Savana Dieng, Sisi Lain Wisata Alam Yang Recommended

Padang Savana Dieng merupakan wisata Dieng yang recommended sebagai lokasi self healing atau bahkan spot untuk prewedding.

FYI, sabana dengan savana memiliki arti yang sama yakni sama-sama menggambarkan keadaan yang dihiasi vegetasi padang rumput yang ditumbuhi pepohonan meski tak beraturan.

Pepohonan itulah yang membedakan savana atau sabana dengan padang rumput, karena kawasan padang rumput tidak ada pepohonan di sekitarnya.

padang savana dieng. google maps. sumber: dian permana

simak juga: d’qiano hot spring waterpark

Padang savana terluas di dunia ada di Afrika, tapi di Indonesia juga memiliki padang savana yang nggak kalah indahnya. Seperti:

  • Savana di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur.
  • Savana Pulau Kenawa di Sumbawa Barat, NTB.
  • Savana Sumba Timur,
  • Padang Savana Semarang,
  • Padang Savana Lumajang.

Berikut ulasan tentang Padang Savana Dieng, sebagai bahan referensi wisata untuk hulang – healing bersama alam yang wajib banget kamu kunjungi akhir pekan ini.

Lokasi Padang Savana Dieng

  • Lokasi Padang Savana Dieng berada di lereng Gunung Pangonan
  • Alamat Padang Savana Dieng secara administratid berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
See also  Bukit Seroja, Wisata Alam Dekat Kahyangan Skyline Wonosobo
wisata dieng yang recomended
wisata dieng yang recomended. google maps. sumber: Eza Abdilla

simak juga: tuk bima lukar

Jarak Padang Savana Dieng dari pusat kota Banjarnegara sekitar 56 km, rutenya ialah dengan menuju jalur Wonosobo – Dieng sangat dekat dengan wisata Telaga Warna Dieng yakni 3 menit saja.

Agar lebih mudah kamu dapat menggunakan aplikasi google maps lalu minta diarahkan ke Savana Dieng, dimana lokasi terakhirnya ialah basecamp Gunung Pangonan.

Trekking Padang Savana Dieng

Sebelum tiba di Padang Savana Dieng kamu harus melakukan trekking, berawal di basecamp Gunung Pangonan. Sama seperti naik gunung, kamu pun akan melalui jalur trekking berupa jalan setapak diantara rindangnya pepohonan.

Estimasi waktu agar tiba di Padang Savana Dieng berkisar antara 30 menit hingga 1 jam dengan jarak tempuh dari lokasi parkir sekitar 1 km, tergantung pada masing-masing ketahanan fisik pengunjung.

Di sepanjang jalur trekking terdapat shelter tempat beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa lelah. Juga sudah ada petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju Padang Savana.

Usahakan datang di cuaca sedang cerah, karena jalur trekkingnya masih berupa tanah liat jadi akan licin jika kondisi sedang basah.

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: Inten Hardianti

simak juga: jalur pendakian gunung prau via dieng

Jam Buka Padang Savana Dieng

  • Jam buka Padang Savana Dieng mulai pukul 07.00 sampai 17.00
  • Beroperasional setiap hari Senin hingga Minggu

Tiket Masuk Padang Savana Dieng

  • Tiket masuk Padang Savana Dieng sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Rp. 2.000,- untuk parkir motor
  • Rp. 5.000,- untuk parkir mobil

Fasilitas Padang Savana Dieng

Fasilitas yang ada di sekitar Padang Savana Dieng tidak terdapat apa-apa, semua fasilitas umum yang dibutuhkan seperti toilet, warung makanan dan minuman ada di area basecamp.

Sehingga bawalah persediaan makanan khususnya air minum sebagai bekal ketika berada di kawasan Padang Savana Dieng.

Daya Tarik Padang Savana Dieng

1. Spot Pre-Wedding Yang Romantis

Cantiknya padang savana banyak dimanfaatkan oleh para pencari foto, salah satunya sebagai lokasi untuk prewedding. Karena secara tidak langsung viewnya memberikan kesan romantis.

hunting foto romantis
hunting foto romantis. google maps. sumber: OVIE SETIAKU

simak juga: batu ratapan angin

Hamparan padang rumput dihiasi dengan pepohonan hijau serta area bukit yang sangat elok. Sesekali kabut tipis akan turun, tetapi tidak menutupi keindahan Padang Savana itu sendiri.

Kawasan Padang Savana Dieng ini sangat luas, kamu dapat hunting sepuasnya untuk mendapatkan angel terbaik hingga hasil fotonya juga sempurna.

2. Lokasi Hulang – Healing Terbaik

Untuk kamu yang sedang suntuk, lelah, dan jengah daripada stress sendiri sebaiknya datanglah ke sebuah tempat yang memberikan ketenangan. Dapat dengan bebas berteriak dan meluapkan rasa sesak didada.

Kamu yang tinggal di sekitaran Dieng, sangat beruntung karena dapat mengunjungi Padang Savana ini. Tempatnya tenang, hanya ada suara burung yang senantiasa mengiringi.

Nggak perlu camping atau berkemah untuk self healing di Padang Savana Dieng, karena dapat diakses pulang-pergi. Datanglah di pagi hari lalu kembalilah di siang atau menjelang sore.

spot self healing terbaik
spot self healing terbaik. google maps. sumber: Eza Abdilla

simak juga: gunung sikunir

3. Camping Ground

Padang Savana Dieng sering pula dijadikan lokasi untuk berkemah bareng bestie yang sehati, menghabiskan waktu semalam suntuk hanya bersama alam. Beralaskan rumput, dan beratapkan langit.

Tidak ada listrik, ataupun suara kendaraan yang berisik. Tenang dan damai, yang terdengar hanyalah suara nyanyian alam yang menenangkan.

Sekali lagi, harap memperhatikan cuaca ketika berencana untuk camping di alam terbuka. Udara di Dieng terkenal sangat dingin, apalagi lokasi Padang Savana Dieng sendiri berada di ketinggian sekitar 2.000 mpdl.

Tentu saja jika sedang hujan udara yang terasa akan lebih dingin, selain itu kawasan di sekitarnya pun akan basah jadi nggak begitu nyaman kan!

Penutup

Alam yang sempurna memang tak akan pernah tergantikan, tugas kita adalah menjaganya agar tetap seperti sediakala. Jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita.

Leave a Comment