Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo, Tempat Berenang dan Berendam Di Pusat Kota

Taman Rekreasi Kalianget salah satu lokasi wisata keluarga yang selalu ramai dikunjungi, bukan hanya akhir pekan atau ketika berlibur saja. Lokasi wisata Wonosobo yang satu ini sempat ditutup sementara, karena proses renovasi.

Dan baru dibuka kembali pada bulan Februari tahun 2022, dengan konsep dan suasana yang lebih nyaman tentunya. Bahkan Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo ini digadang-gadang sebagai pemandian air panas terbesar di Jawa Tengah.

surganya main air. google maps. sumber: prihan toro

simak juga: waduk wadaslintang

Karena jika melihat seluruh kawasan dari Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo ini sangat luas, kira-kira 9 hektar lebih lah. Dan membaginya menjadi beberapa kawasan atau bagian.

Ditambah lagi pepohonan rindang masih menghiasi seluruh kawasan, hingga tampak sangat asri dan sejuk. Berikut ulasan dari Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo selengkapnya!

Lokasi Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo

Lokasi Taman Rekreasi Kalianget berada di Jalan Dieng No. 114, Kelurahan Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

See also  Pemandian Tirtosari View, Destinasi Wisata Alam Keluarga di Lumajang

Rute menuju Taman Rekreasi Kalianget jika berawal dari Alun – Alun Wonosobo ialah dengan menuju ke Jl. Merdeka kemudian teruslah melaju di Jl. Pangeran Diponegoro belok kiri agar tiba di lokasi yang hendak kamu tuju.

Jaraknya sangat dekat dari Alun-Alun Wonosobo yakni sekitar 3 km saja, dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit. Itulah yang menjadi poin plus, Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo hingga tak pernah sepi pengunjung.

tempat yang luas dan rindang
tempat yang luas dan rindang. google maps. sumber: DOLPH Official

simak juga: gunung sikunir

Jam Buka Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo

Jam buka Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.30 sampai dengan 17.00 waktu setempat.

Tiket Masuk Pemandian Kalianget Wonosobo

Tiket masuk Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo yakni:

  • Rp. 2.000,- di awal loket
  • Rp. 2.000,- parkir motor
  • Rp. 5.000,- parkir mobil
  • Rp. 10.000,- parkir bus

Fasilitas Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo

Fasilitas wisata yang ada di kawasan Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo diantaranya:

  • Foodcourt,
  • Parkir yang luas,
  • Gazebo,
  • Pancuran,
  • Taman bermain,
  • Mushola,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Penyewaan ban,
  • Kolam air dingin,
  • Kolam air hangat.
spot main ayunan
spot main ayunan. google maps. sumber: Arlyn Yuanita

simak juga: telaga warna dieng

Daya Tarik Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo

1. Sejarah Kalianget Wonosobo

Sejarah dari Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo tak dapat dipisahkan dari kisah atau sejarah penamaan dimana tempat wisata ini berada yakni Kelurahan Kalianget.

Yang diambil dari dua suku kata, yakni kali yang artinya sungai dan anget yang berarti hangat. Hal tersebut berdasarkan adanya sumber air panas alami.

Kenapa akhirnya disebut Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo? Karena terdapat beberapa spot wisata yang dapat dikunjungi, bahkan sudah tersedia lapangan untuk bermain bola juga.

2. Kolam Air Hangat

berendam di kolam air hangat
berendam di kolam air hangat. google maps. sumber: Arlyn Yuanita

simak juga: tempat wisata di dieng

Kolam air hangat atau Kolam Kungkum Kalianget, untuk memasuki kawasan kolam air hangat ini bayar sebesar Rp. 7.000,- per orang.

Kolam air hangat Kalianget memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, hingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit khususnya penyakit kulit.

Seperti gatal-gatal karena alergi, panu, kadas, kurap, dan lain sebagainya. Kolamnya memang tidak begitu luas, bentuknya memanjang dan berada di area terbuka.

Meski berada di area terbuka, tetap saja ada batasan waktu ketika hendak berendam di kolam air hangatnya. Yakni tidak boleh lebih dari 15 menit, karena justru akan membuat tubuhmu merasa lemas.

3. Kolam Air Dingin

kolam air dingin
kolam air dingin. google maps. sumber: Arlyn Yuanita

simak juga: curug sikarim

Kolam pemandian air dinginnya lebih luas jika dibandingkan dengan kolam air hangat, juga sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air seperti perosotan.

Kedalaman kolamnya juga beragam, ada yang dangkal hingga setinggi dada orang dewasa. Dilengkapi pula dengan spot air yang memancur dari bawah, ini merupakan spot kebahagiaan bagi anak-anak.

Untuk pancuran bilasnya sendiri airnya hangat ya, jadi jika merasa kedinginan kamu dapat mendekati pancuran bilasnya.

Meski kolam tempat berenang atau bermain airnya dingin, kamu dapat mandi dan bersih-bersih dengan air hangat.

Sama halnya dengan kolam air hangat, memasuki kawasan kolam air dingin ini kamu pun harus mengeluarkan tiket masuk tambahan sebesar Rp. 7.000,- per orang.

Leave a Comment