19 Tempat Wisata Brebes, Panorama Alam Yang Mengagumkan

Kabupaten Brebes merupakan sebuah kabupaten dengan populasi penduduk kedua terbanyak di Jawa Tengah setelah Cilacap.

Berkunjung ke Brebes haruslah mencicipi telur asin khas Brebes yang sudah terkenal seantero Indonesia, yang sudah dimulai sejak tahun 1820-an.

Selain itu banyak tempat wisata di Brebes yang harus kamu kunjungi, mulai dari yang bertema alam, agrowisata, waterpark, dan lain sebagainya.

Untuk menuju Brebes dapat melalui jalur pantura, yang merupakan jalur alternatif menuju kota-kota di Jawa Tengah. Dapat dilalui dengan moda transportasi yang ada.

Berikut gambaran tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Brebes:

19 Tempat Wisata Brebes

1. Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua merupakan sebuah hamparan kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 2.050 mdpl, lokasinya terletak di lereng Gunung Slamet sehingga membuat udaranya terasa sangat sejuk.

Agrowisata Kaligua dikelola oleh PTPN IX dengan luasnya yang mencapai 600 ha. Dimana hamparan kebun tehnya dapat kamu jelajahi dengan melakukan kegiatan Tea Walk, serta bermain flying fox, dan wahana wisata lainnya.

landscape agrowisata kaligua. google maps. sumber: Dela Novita

Simak juga: agrowisata kaligua

Kamu pun akan diajak untuk mempelajari cara budidaya teh Kaligua, pemandu akan mengajak kamu untuk melihat tahapan-tahapannya serta mengajarkanmu bagaimana cara memetik daun teh yang benar.

Selain itu, kamu juga dapat berkemah atau mendirikan tenda di sekitar perkebunan teh nya. Menikmati malam dengan hanya ditemani nyanyian alam.

Lokasi: Jl. Kaligua, Sawah, Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 20.000,- per orang sedangkan untuk camping membayar Rp. 25.000,- per orang.
Jam Buka: 09.00-14.00

2. Kalibaya Park

Wisata Kalibaya Park yang berada di Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi alam yang menyuguhkan pesona alam yang menantang dan menakjubkan.

Di awal kemunculannya, Kalibaya Park mampu menarik minat pengunjung untuk berwisata sambil hunting foto-foto keren yang Instagramable.

ayunan angkasa di kalibaya park
ayunan angkasa di kalibaya park. google maps. sumber: Yogi Handoko

Sejak pandemi covid-19, yang mengharuskan beberapa tempat wisata tutup membuat Kalibaya Park saat ini kondisinya memprihatinkan dan sudah tidak terurus lagi.

Jika berbicara tentang keindahan alam yang ada di Kalibaya Park, sebenarnya sangat disayangkan jika terbengkalai dan harus ditinggalkan.

Keindahan alam yang tersaji di Kalibaya Park, sangatlah indah dan masih dapat dinikmati. Salah satu keindahan alamnya ialah hadirnya panorama Waduk Malahayu yang dapat disaksikan ketika kamu berada di Puncak Lio.

  • Lokasi: Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

3. Pabrik gula Jatibarang

Pabrik Gula Jatibarang merupakan sebuah lokasi wisata yang menyimpan sejarah tersendiri, dibangun sekitar tahun 1842 oleh perusahaan swasta milik Belanda.

Mengolah tebu menjadi gula, namun pada tahun 2017 pabrik ini telah berhenti berproduksi. Dan sekarang kamu dapat mengunjunginya sebagai bagian dari wisata sejarah di Brebes.

Arsitektur yang ditampilkan Pabrik Gula Jatibarang sungguh sangat mengagumkan, meskipun sudah dibangun beberapa ratus tahun yang lalu namun masih tampak kokoh dan kuat meskipun sudah terlihat usang.

locomotief remise
locomotief remise. google maps. sumber: Maulana Yahya Subandi

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Pabrik Gula Jatibarang mulai dibuka menjadi kawasan wisata baru pada tahun 2019 lalu. Disini kamu dapat mencoba menaiki lokomotif pada zaman dulu (Spoer Tebu), namun karena sudah lama jadi hanya bisa berjalan sekitar 300 m saja.

Kamudian kamu juga dapat mengunjungi Locomotief Remise, yang merupakan garasi loko uap maupun loko diesel yang memiliki 9 pintu. Terlihat sangat megah sekali.

Didalamnya terdapat lokomotif-lokomotif yang sudah usang dan menjadi saksi sejarah pada masanya.

Lokasi: Jl. Raya Tim. No.1, Penumbukan, Jatibarang Kidul, Kec. Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka: 24 Jam

See also  Ranu Regulo Lumajang, Menikmati Sunrise di Tepi Danau

4. Panenjoan Salem

Panenjoan Salem merupakan kawasan perbukitan lain yang ada di Brebes, Jawa Tengah. Ketika berada di kawasan ini kamu dapat menyaksikan panorama alam yang sangat indah.

Pemandangan alam yang tersaji berupa perbukitan yang masih hijau, hutan pinus yang menyejukkan serta pemandangan rumah-rumah penduduk.

panorama di panenjoan salem
panorama di panenjoan salem. google maps. sumber: Agie Zajuli

Selain itu, di Panenjoan Salem telah tersedia beberapa spot foto yang akan membuat hasil jepretan kamu menjadi lebih berwarna.

Lokasi ini sering dijadikan spot untuk menyaksikan keindahan sunrise yang sangat mengagumkan. Menyaksikan pergantian hari dengan ditemani pemandangan alam yang sungguh luar biasa.

Lokasi: Dukuh Babakan, Desa Wanoja, Kec. Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka: 24 Jam

5. Ranto Canyon

Ranto Canyon merupakan lokasi wisata lain yang berada di Kecamatan Salem yang harus kamu datangi. Disini kamu dapat melakukan kegiatan menarik seperti body rafting, cliff jumping atau bermain air dan berenang.

Kamu akan diajak menyusuri sungai sepanjang 770 meter, dengan pemandangan keindahan tebing-tebing yang mengapit di kedua sisi sungai, dengan dihiasi bebatuan dengan beragam ukuran.

kegiatan body rafting di ranto canyon
kegiatan body rafting di ranto canyon. google maps. sumber: Bingkai Cinta Islam

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Hanya sayangnya, saat ini Ranto Canyon tidak dapat kamu kunjungi karena sedang tutup sementara.

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 30.000 untuk dapat menyusuri sungai dengan bantuan pemandu
Jam Buka: 07.00-18.00

6. Curug Rambukasang

Curug Rambukasang merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter, namun aliran airnya sangat jernih dan bersih.

Airnya mengalir diantara tebing batu, terlihat sangat indah sekali. Dibawahnya terdapat sebuah kolam alami yang tidak terlalu besar, namun dapat digunakan untuk seru-seruan bermain air.

Curug Rambukasang berada di kaki Gunung Kumbang, sehingga udara yang kamu rasakan sangat sejuk, bebas dari polusi udara, airnya pun sangat menyegarkan.

curug rambukasang
curug rambukasang. google maps. sumber: gienda wigie

Untuk kamu yang hendak berenang di kolamnya, harap berhati-hati karena kedalamannya mencapai 4 meter. Lokasi wisata yang satu ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Hal tersebut mungkin dikarenakan untuk menuju lokasi ini, kamu harus melakukan trekking yang cukup melelahkan. Namun sebanding dengan keindahan yang hendak didapatkan.

Lokasi: Dukuh Grogol Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan selatan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Jam Buka: 24 Jam

7. Curug Putri

Curug Putri Brebes ini dikenal juga dengan nama Curug Putri Sirampog, yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Lokasinya yang terpencil membuat curug yang satu ini masih terjaga dengan baik.

curug putri brebes
curug putri brebes. google maps. sumber: arriirawan 98

Simak juga: curug putri brebes

Disekeliling aliran airnya terdapat bebatuan alam yang sangat cantik tersusun dengan rapih, bebatuan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung selain air terjunnya.

Curug Putri Brebes ini berada dibalik pesawahan dan perbukitan, jadi dari tempat parkir kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 400 hingga 500 meter.

Lokasi: Dukuh Padanama, Desa Mendala, Sirampog. Brebes. Jawa tengah
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

8. Bukit Tukung

Bukit Tukung atau dikenal juga dengan nama Bukit AADT (Ada Apa Dengan Tukung) berada di lereng Gunung Slamet sehingga memiliki udara yang sangat sejuk dan pemandangan yang menjernihkan mata.

bukit tukung
bukit tukung. google maps. sumber: masdain trizeronine

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan di Bukit Tukung ialah menyaksikan keindahan alam sejauh mata memandang. Dengan hamparan pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata.

Selain itu Bukit Tukung dilengkapi pula dengan beberapa spot foto yang akan membuat kamu betah untuk terus mengambil beberapa gambar atau video disini.

Lokasi: Desa Abtur Sari, Kecamatan Sirampong, Brebes, Jawa Tengah
Tket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00-18.00

9. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin dibangun sekitar tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan maksud untuk saluran irigasi pengairan bagi pesawahan yang ada di sekitarnya.

Saat ini, Waduk Penjalin dimanfaatkan juga sebagai lokasi untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta atau orang terkasih.

tangga ikonik menuju waduk penjalin
tangga ikonik menuju waduk penjalin. google maps. sumber: Nasik Lababan

Simak juga: waduk penjalin

Selain itu juga digunakan warga sekitar untuk mencari ikan dengan memelihara keramba apung. Waduk ini dikelilingi oleh pegunungan yang berbaris dengan rapihnya.

See also  Situs Perahu Kuno Punjulharjo, Asal-Usul Penemuan Kapal Tertua Di Indonesia Yang Ada Di Rembang

Kegiatan seru lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Waduk Penjalin diantaranya mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu yang disewakan.

Berfoto di spot-spot foto yang telah ada, atau mungkin hanya duduk-duduk santai sambil memandangi alam yang tersaji di depan mata.

Lokasi: Jl. Raya Waduk Penjalin 41, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

10. Bukit Baper

Baper merupakan akronim dari dari Batusari Perkemahan, Bukit Baper berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl dan terletak di perbatasan Brebes dan Tegal.

Di Bukit Baper kamu akan menyaksikan pemandangan kota Tegal dan Brebes, perbukitan serta pepohonan yang berwarna hijau juga area persawahan yang terhampar luas.

landscape bukit baper
landscape bukit baper. google maps. sumber: Misdaqul Huda Fajryansyah

Pada waktu-waktu tertentu Bukit Baper akan diselimuti oleh awan putih, dimana kamu akan merasakan seperti berada di atas awan.

Sekali lagi kendala dari tempat wisata alam ialah perawatan yang harus dilakukan secara berkala. Saat ini kondisi dari Bukir Baper kurang tidak terawat, tidak seperti tahun-tahun kemarin.

Lokasi: Desa Batusari, Kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: gratis
Jam Buka: 24 Jam

11. Mangrove Brebes

Mangrove Brebes, yang terletak di pantai utara tepatnya di Pulau Pasir Pandansari Brebes. merupakan tempat yang aman dan nyaman bagi kelestarian 2 juta pohon mangrove.

Kawasan Hutan Mangrove Brebes bukan hanya bermafaat sebagai penahan abrasi saja, namun telah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata alam Brebes yang sangat terkenal.

trekking hutan mangrove
trekking hutan mangrove. google maps. sumber: ANNISA AZZAHRA

Simak juga: mangrove brebes

Kamu dapat mengelilingi kawasan hutan mangrove di jalur yang sudah disediakan, nantinya kamu akan melewati sebuah jembatan yang selalu wara wiri di media sosial.

Ajaklah keluargamu untuk berkunjung ke Taman Mangrove Pandansari, biarkan mereka menikmati ketenangan yang tercipta, dan mempelajari tentang kepiting soka dan hewan lainnya.

Lokasi: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah,
Tiket: Rp. 20.000,-
Jam  Buka: 07.00-17.00

12. Curug Awu

sudah terlihat dari jalur trekking
sudah terlihat dari jalur trekking. google maps. sumber: jthumaira

simak: curug awu

Curug Awu adalah air terjun tersembunyi di Brebes, tepatnya di Kecamatan Sirampog. Ketersembunyiannya membuat air terjun yang satu ini jarang dikunjungi.

Tinggi dari Curug Awu ini diperkirakan sekitar 100 meter, pengunjung yang datang sering menyebutnya sebagai air terjun tertinggi yang ada di Brebes. Saking tingginya, puncak air terjunnya sudah dapat terlihat ketika masih melakukan trekking.

Yupz, dikategorikan sebagai curug tersembunyi membuat akses menuju Curug Awu hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki saja. Jalur trekkingnya relatif datar, dan dapat ditempuh dengan kisaran waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Hulang-healing atau self healing memang paling bener jika di lokasi yang tenang, jauh dari suara bising kendaraan serta polusi yang menyesakkan.

  • Lokasi: Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Brebes
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

13. Pemandian Air Panas Tirta Husada

berenang berkhasiat
berenang berkhasiat. google maps. sumber: Khoiruddin98

simak: pemandian air panas tirta husada

Rekreasi ke Pemandian Air Panas Tirta Husada atau dikenal juga dengan Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan tak hanya membuat suntukmu hilang, tapi juga bisa sambil mengobati berbagai macam penyakit.

Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan ini memiliki dua kolam, yakni kolam dewasa yang memiliki kedalaman sekitar 100 hingga 150 cm. Dan kolam anak yang memiliki kedalaman lebih dangkal, bahkan ada kolam privatnya juga lohh…

Jangan lupa untuk siapkan kamera dan outfit terbaikmu, dan mengabadikan foto-foto selfie di Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan Brebes ini. Misalnya saja berfoto di ikon gerbang putih yang dibangun seperti terowongan, yang merupakan spot foto wajib pengunjung yang datang.

  • Lokasi: Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 06.30 – 18.30
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-

14. Cipanas Buaran

cipanas buaran
cipanas buaran. google maps. sumber: Heri Heryanto

simak: cipanas buaran

Cipanas Buaran menghadirkan spot-spot wisata yang unik untuk memberikan kesan mendalam, sama seperti Pemandian Air Panas Tirta Husada tempat wisata yang satu ini juga menghadirkan kolam pemandian air panas alami.

Berlibur di Cipanas Buaran bagaikan sekali mendayung dua pulau terlampaui. Manfaat kesehatan dan kecantikan dapet, healing—nya dapet, ditambah lagi kamu tidak perlu jauh-jauh mencari toko yang menjual buah tangan khas Brebes untuk dibawa pulang ke kota asalmu.

  • Lokasi: Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-
See also  Wana Wisata Sumber Semen, Dari Jaman Gajah Mada Hingga Menjadi Tempat Wisata Di Rembang

15. Ciblon Waterboom

air mancur gelembung sabun
air mancur gelembung sabun. google maps. sumber: Subekhi Brebes

simak: ciblon waterboom

Ciblon Waterboom memiliki berbagai wahana air yang menyenangkan bagi pengunjung, khususnya untuk anak-anak. Destinasi wisata Brebes lainnya yang menyajikan wahana untuk berenang dan bermain air.

Istana Air di Ciblon Waterboom juga siap untuk kamu jelajahi bersama anak-anak tercinta. Di Istana air ini terdapat beberapa wahana seru yang dapat dimainkan oleh anak – anak.

Wahana air lain diantaranya wahana slider yang menantang serta air mancur gelembung sabun, yang siap membuat liburanmu di Ciblon Waterboom lebih menyenangkan.

  • Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Ps.Batang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 20.000,-

16. Pantai Randusanga

mancing yuk!
mancing yuk!. google maps. sumber: Al Mizan

simak: pantai randusanga

Pantai Randusanga bisa dijadikan tujuan wisata yang recommended untuk kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, apalagi lokasinya yang cukup dekat dari pusat kota Brebes.

Ombaknya yang tenang membuat kamu dan orang-orang tersayang bisa bermain air atau berenang menikmati setiap inci kesegarannya. Menikmati suara deburan ombak di Pantai Randusanga juga tak kalah menarik.

Spot terbaik untuk menangkap keindahan Sunset dan Sunrise memang pantai juaranya. Bukan tanpa alasan melihat detik-detik matahari terbit dan tenggelam ini memang kental dengan nuansa romantis. Selain itu, Pantai Randusanga juga sering dijadikan lokasi memancing.

  • Lokasi: Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-

17. Waduk Malahayu Banjarharjo

waduk malahayu
waduk malahayu. google maps. sumber: Juna Yz

simak: waduk malahayu

Waduk Malahayu tempat yang asyik untuk mengajak keluarga berlibur, tempatnya yang luas serta view yang menawan merupakan daya tarik utamanya. Hingga menjadi tempat wisata baru yang paling diburu wisatawan.

Waduk Malahayu sudah ada sejak tahun 1938, memiliki ciri khas bangunan peninggalan Belanda yang kokoh. Penataannya kali ini sangat menarik, pihak pengelola telah membuatkan kita jalur untuk berjalan kaki yang nyaman. Sehingga kita dapat eksplor setiap sisi di Waduk Malahayu, tanpa ada yang terlewat.

Waduk Malahayu sangat luas, beberapa bukit ikut menghiasi keindahan yang tersaji. Adem banget liatnya, apalagi jika datang di sore hari. Dimana warna langit yang mulai berubah menambah keeksotisan alam.

  • Lokasi: DesaMalahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-

18. Pasir Gibug Brebes

taman yang cantik
taman yang cantik. google maps. sumber: azqa Junio

simak: pasir gibug brebes

Pasir Gibug lebih populer dengan nama Pasir Gibug Penanggapan, atau Pasir Gibug Banjarharjo Brebes. Dan menjadi tempat wisata baru di Brebes yang menyajikan konsep wisata alam yang kekinian.

Pasir Gibug adalah taman cantik yang sangat luas dan berada di area perbukitan. Hal tersebut menjadikannya objek wisata yang dipenuhi view yang memanjakan mata, dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Daya tarik selanjutnya dari Pasir Gibug Penanggapan Brebes adalah spot waterparknya yang cantik, bersih dan fullcolor. Terdapat 2 kolam renang di Pasir Gibug. Yang pertama kolam renang anak, dan yang ke dua kolam renang untuk usia dewasa.

  • Lokasi: Desa Penanggapana, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

19. Taman Besaran Hijau

foto bareng kereta bersejarah
foto bareng kereta bersejarah. google maps. sumber: Tukang Maido

simak: taman besaran hijau

Taman Besaran Hijau cara lain dalam mengunjungi Pabrik Gula Jatibarang, letaknya di sebrang sebuah pabrik gula peninggalan Belanda yang sudah tidak beroperasi sejak tahum 2017.

Lokasi dari Taman Besaran Hijau ini sangat luas, hingga dapat menampung banyak wahana permainan. Misalnya saja ada mobil mini, main pasir-pasiran, mewarnai, ayunan, hingga berenang.

Lebih seru jika berkeliling menggunakan kereta, anak-anak pasti seneng banget apalagi bentuk keretanya unik dan beda daripada biasanya.

  • Lokasi: Jalan Raya Timur Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes
  • Jam buka: 08.00 – 14.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

Penutup

Masih banyak tempat wisata di Brebes yang masih tersembunyi bahkan belum terjamah oleh pengelolaan yang sempurna, yuk eksplor destinasi wisata lain yang ada di kota yang terkenal akan telor asinnya ini!

Leave a Comment