Telaga Menjer, Banyak Spot Wisata Terbaru Di Sekitarnya

Telaga Menjer  tempat wisata lain di sekitaran Dieng, Wonosobo yang memiliki luas sekitar 70 hektar kedalamannya sekitar 40 hingga 60 meter.

Telaga Menjer termasuk kedalam danau alami, karena terbentuk akibat letusan gunung. Alam di sekitar telaga ini sangat asri, enak banget untuk dijadikan lokasi self healing.

Selain sebagai tempat wisata, Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sejak tahun 1970-an.

selfie area. google maps. sumber: Satria Abimanyu

simak juga: bukit seroja

Jika di Kahyangan Skyline dan Bukit Seroja kamu hanya menikmati Telaga Menjer dari ketinggian, nah disini lokasi yang tepat untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan lagi.

Selain itu, banyak banget hal-hal seru yang dapat dilakukan ketika berwisata ke Telaga Menjer. Tempat wisata di Wonosobo ini dapat pula dijadikan lokasi berlibur bersama keluarga tercinta.

Berikut gambaran lengkap tentang wisata Telaga Menjer, sebagai bahan referensi wisata ketika berada di Kabupaten Wonosobo selain Dataran Tinggi Dieng.

Table of Contents

Alamat Telaga Menjer

  • Alamat Telaga Menjer berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
  • Lokasi Telaga Menjer berada di kaki Gunung Pakuwaja.

Rute menuju Telaga Menjer jika dari Alun-Alun Wonosobo ialah dengan menuju Jl. Merdeka, dilanjutkan ke Jl. Pangeran Diponegoro hingga tiba di Jl. Dieng. Kemudian belok kiri untuk tiba di Jl. Indah Sychar, teruslah melaju hingga tiba di kawasan wisata Telaga Menjer.

lokasi hulang healing
lokasi hulang healing. google maps. sumber: Msi Zaky

simak juga: kahyangan skyline

Aksesnya sangat mudah, selain jalannya yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat juga sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu.

Tiket Telaga Menjer

Harga tiket masuk Telaga Menjer yakni sebagai berikut:

  • Rp. 5.000,- per orang
  • Rp. 10.000,- per orang untuk wisatawan asing

Tiket masuk tersebut berlum termasuk biaya parkir kendaraan ya….

Jam Buka Telaga Menjer

  • Jam buka Telaga Menjer setiap hari Senin sampai dengan Minggu selama 24 jam penuh

Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di pagi hari, agar view yang tersaji tak terhalangi kabut

berkeliling naik perahu
berkeliling naik perahu. google maps. sumber: alih Tri Saputro 022

simak juga: waduk wadaslintang

Fasilitas Telaga Menjer

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Telaga Menjer diantaranya:

  • Toilet,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Area parkir kendaraan,
  • Spot selfie,
  • Penyewaan perahu,
  • Gazebo,
  • Playgorund,
  • Mushola,

Daya Tarik Telaga Menjer

1. Indah dan Damai

Waahhh,,,,,itulah kata pertama yang akan kamu ucapkan ketika melihat pemandangan di sekitar Telaga Menjer. Luasnya danau dipagari oleh pepohonan hijau nan rindang, bahkan di beberapa sisi tampak aliran air yang turun mirip air terjun. Ada yang tinggi ada pula yang pendek.

View di sekitar Telaga Menjer sangat mengagumkan, areanya wisatanya juga cukup luas dengan udara yang sejuk apalagi di sore hari.

Indah dan damai jika melihat luasnya danau di gardu pandang, airnya yang tenang dan jernih seakan memberikan energi positif untuk kita. Gagahnya gunung pun akan tampak sangat nyata, namun jika kabut mulai turun puncak gunungnya akan tertutupi.

view yang keren
view yang keren. google maps. sumber: Margita Tyas

simak juga: taman rekreasi kalianget

Untuk kamu yang sedang mencari lokasi hulang-healing atau self healing bersama alam, Telaga Menjer ini recommended banget deh pokoknya.

Untuk dijadikan lokasi liburan bareng keluarga juga bisa, di sekitar Telaga Menjer sudah tersedia fasilitas untuk bermain anak agar mereka nggak bosen.

2. Selfie Area

Selfie Area merupakan kawasan untuk hunting foto-foto keren di atas Telaga Menjer, di setiap sisinya terdapat spot foto dengan beragam bentuk.

Pengelola Telaga Menjer sangat kreatif dengan membuat kawasan Selfie Area ini, apalagi lokasinya yang berada tepat di atas danau hingga tampak seperti bangunan terapung.

Untuk dapat berfoto di kawasan Selfie Area, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Silahkan berfoto sepuasnya, tentunya dengan mengedepankan sikap kehati-hatian.

3. Berkeliling Telaga Menjer

Ragam wisata lain yang dapat dilakukan ketika berlibur di Telaga Menjer tentunya mengelilingi kawasan danau dengan menyewa sebuah perahu. Banyak perahu yang bersandar di tepi telaga, yang selalu siap mengantarkanmu berkeliling.

Harga sewanya juga nggak begitu mahal, yakni dengan Rp. 15.000,- saja per orang. Nikmatilah keindahan Telaga Menjer dari dekat. Setelah puas berkeliling, mampir deh ke Selfie Area.

kahyangan skyline
kahyangan skyline. google maps. sumber: RISTA ERFIA

simak juga: kebun teh tambi

4. Spot Wisata Terdekat Yang Hits dan Kekinian

Disebutkan di awal di sekitar kawasan wisata ini terdapat beberapa tempat wisata yang menjadi cara lain dalam menikmati keindahan Telaga Menjer. Sebut saja Bukit Cinta Lembah Seroja serta Kahyangan Skyline tempat wisata terbaru dan sedang hits saat ini.

Bukit Seroja sering dijadikan lokasi untuk camping baik bersama kawan maupun keluarga, sedangkan Kahyangan Skyline lokasi wisata yang enak untuk nongkrong sambil hunting foto.

Lokasi Bukit Cinta Lembah Seroja dari Telaga Menjer hanya sekitar 1 km, sedangkan dari Kahyangan Skyline kira-kira 3 km dengan waktu tempuh 15 menit dengan menggunakan mobil.

Penutup

Telaga Menjer tempat wisata Dieng, Wonosobo yang recommended banget untuk dikunjungi. Keindahan alamnya mampu membuat jiwa dan ragamu kembali bersemangat.

Leave a Comment