Taman Edukasi Banjar Sari Agro Community (BAC), Berwisata Sekaligus Belajar Pertanian

Kawasan wisata yang bernama Banjarsari Agro Community (BAC) dikelola oleh pihak pemerintah desa setempat, sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Lokasinya berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sebuah objek wisata alam sekaligus taman edukasi pertanian yang wajib anda kunjungi.

taman edukasi banjarsari agro community. google maps. sumber : Kang Didno

Banjarsari Agro Community menawarkan konsep wisata sambil belajar. Disini wisatawan bisa belajar tentang berbagai jenis tanaman yang tumbuh dan terhampar indah. Menempati tanah desa dengan luas lahan 10 hektare. Lahan tersebut dulunya merupakan pusat pembibitan tanaman dan area persawahan milik desa. Pada tahun 2017 kawasan ini dikembangkan dan dijadikan destininasi wisata dan edukasi pertanian.

Memasuki taman wisata dan edukasi pertanian ini. Wisatawan akan disajikan dengan keindahan beragam jenis tanaman yang tumbuh. Lahan pertanian yang ditata dengan rapi dan indah disepanjang ruas lintasan taman. Menampilkan pemandangan yang indah, asri dengan nuansa pegunungan.

Taman wisata edukasi Banjarsari Agro Community memiliki sekitar 150 koleksi bunga. Wisatawan akan disajikan dengan keindahan aneka warna bunga yang sedang tumbuh dan mekar. Disini juga terdapat beberapa koleksi satwa seperti elang, iguana, kelinci kera dan lain sebagainya.

Pihak pengelola juga menyediakan beberapa kegiatan dan wahana yang seru. Seperti kegiatan petik buah kemudian wahana sirkuit cross dan penyewaan ATV. Tersedia juga tempat bermain untuk anak-anak seperti prosotan, ayunan dan lain sebagainya.

Table of Contents

  • Dusun Ponggok, Desa Banjar Sari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
  • No. Telepon : 0822.2640.2643

Jam Buka

  • Setiap hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Banjarsari Agro Community (BAC) lokasinya berada di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lokasi objek wisata ini berada tepat berada di belakang Kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Transportasi

Untuk mencapai wisata Banjarsari Agro Community bisa menggunakan kendaraan baik mobil maupun motor. Akses jalan menuju lokasi wisata cukup mudah, bagus dan sudah beraspal.

banjarsari agro community
banjarsari agro community. google maps. sumber : Taman Edukasi Banjarsari Agro Community

Taman Edukasi Banjarsari Agro Community (BAC) merupakan sebuah objek wisata dengan konsep berwisata sambil belajar. Disini wisatawan bisa belajar berbagai jenis tanaman pertanian. Serta menikmati keindahan beragam jenis tanaman yang ditata dengan rapi disepanjang ruas lintasan taman.

Banjarsari Agro Community juga menyediakan beragam kegiatan dan wahana seru lainnya. Seperti kegiatan petik buah, bermain ATV, koleksi satwa dan lain sebagainya.

Bewisata dan Belajar Beragam Jenis Tanaman

berwisata sekaligus belajar pertanian
berwisata sekaligus belajar pertanian. google maps. sumber : Kang Didno

Banjarsari Agro Community menawarkan konsep berwisata sekaligus belajar tentang beragam jenis tanaman. Disini terdapat berbagai jenis tanaman yang tumbuh dan tertata rapi disepanjang ruas lintasan taman.

Dilahan tersebut ditanam berbagai tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai. Juga terdapat bermacam sayuran seperti bawang merah, labu, pare, terong, cabai dan kacang. Selain itu, disini juga ditanami buah-buahan seperti semangka, melon dan lain sebagainya.

lahan pertanian bac
lahan pertanian BAC. google maps. sumber : Kang Didno

Taman wisata dan edukasi pertanian ini memiliki beberapa koleksi bunga. Terdapat sekitar 150 koleksi bunga yang indah dari berbagai jenis. Disini pengunjung bisa menikmati keindahan aneka warna bunga yang sudah tumbuh dan mulai mekar.

Wisata Petik Buah

wisata petik buah
wisata petik buah. google maps. sumber : I.W. Lindayani

Salah satu daya tarik dari Banjarsari Agro Community adalah kegiatan wisata petik buah. Wisata petik buah tersedia di tiga titil kawasan taman. Ada buah blimbing, jambu dan buah klengkeng dan lainnya.

Koleksi Satwa

taman kelinci
taman kelinci. google maps. sumber : Taman Edukasi Banjarsari Agro Community (BAC)

Selain aneka tanaman bunga, buah dan sayuran, di taman wisata Banjarsari Agro Community juga memiliki beberapa koleksi satwa. Diantaranya terdapat hewan kera, ular, musang, iguana, monyet, aneka ragam burung juga ada taman kelinci dan kolam ikan.

Wahana Seru

wahana permainan anak
wahana permainan anak. google maps. sumber : Taman Edukasi Banjarsari Agro Community (BAC)
wahana naik perahu
wahana naik perahu. google maps. sumber : Taman Edukasi Banjarsari Agro Community (BAC)

Pihak pengelola wisata juga menyediakan beragam wahana seru dan menarik. Diantaranya terdapat sirkuit cross, penyewaan ATV, naik perahu susur sungai, kolam renang dan playground.

  • Harga sewa ATV Rp.15.000,- / 5 putaran.

Berikut adalah sarana umum dan fasilitas yang tersedia di BanjarSari Agro Community (BAC).

  • Warung makanan
  • Mushola
  • Toilet / Kamar mandi
  • Koleksi satwa
  • Wahana seru dan lain-lain.

Hotel, villa atau penginapan sekitar Taman Edukasi Banjarsari Agro Community.

  • Omah Kulo Guest House Kertosono
  • Hotel Shinta 2 near Alun Alun Kertosono
  • Hotel Netral Jombang
  • Green Red Hotel Syariah Jombang
  • Homestay Ayu Lestari
  • Hotel Fatma

  • Ekowisata Banyumili
  • De Durian Park
  • Wana Wisata Sumber Biru
  • Wisata Dalem Simbah
  • Duran Duren Wonosalam

Video Banjarsari Agro Community berikut dikutip dari chanel : HARUN TV

Penutup

Berwisata sekaligus belajar tentang tanaman. Banjarsari Agro Community (BAC) bisa menjadi pilihan destinasi wisata bersama keluarga. Di tempat ini berbagai jenis bunga dan tanaman tumbuh dan terhampar dengan indah.

Berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Objek wisata dengan lingkungan yang asri, bernuansa pegunungan dengan udara sejuk dan segar. Sebuah objek wisata alam sekaligus taman edukasi pertanian yang wajib anda kunjungi.

Leave a Comment