Taman Bedegolan, Mahakarya Cantik Waduk Wadaslintang Di Kebumen

Taman Bedegolan atau populer juga dengan nama Taman Badegolan adalah tempat wisata yang kini sedang hits, dan viral di Kebumen.

Taman Bedegolan atau Taman Badegolan Kebumen disebut-sebut mirip dengan Sungai Aare yang notabene sebagai sungai terpanjang, dan terpopuler di Swiss.

Nah bagi anda yang butuh eksis di media sosial dengan latar alam yang instagramable, maka Taman Bedegolan Kebumen bisa menjadi pilihannya.

keren banget. google maps. sumber: Rafli Mafish

simak juga: pantai suwuk

Lokasi dari Taman Bedegolan atau Taman Badegolan terletak di kawasan PLTA, bendungan atau Waduk Wadaslintang yang notabene sebagai salah-satu bendungan yang populer di Kebumen.

Oleh karena itu sebelum kita lanjutkan review Taman Bedegolan, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu asal-usul Waduk Wadaslintang.

Dan inilah info lengkap yang sudah kami siapkan untuk anda!

Sejarah Waduk Wadaslintang

Asal – usul Waduk Wadaslintang dimulai pada tahun 1982 dan selesai pada tahun 1988 di jaman Presiden Soeharto. Seperti halnya pembangunan waduk atau bendungan lainnya yang ada di Indonesia, Waduk Wadaslintang juga ternyata pada awalnya adalah pemukiman masyarakat.

Waduk Wadaslintang memiliki luas 14,63 kilometer persegi, tinggi 123 meter, dan panjang sekitar 650 meter. Adapun airnya bersumber dari Kali Bedegolan.

Dan kini, Waduk Wadaslintang adalah bendungan di Kebumen yang bermanfaat untuk PLTA, pertanian, dan menjadi tempat wisata yang sedang viral di kalangan netizen.

ambil foto yang keren
ambil foto yang keren. google maps. sumber: Wardha Salim

simak juga: pantai jetis

Lokasi Taman Bedegolan

  • Lokasi Taman Bedegolan atau Taman Badegolan terletak di kawasan PLTA Wadaslintang, dan kawasan Waduk Wadaslintang.
  • Alamat Taman Bedegolan atau Taman Badegolan berada di Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.
See also  Ngulahan Park, Info Lengkap Sejarah, Tiket Masuk, Dan Kolam Renang Wisata Sedan Rembang

Rute Taman Bedegolan

Jalan menuju Taman Bedegolan Kebumen bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran.

Adapun jarak tempuh dari pusat kota ke Taman Bedegolan sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan mobil.

landscape taman bedegolan
landscape taman bedegolan. google maps. sumber: TAMAN BEDEGOLAN

simak juga: pantai karang bolong kebumen

Harga Tiket Masuk Taman Bedegolan

  • Tiket masuk Taman Bedegolan atau Taman Badegolan Rp. 5.000 per orang.
  • Harga tiket tersebut di luar biaya parkir.

Jam Buka Taman Bedegolan

  • Wisata Taman Bedegolan Kebumen buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Wisata Taman Bedegolan beroperasional setiap hari.

Fasilitas Taman Bedegolan

Fasilitas di Taman Bedegolan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Warung – warung.
tempat hits di kalangan kaula muda
tempat hits di kalangan kaula muda. google maps. sumber: prastiwi ml

simak juga: pantai menganti

Daya Tarik Taman Bedegolan

Perlu diketahui bahwa Taman Bedegolan atau Taman Badegolan Kebumen meskipun bisa dijadikan destinasi wisata keluarga, namun aspek kehati-hatian menjadi prioritas utama.

Hal tersebut dikarenakan di tepi sungainya belum terdapat pagar pembatas keamanan. Dan para pengunjung dilarang untuk berenang, karena sungainya dalam dan sangat deras.

Taman Bedegolan adalah air yang keluar dari pembuangan Waduk Wadaslintang. Daya tarik utamanya adalah warna airnya sangat menyajikan gradasi warna hijau toska, dan biru.

Saat air keluar dari Waduk Wadaslintang, secara bersamaan menyajikan percikan air layaknya seperti kepulan asap. View sungai yang instagramable serta nyamannya lingkungan di tepian Taman Bedegolan menjadikannya sering disebut dan disamakan dengan Sungai Aare Swiss.

terlihat seperti sungai aare
terlihat seperti sungai aare. google maps. sumber: Irfan Pamuji

Wisatawan yang datang memang didominasi oleh kaula muda yang gandrung eksis di media sosial. Tetapi sekali lagi sikap kehati-hatian harus menjadi yang utama.

Selain larangan berenang, para pengunjung juga dilarang membuang sampah sembarangan. Karena sangat disayangkan jika sungai cantik tersebut harus kotor oleh pengunjung yang tidak bertanggungjawab.

See also  Curug Genting Banjarnegara, Eksplor 3 Air Terjun Dalam Satu Waktu

Jika ingin mendapatkan hasil jepretan kamera yang sempurna, maka pengunjungpun disarankan untuk mempertimbangkan faktor cuaca ya…

Leave a Comment