Ranu Regulo Lumajang, Menikmati Sunrise di Tepi Danau

Ranu Regulo adalah salah satu danau yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya berada di Desa Ranu Pani dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Desa Ranu Pani ini memiliki 3 buah danau, yaitu danau Ranu Kumbolo, danau Ranu Pani dan danau Ranu Regulo. Lokasi Ranu Regulo letaknya berada tak jauh dari Ranu Kumbolo yang merupakan surga pendakian Gunung Semeru.

ranu regulo. google maps. sumber : Yudapasa Nugraha

Ranu Regulo menawarkan wisata alam danau yang indah dikelilingi perbukitan dan pepohonan hijau. Danau yang terbentuk secara alami dengan keindahan alamnya yang membuat takjub. Memiliki warna air biru kehijauan. View alam sekitarnya sangat indah dan masih sangat asri.

Hutan lebat dan rimbun mengelilingi area danau. Begitu hijau dan bernuansa tenang, hening dan menyejukan. Luas Ranu Regulo kurang dari satu hektar. Berada pada ketinggian 2100 mdpl dengan suhu rata-rata sekitar 10 derajat celcius. Bahkan pada dini hari bisa turun hingga minus 4 derajat.

Jika ingin menikmati keindahan Ranu Regulo dari sisi lain anda dapat naik ke Bukit Gending. Letaknya tidak jauh dari danau. Menikmati pemandangan danau yang disuguhkan sangat indah dan menawan.

Yang menjadi daya tarik dari Ranu Regulo ini yaitu tersedianya camping area di tepian danau. Tanahnya luas, relatif rata dan landai, cocok untuk mendirikan tenda berkemah. Panorama alam yang indah dan menakjubkan, tampak hutan lebat hijau mengelilingi area danau.

Alamat Ranu Regulo

  • Ranupane Satu, Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Setiap hari. Buka 24 jam.

Harta Tiket Masuk

Harta Tiket Masuk

  • Weekday Rp.29.000,-.
  • Weekend Rp.34.000,-.

Parkir Kendaraan

  • Motor Rp. 5.000,-
  • Mobil Rp. 10.000,-

Rute ke Ranu Regulo

Ranu Regulo lokasinya berada di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

  • Jika berangkat dari Malang langsung menuju Tumpang melalui daerah Pakis. Waktu tempuh dari Malang ke Tumpang cukup dekat sekitar 40 menit.
  • Setelah sampai di Tumpang, teruskan perjalanan hingga menemukan pertigaan. Kemudian belok kiri menuju Jalan Tulus Ayu. Melewati RSU Kebon Sari, terus lurus hingga menemukan perempatan. Lurus saja hingga mentok dan belok kiri menuju ke Daerah Tulus Ayu.
  • Dari jalan ini, Anda akan menemukan banyak papan petunjuk yang akan membimbing Anda menuju ke Desa Ranu Pani. Sesampainya di Desa Ranu Pani, parkir kendaraan anda di area parkir.
  • Dari area parkir Desa Ranu Pani, lanjutkan perjalanan dengan treking menyusuri perbukitan dan perkebunan warga. Jarak dari Desa Ranu Pani menuju Ranu Regulo sekitar 2 Km dengan waktu tempuh sekitar 15 – 30 menit.

Transportasi

Jalanan yang dilalui menuju Ranu Regulo sebagian besar sudah cukup bagus dan dilapisi aspal. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor.

Ada Apa di Ranu Regulo

Terdapat banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa anda lakukan di Ranu Regulo. Seperti menikmati panorama alam, danau alami, camping atau berkemah dan lain sebagainya.

Menikmati Pesona Alam Ranu Regulo

Wisatawan dapat menikmati keindahan danau dan alam sekitarnya. Disekeliling danau terdapat perbukitan dan pephonan hijau. View alamnya sangat indah, asri dan alami.

See also  Tepi Danau, Danau Cantik Tetangga Wahoo Waterworld Di Bandung Barat
danau ranu regulo
danau ranu regulo. google maps. sumber : Riz Kiya

Anda juga bisa menikmati keindahan danau dari dekat. Danau dengan permukaan air yang tenang. Pengunjung tidak dibolehkan berenang di area danau. Karena selain dalam, suhu airnya juga sangat dingin dan supaya air di danau tersebut tidak tercemar.

pemandangan ranu regulo
pemandangan ranu regulo. google maps. sumber : Dany Pratama

Suh rata-rata yaitu sekitar 10 derajar celcius, dan bisa mencapai minus 4 derajat celcius saat dini hari. Waktu terbaik menikmati Ranu Regulo yaitu pada pagi hari. Ketika pagi hari cahaya matahari menyentuh permukaan danau berpadu dengan kabut. Pemandangan alam yang indah dan sangat menakjubkan.

Camping Tepi Danau

camping di ranu regulo
camping di ranu regulo. google maps. sumber : Taufiq Rochman

Camping atau berkemah merupakan kegiatan favorit ketika berkunjung ke Ranu Regulo. Terdapat area dengan tanah relatif rata dan landai untuk mendirikan tenda. Camping tepi danau dengan suasana yang sejuk dan panorama alam yang indah.

Disini juga terdapat spot berkemah baru dekat Ranu regulo. Namnya Bukit Gending, posisinya di sisi selatan tak jauh dari danau. Dari Bukit Gending anda dapat menikmati Ranu Regulo dari ketinggian dengan pemandangan yang sungguh menawan.

Sunrise di Ranu Regulo

sunrise di ranu regulo
sunrise di ranu regulo. google maps. sumber : Dimas Candra Surya

Waktu terbaik menikmati keindahan Ranu Regulo adalah pada pagi hari. Pemandangan alam Ranu Regulo yang dikelilingi perbukitan dan pephonan hijau yang sangat menawan.

Pada pagi hari disaat matahari terbit anda akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Ditambah dengan kabut yang menyelimuti area danau yang menambah kesan magis.

Berswafoto

berswafoto di ranu regulo
berswafoto di ranu regulo. google maps. sumber : Taufiq Rochman

Selain berkemah dan menikmati pemandangan alam, pengunjung juga dapat berswafoto dengan latar Ranu Regulo yang indah. Wisatawan dapat menyusuri danau untuk mengabadikan momen.

foto ranu regulo
foto ranu regulo. google maps. sumber : Oghy Arifianto

Berswafoto di dermaga kecil dengan latar danau. Dengan latar hutan lebat atau berfoto dengan batang pohon yang terbengkalai dan lain sebagainya.

See also  Pantai Cijeruk Indah, Berburu Sunset Terbaik Di Kabupaten Garut

Fasilitas Ranu Regulo

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi

Tidak banyak sarana umum dan fasilitas yang tersedia ditempat ini. Mengingat lokasinya yang cukup dalam di area wisata pendakian Gunung Semeru.

Jika anda berkunjung ke Ranu Regulo sebaiknya membawa bekal makanan sendiri. Karena tidak ada warung atau orang berjualan disini. Apalagi jika anda berniat untuk berkemah sebaiknya perhatikan urusan logistik dan pemenuhan perbekalan yang cukup selama camping.

Tempat Wisata Sekitar Ranu Regulo

  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
  • Danau Ranu Pani
  • Puncak B29

Video Ranu Regulo

Video Ranu Regulo berikut dikutip dari chanel : Alessandro Jordy

Penutup

Ranu Regulo terletak di kaki Gunung Semeru. Tepatya di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ranu Regulo menawarkan wisata alam danau yang indah dan menakjubkan. Dikelilingi perbukitan dan pepohonan hijau yang asri. Danau yang terbentuk secara alami dengan keindahan alamnya yang membuat takjub. Air dananunya berwarna biru kehijauan. View alam sekitarnya sangat indah dan masih sangat asri.

Ranu Regulo biasanya akan ramai dikunjungi ketika weekend. Kegiatan favorit disini adalah camping atau berkemah. Bahkan tidak hanya anak-anak muda saja yang datang untuk camping di sini. Banyak rombongan keluarga yang tak kalah banyak jumlahnya apalagi ketika musim liburan tiba.

Leave a Comment