15 Tempat Wisata Di Rembang, Terbaru Dari Sedan, Lasem, Hingga Wisata Selain Pantai

Tempat wisata di Rembang yang akan kami sajikan meliputi tempat wisata terbaru yang ada di kecamatan Sedan, termasuk tempat wisata yang ada di Kota Pusaka Lasem.

Tempat wisata di Rembang memang lebih populer dengan wisata pantainya. Namun ternyata wisata Rembang juga memiliki objek wisata lainnya di luar pantai.

Menurut penulis, Kabupaten Rembang juga sangat cocok terutama bagi anda yang suka dengan wisata sejarah. Karena di sana terdapat jejak sejarah yang bernilai tinggi, dan menjadi pintu gerbang memahami peradaban para leluhur.

Dan inilah info lengkap tempat wisata di Rembang Jawa Tengah yang sudah kami siapkan untuk anda. Oh iya, masing-masing tempat wisata yang ada di sini sudah kami tulis secara terpisah.

1. Alun – Alun Rembang

alun alun kabupaten rembang. google maps. sumber: Asam paiZ Bisa

simak juga: alun-alun rembang

Wisata Rembang yang pertama kita mulai dari ikon, dan biasanya yang menjadi titik nol kilometer sebuah daerah, yaitu alun – alun.

Alun – Alun Rembang saat ini belumlah sampai kepada titik 100% untuk pembangunannya. Pembangunan pertama di tahun 2022, dan kemudian di tahun 2023 akan kembali dibangun.

Daya tarik Alun – Alun Rembang terletak pada lokasinya yang dekat dengan pesona pesisir pantai utara, sekaligus wisata pantai yang populer di Rembang.

  • Lokasi Alun – Alun Rembang berada di alamat Jl. Jend. Sudirman, Desa Kutoharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Alun – Alun Rembang Gratis.
  • Alun – Alun Rembang buka selama 24 jam dan beroperasional setiap hari.

2. Jembatan Merah Hutan Mangrove

hutan mangrove rembang
hutan mangrove rembang. google maps. sumber: Nita Dyah

simak juga: jembatan merah hutan mangrove

Daya tarik yang paling terkenal di Hutan Mangrove Rembang adalah spot jembatan Merahnya. Jembatan tersebut sangat panjang, dan lebar, mengintegrasikan dari satu tempat ke tempat lain yang ada di sana.

Di beberapa titik dilengkapi dengan gazebo, dan spot selfie yang kekinian. Warna air di sana juga cukup berbeda dengan warna air hutan mangrove kebanyakan.

Warna airnya menyajikan gradasi warna. Fenomena tersebut terjadi akibat 3 jenis pohon mangrove yang ditanam di kawasan tersebut.

  • Lokasi Jembatan Merah Hutan Mangrove terletak di pesisir Pantai Utara (Pantura).
  • Alamat Jembatan Merah Hutan Mangrove berada di Desa Pasarbanggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Jembatan Merah Hutan Mangrove gratis. Pengunjung hanya dimintai donasi seikhlasnya untuk biaya pemeliharaan, dan penataan.

3. Ngulahan Park

ngulahan park rembang
ngulahan park rembang. google maps. sumber: Bombom Bombom

simak juga: ngulahan park

Ngulahan Park disebut juga dengan nama Sedan Park adalah salah-satu tempat wisata baru yang terletak di Desa Ngulahan, Kabupaten Rembang.

Ngulahan Park menyuguhkan konsep wisata berupa wisata alam yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Konten utamanya berupa kebun binatang, dan kolam renang. Kemudian di kawasan tersebut dilengkapi dengan ragam wahana penunjang lainnya.

  • Lokasi Ngulahan Park berada di alamat Desa Ngulahan, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Ngulahan Park Rp. 10.000.
  • Wisata Ngulahan Park Sedan Rembang buka dari pukul 07.00 – 17.00.
See also  Taman Fatmawati Wonosobo, Tempat Favorit Untuk Nongkrong dan Jogging

4. Wana Wisata Sumber Semen

kolam renang
kolam renang. google maps. sumber: Kharis Anwar

simak juga: wana wisata sumber semen

Wana Wisata Sumber Semen bisa dibilang sebagai salah – satu tempat wisata di Rembang yang sudah cukup tua, dan bersejarah.

Wana Wisata Sumber Semen menyajikan konsep wisata alam berupa hutan lindung (Pohon Jati) yang dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata yang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga di akhir pekan.

Wana Wisata Sumber Semen populer juga dengan sebutan TWA (Taman Wisata Alam) Sumber Semen. Aktivitas wisata yang paling terkenal di sana adalah berenang, dan camping.

  • Lokasi Wana Wisata Sumber Semen berada di alamat Desa gading, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Wana Wisata Sumber Semen Rp. 7.000 (Weekday).
  • Tiket masuk Wana Wisata Sumber Semen Rp. 9.500 (Weekend).
  • Wana Wisata Sumber Semen buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Wana Wisata Sumber Semen beroperasional setiap hari.

5. Wana Wisata Kartini Mantingan

asri dan sejuk
asri dan sejuk. google maps. sumber: Amratta Tegar Lazuardy

simak juga: wana wisata kartini mantingan

Fasilitas wisata yang paling populer di Mantingan Rembang adalah spot kolam renangnya yang dikelilingi oleh pohon-pohon jati.

Kolam renang tersebut juga dilengkapi dengan seluncuran, dan wahana air lainnya. Kolam renang Mantingan Rembang juga bisa untuk anak-anak, dan dewasa.

Wana Wisata Kartini Mantingan adalah salah-satu tempat wisata Rembang yang bertemakan alam berupa kawasan hutan jati, dan dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata yang menarik.

  • Alamat Wana Wisata Kartini Mantingan berada di Jl. Raya Blora – Rembang, Desa Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Lokasi Wana Wisata Kartini Mantingan terletak di dekat Makam Pahlawan R.A. Kartini.
  • Tiket masuk Wana Wisata Kartini Mantingan Rp. 15.000.
  • Wana Wisata Kartini Mantingan Rembang buka dari pukul 08.00 – 18.00.

6. Tiongkok Kecil Heritage Lasem

rumah merah
rumah merah. google maps. sumber: Agus Sudarno

simak juga: tiongkok kecil heritage lasem

Tiongkok Kecil Heritage Lasem populer juga dengan nama Tiongkok Kecil, Little Tiongkok atau Kota Pusaka. Kini kondisinya sedang direvitalisasi tanpa merubah arsitektur, dan esensi sejarahnya.

Tiongkok Kecil Heritage Lasem mungkin bagi sebagian orang dianggap biasa – biasa saja. Tetapi ternyata kawasan tersebut menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Sejarah Little Tiongkok diduga menjadi momentum awal kehadiran suku Tionghoa di tanah Jawa. Selain itu, Tiongkok Kecil Heritage Lasem sangat terkait erat dengan sosok Laksamana Ceng Ho utusan dinasti Ming.

Tiongkok Kecil Heritage Lasem diduga sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit. Hingga kini di kawasan tersebut masih bisa kita lihat bangunan-bangunan khas negeri China lengkap dengan warna, dan ornamennya.

  • Tiongkok Kecil Heritage Lasem adalah sebuah kawasan bangunan-bangunan bersejarah yang beralamat di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Tiongkok Kecil Heritage Lasem gratis.

7. Air Terjun Pasucen

spot self healing
spot self healing. google maps. sumber: Muhammad Yon Alifian

simak juga: air terjun pasucen

Air Terjun Pasucen populer juga dengan sebutan Air Terjun Brubulan, adalah tempat wisata di Rembang yang menawarkan pesona curug yang masih asri.

Air Terjun Pasucen kondisinya sampai saat ini masih belum dikelola secara baik, termasuk kondisi jalur trekking menuju lokasi utama.

Air Terjun Pasucen memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Jika debit airnya sedang tinggi, maka view air terjunya akan terlihat dua aliran air yang turun.

Tetapi jika kemarau, maka aliran air yang turun hanya terlihat satu saja. Sumber airnya berasal dari sungai yang ada di atasnya.

  • Lokasi Air Terjun Pasucen berada di alamat Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Air Terjun Pasucen gratis.
See also  Pantai Karang Paranje, Hidden Gem 7 Karang Berbalut Mitos Di Garut Selatan

8. Pantai Nyamplung

pantai nyamplung indah rembang
pantai nyamplung indah rembang. google maps. sumber: Sutrimo Kudus

simak juga: pantai nyamplung

Pantai Nyamplung atau disebut juga dengan Wisata Pantai Nyamplung, dan Pantai Nyamplung Indah adalah satu dari sekian banyak wisata pantai yang ada di Kabupaten Rembang.

Pantai Nyamplung populer sebagai pantai yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Salah-satu alasan kuatnya karena ombaknya tidak besar, berpasir putih dan tersaji view sunset yang menghadirkan nuansa romantis dan instagramable.

  • Lokasi Pantai Nyamplung berada di alamat Desa Tritunggal, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Pantai Nyamplung gratis.
  • Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir motor Rp. 5.000, dan biaya parkir mobil Rp. 10.000.
  • Wisata Pantai Nyamplung Indah Rembang buka dari pukul 06.00 – 17.00.
  • Wisata Pantai Nyamplung Indah Rembang beroperasional setiap hari.

9. Pantai Caruban

main pasir yuk!
main pasir yuk!. google maps. sumber: fendikuaja

simak juga: pantai caruban

Pantai Caruban atau populer juga dengan nama Wisata Pantai Caruban Lasem adalah salah-satu pantai yang hits sebagai tujuan wisata keluarga di Rembang, Jawa Tengah.

Pantai Caruban mendeskripsikan tentang wisata alam pantai, lengkap dengan area pasir pantai yang luas, dan panjang, serta dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata.

  • Lokasi Pantai Caruban berada di alamat Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Pantai Caruban Rp. 5.000.
  • Parkir motor di Pantai Caruban Rp. 2.000.
  • Parkir mobil di Pantai Caruban Rp. 5.000.
  • Saat ini Pantai Caruban buka kembali selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

10. Pantai Indah Layur

landmark pantai indah layur
landmark pantai indah layur. google maps. sumber: Alap-alap Nusantara

simak juga: pantai indah layur

Pantai Indah Layur populer juga dengan sebutan PIL adalah tempat wisata baru yang terletak di Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Pantai Indah Layur disebut juga tetangga dari Pantai Caruban, karena lokasinya yang berdekatan. Dan di balik sejarah Pantai Indah Layur Rembang, ternyata memiliki semangat inspiratif yang patut diapresiasi.

Jika anda membaca artikel sebelumnya tentang Pantai Caruban, maka tentu saja akan tahu bahwa kawasan tersebut (termasuk Pantai Indah Layur) dalam kondisi tertentu akan diterjang abrasi.

Pasca abrasi selalu saja menyisakan sampah, terutama ranting, dan dahan – dahan pohon yang tumbang. Atas realitas tersebut munculah spirit untuk memanfaatkan sampah – sampah abrasi.

  • Alamat Pantai Indah Layur (PIL) berada di Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Pantai Indah Layur untuk saat ini masih gratis.
  • Begitupun dengan jam buka, atau jam operasional Pantai Indah Layur masih belum ditetapkan secara resmi.

11. Pantai Karang Jahe

pantai karang jahe
pantai karang jahe. google maps. sumber: Andrian Tanoto

simak juga: pantai karang jahe

Pantai Karang Jahe juga pernah meraih beragam prestasi yang patut dibanggakan, dan inspiratif. Sisi inspiratifnya ternyata pengelolaan Pantai Karang Jahe Rembang langsung oleh Pokdarwis setempat.

Bahkan pada tanggal 28 – 30 Oktober 2021, Kelompok Sadar Wisata Pantai Karang Jahe menyabet prestasi juara ke 2 kategori konvensi.

Sejarah Pantai Karang Jahe sebagai sebuah objek wisata dimulai dari keinginan masyarakat sekitar mengatasi abrasi pantai yang seringkali berdampak buruk bagi masyarakat sekitar.

Kemudian pada tahun 2008 – 2009 area pesisir pantai mulai ditanami pohon – pohon yang dapat menahan abrasi.

Lalu pada tahun 2014, Pantai Karang Jahe Rembang mulai dibuka menjadi sebuah objek wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar (Pokdarwis).

See also  Curug Pitu, Air Terjun Tujuh Tingkat Di Banjarnegara

Ternyata sambutan dari masyarakat Rembang sangat luar biasa. Bahkan kunjungan wisata di saat akhir pekan, dan liburan akan sangat sangat banyak sekali.

  • Lokasi Pantai Karang Jahe berada di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Pantai Karang Jahe dengan menggunakan mobil Rp. 20.000.
  • Pantai Karang Jahe buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

12. Pantai Pasir Putih Wates

pantai pasir putih
pantai pasir putih. google maps. sumber: Moko

simak juga: pantai wates rembang

Dari sekian banyak pantai yang ada di Rembang, Pantai Wates atau Pantai Pasir Putih Wates Rembang adalah pantai yang selalu dipadati pengunjung terutama saat liburan tiba.

Alasan kuatnya karena kawasan pantai tersebut memiliki area pasir putih, ombak yang tidak terlalu besar, cocok untuk djadikan wisata keluarga, dan dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, termasuk wisata yang kekinian.

  • Lokasi Pantai Wates, atau Pantai Pasir Putih Wates berada di alamat Dusun Wates, Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket massuk Pantai Wates Rembang ditentukan jenis kendaraan yang digunakan pengunjung.

13. Pulau Gede

camping di pulau
camping di pulau. google maps. sumber: andhy wong bebas

simak juga: pulau gede

Pulau Gede adalah daratan di tengah lautan yang cantik, namun tak berpenghuni. Pulau tersebut cocok banget bagi anda yang butuh self healing dari beban pekerjaan yang tiada henti.

Pulau Gede adalah wisata Rembang yang cukup hits dan populer terutama di kalangan anak muda. Salah-satu alasannya karena lokasinya terletak setelah Pantai Pasir Putih atau Pantai Wates Rembang.

  • Lokasi terletak di perairan Pulau Jawa, dan lokasinya terletak setelah Pantai Pasir Putih atau Pantai Sari Wates Rembang.
  • Alamat Pulau Gede berada di Desa Tasikharjo, Wates, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Pulau Gede gratis, pengunjung hanya diwajibkan membayar jasa sewa perahu saja. Biaya sewanya sekitar Rp. 400.000 (Pulang – Pergi).
  • Jika cuaca cerah, maka Pulau Gede buka dan beroperasional selama 24 jam.

14. Pulau Karang Gosong

eksplor pulau karang gosong
eksplor pulau karang gosong. google maps. sumber: Sujatmiko Donohadi

simak juga: pulau karang gosong

Pulau Karang Gosong adalah pulau unik dan menjadi bagian tak terpisahkan dari pesona Pantai Caruban Rembang.

Sejarah penamaan Pulau Karang Gosong merujuk kepada kondisi terumbu karang yang ada di pulau tersebut yang sudah mengeras.

Para wisatawan yang datang ke pulau tersebut bisa hunting foto dengan latar lautan lepas. Sensasi yang dihadirkan seolah-olah terdampar di pulau kecil tak bertuan.

  • Lokasi Pulau Karang Gosong terletak di tengah Pantai Caruban Rembang.
  • Alamat Pulau Karang Gosong berada di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Sebetulnya para pengunjung yang ingin datang ke Pulau Karang Gosong tidak dikenakan biaya tiket masuk. Hanya saja pengunjung wajib mengeluarkan biaya-biaya sebagai berikut:
  • Tiket masuk Pantai Caruban Rp. 5.000.
  • Sewa perahu (PP) Rp. 150.000, jadi kalau rombongan biaya tersebut bisa menjadi terbilang murah.
  • Pulau Karang Gosong buka dari pukul 08.00 – 18.00.
  • Pulau Karang Gosong beroperasional setiap hari.

15. Situs Perahu Kuno Punjulharjo

perahu kuno
perahu kuno. google maps. sumber: Peony Tiger Indonesian Nature Explorer

simak juga: situs perahu kuno punjulharjo

Situs Perahu Kuno Punjulharjo adalah salah-satu tempat wisata di Rembang yang recommended untuk dikunjungi.

Situs Perahu Kuno Punjulharjo menyajikan jejak sejarah tentang nenek moyang kita yang terkenal sebagai pelaut, serta menjadi situs perahu tertua yang ada di Indonesia.

  • Lokasi Situs Perahu Kuno Punjulharjo berada di Dusun Jetakbelah, Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Situs Perahu Kuno Punjulharjo gratis.
  • Situs Perahu Kuno Punjulharjo buka dari pukul 07.30 – 16.30.

Leave a Comment