Ranu Bedali, Danau Alami yang Eksotik dan Menawan di Lumajang

Objek wisata Ranu Bedali merupakan rangkaian dari tiga danau segitiga. Karena terdapat 3 kawasan danau yang berdekatan yaitu Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis. Destinasi wisata alam berupa danau alami dengan pemandangan yang indah. Lokasinya berada di Kecamatan Ranuyoso, sebelah utara Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

objek wisata alam ranu bedali. google maps. sumber : ewahyudi 325

Ranu Bedali berada di ketinggian 700 mdpl, dengan luas sekitar 25 hektar dan kedalamannya mencapai 28 meter. Menawarkan pemandangan alam danau dan pegunungan yang indah dan alami. Dikelilingi perbukitan hijau yang asri dengan udara sekitar danau yang sangat sejuk dan segar.

Tidak hanya menawarkan keindahan danau. Di area Ranu Bedali juga terdapat air terjun yang menambah keindahan alamnya. Pemandangan air terjun yang indah dengan debit air yang cukup besar dan deras. Disini wisatawan juga bisa berkemah, bermalam dengan mendirikan tenda menikmati keindahan alam sekitar.

Sarana umum dan fasilitas yang tersedia di objek wisata ini juga cukup lengkap. Seperti gazebo untuk beristirahat, taman dan akses jalan kaki untuk pengunjung menuju danau dan lainnya. Di beberapa titik juga terdapat spot-spot foto yang keren dan instagenic.

Alamat Ranu Bedali

  • Dusun Jatian, Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Setiap hari. Buka 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
  • Parkir Motor Rp. 3.000,-
  • Parkir Mobil Rp. 5.000,-
See also  Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo, Tempat Berenang dan Berendam Di Pusat Kota

Rute ke Ranu Bedali

Dari pusat kota Lumajang, Jawa Timur, objek wisata Ranu Bedali berjarak sekitar 24 Km. Rute yang dilalui jika anda dari arah Probolinggo, memasuki pintu gerbang Kabupaten Lumajang teruskan perjalanan hingga sampai di pasar Wates Wetan (Gunung Tengu). Setelah itu anda akan tiba di pasar Ranuyoso, sekitar 100 meter ada jalan masuk ke arah kiri menuju lokasi wisata Ranu Bedali.

Transportasi

Lokasi Ranu Bedali tempatnya cukup mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan pribadi. Bisa menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

Akses jalan yang dilalui cukup sulit, jalan yang beraspal hanya sampai di Ranuyoso saja. Untuk menjangkau masuk lokasi wisata harus melewati hutan bambu. Kondisi jalan tidak terlalu bagus, tetapi jalan yang dilalui tetap aman karena banyak perumahan warga.

Ada Apa di Ranu Bedali

ranu bedali
ranu bedali. google maps. sumber : Visit Lumajang

Wisata Ranu Bedali adalah salah satu destinasi wisata alam berupa danau yang indah. Terletak disebelah utara Kabupaten Lumajang, Jawa timur. Tersedia cukup banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke objek wisata ini.

Menikmati Panorama Alam Ranu Bedali

pemandangan alam ranu bedali
pemandangan alam ranu bedali. google maps. sumber : AnnA Maria

Ranu Bedali menyuguhkan pemandangan alam danau dan pegunungan yang indah dan alami. Dikelilingi perbukitan hijau yang asri dengan udara sekitar danau yang sangat sejuk dan segar khas udara pegunungan.

Air Terjun

air terjun di ranu bedali
air terjun di ranu bedali. google maps. sumber : Icha Novalia

Di Ranu Bedali, wisatawan tidak hanya disajikan dengan pemandangan danau yang mengesankan. Tidak jauh dari lokasi danau terdapat buah air terjun yang sangat menawan. Air terjun ini memiliki debit air yang besar dan deras dengan air yang cukup jernih.

Hanya saja untuk menuju lokasi air terjun ini cukup menantang. Air terjun ini masih jarang dikunjungi sehingga medan jalan yang harus dilewati cukup sulit.

See also  Kebun Teh Tambi, Agrowisata Untuk Self Healing Di Wonosobo

Spot Foto Keren

foto di wisata ranu bedali
foto di wisata ranu bedali. google maps. sumber :  illa manzilatir

Objek wisata alam Ranu Bedali memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan. Keindahan danau dengan pegunungan dan perbukitan yang masih asri dan alami.

berswafoto di ranu bedali
berswafoto di ranu bedali. google maps. sumber : NOGAR FAISOL

Disini anda akan menemukan banyak sekali spot-spot foto keren dan instagenic. Setiap sudut di Ranu Bedali ini memiliki spot foto yang keren dan menarik dengan latar pemandangan alam yang indah.

Camping Area

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Ranu Bedali. Disini tersedia area perkemahan yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda.

Untuk dapat berkemah di Ranu Bedali anda harus membawa perlatan camping sendiri. Dan harus ada ijin dari pihak pengelola wisata.

Fasilitas Ranu Bedali

Berikut adalah sarana umum dan fasilitas yang tersedia di objek wisata alam Ranu Bedali.

  • Area parkir kendaraan
  • Warung jajan
  • Camping area
  • Spot foto
  • Toilet
  • Cafe

Tempat Wisata Ranu Bedali

Video Ranu Bedali

Video Ranu Bedali berikut dikutip dari channel : Cak mam

Penutup

Ranu Bedali merupakan rangkaian dari tiga danau. Karena terdapat 3 danau yang berdekatan, yaitu danau ranu pakis, ranu bedali dan ranu klakah.

Wisata Ranu Bedali ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan alami. Menikmati suasana alam yang damai dengan udara sejuk serta menikmati panorama alam yang tersaji. Setiap sudut di Ranu Bedali ini memiliki spot foto yang keren dan menarik.

Leave a Comment