang disajikan di Tumpak Selo ini sangat asri dengan udaranya yang sejuk. Disekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang.

See also  31 Tempat Wisata Di Kuningan, Yang Hits dan Instagramable

Berswafoto di Aliran Sungai

sensasi mini tubing
sensasi mini tubing. google maps. sumber :  Imam fathoni

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah berswafoto. Disini pengunjung bisa berfoto ketika menyusuri sungai diatas ban karet besar. Atau berswafoto dengan latar keindahan alam sekitar.

berswafoto di tumpak selo
berswafoto di tumpak selo. google maps. sumber : Imam fathoni

Fasilitas Tumpak Selo

Berikut adalah sarana umum dan fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola Wisata Tumpak Selo.

  • Kamar mandi
  • Kamar ganti pakaian
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo dan Tempat duduk bersantai dll.

Hotel Sekitar Tumpak Selo

Hotel, villa atau peginapan sekitar Wisata Tumpak Selo.

  • Khayyira hotel syariah
  • Prima Hotel
  • Aby Hotel
  • Hotel Lumajang
  • Hotel Grand Aloha
  • Hotel Abba
  • Griya Bunda Family

Tempat Wisata Sekitar Tumpak Selo

  • Pemandian Alam Selokambang
  • Kali Sejuk Purwosono

Video Tumpak Selo

Video Tumpak Selo Mini Tubing berikut dikutip dari chanel : Ambar Sulistijo

Penutup

Wisata Tumpak Selo merupakan wisata alam yang menarik dan menyenangkan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Lumajang, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 10 menit.

Di Tumpak Selo wisatawan bisa mencoba sensasi mini tubing. Menyusuri anak sungai dengan ban karet besar berukuran besar. Aliran airnya cukup deras, bersih dan segar. Wisata alam yang ramah dikantong dan cocok untuk liburan bersama sahabat dan keluarga.

Leave a Comment