Taman Besaran Hijau, Taman Keluarga Di Depan PG Jatibarang Brebes

Taman Besaran Hijau cara lain dalam mengunjungi Pabrik Gula Jatibarang, tempatnya nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun tempat nongkrong bareng bestie.

Dengan banyaknya ragam wahana permainan yang dapat dimainkan, anak-anak pasti seneng banget. Selain adem juga banyak hal seru yang dapat dilakukan.

Lokasi dari Taman Besaran Hijau ini tepat di seberang Pabrik Gula Jatibarang, hingga akan tampak secara nyata tiang besar khas yang ada di pabrik tersebut.

foto bareng kereta bersejarah. google maps. sumber: Tukang Maido

simak juga: cipanas buaran

Berikut deskripsi dari Taman Besaran Hijau Jatibarang sebagai bahan referensi wisata keluarga untuk dikunjungi liburan nanti ataupun akhir pekan ini.

Lokasi Taman Besaran Hijau

Lokasi Taman Besaran Hijau berada di alamat Jalan Raya Timur Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rute menuju Taman Besaran Hijau cukup dekat dari pusat kota Brebes, yakni hanya memakan waktu sekitar 20 menitan saja. Yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Jl. Slamet lalu belok kiri ke Jl. Wahid Hasyim.

Belok kanan ke Jl. Sultan Agung hingga akhirnya kamu tiba di Jl. Raya Jatibarang, Taman Besaran Hijau berada di sebelah kiri jalan sebrang Pabrik Gula Jatibarang.

pabrik gula jatibarang
pabrik gula jatibarang. google maps. sumber: Mohammad Sohirin

simak juga: waduk penjalin

Jam Buka Taman Besaran Hijau

  • Jam buka Taman Besaran Hijau setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 sampai dengan 14.00

Harga Tiket Masuk Taman Besaran Hijau

Tiket masuk Taman Besaran Hijau sangat murah, yakni Rp. 5.000,- saja per orangnya

Fasilitas Taman Besaran Hijau

Fasilitas wisata yang ada di sekitar kawasan Taman Besaran Hijau diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Wahana permainan anak,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Ayunan,
  • Kolam terapi ikan,
  • Toilet,
  • Kolam renang,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
  • Mushola,
wahana kolam renang
wahana kolam renang. google maps. sumber: Novie Sumardi

simak juga: pasir gibug

Daya Tarik Taman Besaran Hijau

1. Wisata Sejarah Keluarga

Taman Besaran Hijau sering dijadikan lokasi wisata untuk keluarga dengan membawa serta anak-anak untuk menghabiskan waktu bersama. Lokasinya cukup luas, dan dapat dijadikan spot wisata sejarah juga.

Karena di sini ada kantor pemasaran dari Pabrik Gula Jatibarang, dengan model rumahnya yang khas dengan nuansa Eropa. Selain itu, ada pula bangunan ikonik lain yang lebih besar dari sebelumnya yang biasa disebut Rumah Mbesaran.

Sisi kreatif dari pengelola Taman Besaran Hijau tercermin pada beberapa sisi yang terbuat dari bahan baku kereta api, misalnya saja ada sebuah tempat duduk yang terbuat dari rel kereta api bahkan ada roda kereta yang sangat besar.

Lebih seru jika berkeliling menggunakan kereta, anak-anak pasti seneng banget apalagi bentuk keretanya unik dan beda daripada biasanya. Kamu cukup membayar Rp. 10.000,- saja, untuk satu putarannya.

ragam wahana permainan
ragam wahana permainan. google maps. sumber: Nafatul Amanah

simak juga: waduk malahayu

2. Banyaknya Wahana Permainan Anak

Lokasi dari Taman Besaran Hijau ini sangat luas, hingga dapat menampung banyak wahana permainan. Misalnya saja ada mobil mini, main pasir-pasiran, mewarnai, rumah balon, ayunan, hingga berenang.

Tentu saja ragam wisata di atas memerlukan biaya tambahan lagi, tapi tenang saja harganya nggak mahal kok. Oh iya, Taman Besaran Hijau juga ada kolam terapi ikannya, dengan membayar Rp. 5.000,-

Selain dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, Taman Besaran Hijau juga sering menjadi lokasi pernikahan hingga reuni. Tempat yang sejuk menjadi salah satu daya tariknya.

3. Sisi Lain Pabrik Gula Jatibarang

bangunan ikonik
bangunan ikonik. google maps. sumber: Dewanti (Nyi Penengah)

simak juga: bukit panenjoan salem

Keberadaan Taman Besaran Hijau tak dapat dipisahkan dari Pabrik Gula Jatibarang, sebuah pabrik yang mengolah tebu menjadi gula yang mulai beroperasi sekitar tahun 1842. Di dalam bangunan pabrik tersebut masih menyimpan mesin-mesin yang dulu sering digunakan.

Pabrik Gula Jatibarang terakhir beroperasi tahun 2017, dan sekarang dijadikan salah satu lokasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Meski sudah berusia ratusan tahun, Pabrik Gula Jatibarang tetap mengagumkan apalagi ketika melihat Locomotief Remise yang memiliki 9 pintu ikonik mirip film kartun Thomas & Friends.

See also  Telaga Bedakah, Wisata Keluarga di Wonosobo Yang Romantis

Leave a Comment