Sumur Jalatunda, Wisata Harapan Di Dieng

Sumur Jalatunda pilihan wisata selanjutnya ketika berada di Dataran Tinggi Dieng, spot wisata alam yang satu ini menghadirkan sebuah sumur yang sangat besar.

Kedalaman Sumur Jalatunda Dieng ini sekitar 100 meter, dimana diameternya 90 meter. Beda banget kan sama sumur-sumur biasanya?

Itulah yang menjadi daya tarik utama Sumur Jalatunda, selain itu juga menyimpan mitos konon katanya dapat mengabulkan setiap harapan bagi mereka yang percaya dan hingga kini menjadi salah satu ragam wisata yang nggak boleh dilewatkan.

sumur jalatunda. google maps. sumber: pohon bumi

simak juga: curug genting

Banyaknya pilihan wisata yang ada Dieng, Sumur Jalatunda dapat menjadi pilihan wisata selanjutnya. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata lain seperti:

  • Candi Arjuna,
  • Kawah Sikidang,
  • D’Qiano Hot Spring Waterpark,
  • Telaga Merdada,
  • Museum Kaliasa, dan
  • Curug Genting atau Curug Sirawe.

Berikut ulasan Sumur Jalatunda, sebagai bahan referensi wisata alam di Dieng, Banjarnegara untuk dikunjungi akhir pekan ini dan menghabiskan waktu bersama alam.

Table of Contents

Asal Usul Sumur Jalatunda

Sebelum membahas lebih jauh tentang spot wisata di Sumur Jalatunda, kami gambarkan sekilas tentang asal muasal terbentuknya sumur besar ini.

Terdapat beberapa versi tentang hal tersebut, ada yang mengatakan bahwa sumur ini merupakan lokasi tempat jatuhnya senjata Prabu Antaraja ketika Perang Baratayuda.

Serta ada beberapa versi lain dari cerita asal usul Sumur Jalatunda ini, namun secara ilmiah sumur besar ini terbentuk akibat letusan hebat (sinkhole) yang terjadi beberapa ribu tahun yang lalu.

batu perantara harapan
batu perantara harapan. google maps. sumber: Krystella Huda

simak juga: curug sirawe

Daya Tarik Sumur Jalatunda

Setelah membayar biaya tiket masuk, kamu akan melihat anak tangga yang seakan tak berujung. Padahal ternyata hanya sekitar 30 meter saja untuk tiba di spot utama.

Tangganya sudah tertata dengan baik, bahkan sudah ada pagar pembatas di sebelah kirinya. Spot utama wisata Dieng yang satu ini ialah sebuah gazebo tempat kita melihat Sumur Jalatunda dari ketinggian.

View di sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan rindang, airnya berwarna hijau pekat senada dengan tetumbuhan yang ada di sekitarnya.

Kamu akan heran melihat sebuah tempat yang berisikan batu kerikil, ternyata eh ternyata batu kerikil tersebut disediakan untuk kamu yang ingin mencoba mitos Sumur Jalatunda.

Yakni barangsiapa yang dapat melemparkan sesuatu ke arah sumur, maka segala keinginannya akan terkabul. Kisah tersebut berawal dari utusan Sunan Gunungjati yang melemparkan batu ke Sumur Jalatunda sebelum melaksanakan tugas yang diberikan, dan ternyata tugas itupun berhasil dengan sangat baik.

mencoba mitos sumur jalatunda
mencoba mitos sumur jalatunda. google maps. sumber: Krystella Huda

simak juga: museum kaliasa

Mitos tersebut telah tersebar setelah sekian lama, dan banyak pengunjung yang penasaran tentangnya. Hingga wisata ke Sumur Jalatunda Dieng tak lengkap jika tidak mencobanya.

See also  Wisata Alam Citalutug, Wisata Alam Kreatif Kekinian Dan Terbaru Di Baros Bandung

Untuk mendapatkan 7 buah batu, kamu hanya perlu membayar seikhlasnya saja. Dan cobalah untuk menjangkau Sumur Jalatunda, dimana jaraknya sekitar 80 hingga 90 meter.

Cukup jauh ya, itu menandakan apa yang kita inginkan harus diusahakan. Dan hasil yang didapat tentu saja tidak akan mengkhianti usaha yang telah dilakukan.

Lokasi Sumur Jalatunda

Lokasi dan alamat Sumur Jalatunda berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Rute menuju Sumur Jalatunda jika berangkat dari pusat kota Banjarnegara akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, yakni dengan menuju Jl. Campur Salam lalu belok kiri ke Jl. Banjarnegara – Pagetan. Terus saja melaju hingga akhirnya kamu tiba di Jl. Raya Wanayasa – Dieng.

Jalur Dieng terkenal dengan pemandangan yang sangat indah, tapi perlu diingat pula akses jalannya yang berkelok – kelok khas jalur pegunungan.

lokasi sumur jalatunda dieng
lokasi sumur jalatunda dieng. google maps. sumber: Daniel Rahardjo

simak juga: kawah sikidang

Dari kawasan Candi Arjuna waktu yang dibutuhkan agar tiba di Sumur Jalatunda sekitar 7 km, yakni dengan menuju Jl. Raya Wanayasa – Dieng. Sedangkan dari D’Qiano Hot Spring Waterpark kurang dari 5 km.

Jam Buka Sumur Jalatunda

  • Jam buka Sumur Jalatunda setiap hari Senin sampai dengan Minggu
  • Beroperasi dari pagi hingga malam

Waktu yang tepat mengunjungi Sumur Jalatunda ialah di pagi hari dan saat cuaca sedang cerah

Harga Tiket Masuk Sumur Jalatunda

  • Harga tiket masuk Daya Tarik Sumur Jalatunda sebesar Rp. 5.000,- per orang
tangga yang harus dilalui
tangga yang harus dilalui. google maps. sumber: Krystella Huda

simak juga: d’qiano hot spring waterpark

Fasilitas Sumur Jalatunda

Fasilitas yang ada di sekitar Daya Tarik Sumur Jalatunda diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,

Penutup

Sumur Jalatunda berada di kawasan wisata Dieng, meski begitu keberadaannya kadang teralihkan. Mungkin karena tak banyak yang dapat dilakukan ketika berlibur di sini, Sumur Jalatunda recommended untuk kamu yang memiliki rasa penasaran yang tinggi.

Leave a Comment