Telaga Cebong, Spot Camping Di Bawah Bukit Sikunir Dieng

Telaga Cebong salah satu spot wisata yang ada di sekitar Gunung Sikunir, sering dijadikan lokasi untuk mendirikan tenda. Gunung Sikunir sendiri sudah kami bahas di artikel sebelumnya.

Gunung Sikunir atau Bukit Sikunir memiliki ketinggian sekitar 2.263 mdpl, spot terbaik untuk menikmati sunrise di pagi hari.

Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata Dieng yang bernama Telaga Cebong ini, dan menjadi salah satu tempat camping yang digemari khususnya oleh para pecinta alam.

telaga cebong. google maps. sumber: Ainun Wastu Alif

simak juga: gunung sikunir

Sekali lagi, alam selalu memiliki cara untuk menarik perhatian dan senantiasa membuat kita menjadi lebih tenang serta damai hanya dengan melihatnya saja.

Untuk kamu yang sedang mencari lokasi camping yang sejuk dan juga indah Telaga Cebong dapat menjadi salah satu referensinya, berikut ulasan lengkapnya!

Lokasi Telaga Cebong

Lokasi Telaga Cebong berada di alamat Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

See also  Wahana Soko Alas, Mahakarya Cantik Di Desa Ponggok Klaten

Rute menuju Telaga Cebong tentu sama dengan jalan menuju Gunung Sikunir Wonosobo, jika berangkat dari pusat kota akan menempuh waktu perjalanan hampir 1 jam. Yakni dengan menuju Jl. Merdeka untuk tiba di Jl. Pangeran Diponegoro lalu tiba di Jl. Dieng.

Selanjutnya tinggal arahkan kendaraanmu menuju Desa Sembungan, dengan memasuki kawasan wisata Sikunir. Akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun, yang harus perlu diperhatikan ialah kondisi kendaraan terutama remnya.

berkemah di samping danau
berkemah di samping danau. google maps. sumber: Al Maliku Faiq

simak juga: batu ratapan angin

Tiket Telaga Cebong Dieng

Biaya camping di Telaga Cebong, kira-kira kebutuhannya sebagai berikut:

  • Tiket masuk kawasan Sikunir Rp. 15.000,- per orang
  • Tiket mendirikan tenda atau sewa lahan sebesar Rp. 15.000,-
  • Tiket parkir Rp. 10.000,- untuk mobil
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 5.000,-
  • Kayu bakar Rp. 10.000,- per ikat

Jam Buka Telaga Cebong

  • Jam buka Telaga Cebong setiap hari Senin hingga Minggu, beroperasional selama 24 jam nonstop.

Jika datang di akhir pekan, sebaiknya datang jangan terlalu sore atau sebelum jam 5 agar kamu dapat mendirikan tenda di spot terbaik.

Fasilitas Telaga Cebong

Fasilitas yang ada di sekitar Telaga Cebong diantaranya:

  • Gardu pandang,
  • Toilet,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Mushola,
  • Area untuk memakirkan kendaraan,
  • Penyewaan peralatan tenda,
  • Lampu penerangan dan aliran listrik.
fasilitas di telaga cebong
fasilitas di telaga cebong. google maps. sumber: R Pyo

simak juga: taman rekreasi kalianget

Daya Tarik Telaga Cebong

1. Camping di Telaga Cebong Dieng

Daya tarik pertama dari Telaga Cebong ini tak lain dan tak bukan merupakan kawasan wisata yang ramai untuk berkemah, dan bisa juga untuk camping keluarga.

Lokasi mendirikan tendanya tepat di samping Telaga Cebong, meski tidak terlalu luas namun dapat menampung beberapa puluh tenda dalam satu waktu.

Bahkan ada pula area untuk mendirikan tenda tepat di samping mobil, dimana hal tersebut viral beberapa tahun terakhir ini.

Untuk kamu yang tidak membawa perlengkapan berkemah, dapat menyewanya di tempat yang sudah tersedia. Dengan biaya sewa tenda di Telaga Cebong sebesar Rp. 200.000,- untuk tenda berukuran 2 hingga 3 orang.

Hanya saja harus siap dengan udara dingin yang semakin malam akan semakin terasa, bahkan suhunya bisa mencapai 10 derajat bahkan kurang. Oleh karena itu, persiapkan perlengkapan baju hangat serta obat-obatan yang biasa digunakan.

golden sunrise yang cantik
golden sunrise yang cantik. google maps. sumber: Novem Lawalata

simak juga: waduk wadaslintang

2. Golden Sunrise Di Bukit Sikunir

Bukit Sikunir atau Gunung Sikunir merupakan tujuan selanjutnya bagi mereka yang berkemah di kawasan Telaga Cebong, tentu saja untuk menyaksikan golden sunrisenya.

Trekking menjadi hal yang wajib sebelum menikmati golden sunrise Bukit Sikunir, jalurnya sudah tertata dengan baik kamu tinggal menyusuri jalur yang sudah tersedia.

Waktu yang dibutuhkan pun tak begitu lama, jadi kamu dapat membawa anak-anak untuk menikmati eloknya sunrise di ketinggian. Hanya perlu berhati-hati ketika naik tangga sebelum tiba di puncak Bukit Sikunir.

Banyak pula pengunjung yang datang hanya untuk mendaki Bukit Sikunir, dan menyaksikan sunrise tanpa berkemah di sekitar Telaga Cebong. Tentu saja harus datang di dini hari, agar tidak kehilangan momen indah tersebut.

3. Desa Tertinggi di Pulau Jawa

gardu pandang
gardu pandang. google maps. sumber: Arlyn Yuanita

simak juga: gardu pandang tieng

Desa Sembungan lokasi dimana Telaga Cebong ini berada dianugerahi sebagai sebuah desa tertinggi di Pulau Jawa dimana posisinya berada di ketinggian sekitar 2.300 mdpl.

Hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dari Telaga Cebong, pastinya menampilkan keindahan alam yang susah untuk digambarkan. Tangan Tuhan memang sungguh luar biasa, dan nggak ada yang bisa menandinginya.

Leave a Comment