Puncak B29 Lumajang, Pesona Keindahan Negeri di Atas Awan

Puncak B29 merupakan salah satu objek wisata alam di Lumajang yang sangat indah dan menakjubkan. Puncak B29 terkenal dengan sebutan ‘Negeri di Atas Awan’. Dari puncak bukit ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan hamparan awan putih. Kita bisa menikmati sensasi seolah kita sedang berada diatas awan putih.

puncak b29 lumajang. google maps. sumber : MiX_8115

Objek wisata ini terletak di bukit sebelah sisi tenggara kawasan wisata Gunung Bromo. Merupakan puncak tertinggi di kawasan Gunung Bromo dengan ketinggian sekitar 2.900 mdpl. Lebih tinggi dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2393 mdpl. Puncak B29, Gunung Bromo dan Gunung Semeru semua masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Objek wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan mengagumkan. Udara dingin dan segar pegunungan serta hamparan vegetasi khas gunung dan savana menjadi pemandangan menarik. Untuk menuju lokasi wisata Puncak B29, rute yang dilalui cukup menantang. Sepanjang perjalanan akan memacu adrenalin karena jalurnya berkelok dan berliku.

Saat berada di puncak anda akan disajikan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Keindahan kawasan perkebunan Argosari yang membentuk barisan pegunungan Mahameru. Lautan pasir Gunung Bromo beserta puncak dan kalderanya yang sangat terkenal.

Sebelah barat anda akan disajikan pemandangan Gunung Arjuno – Welirang. Dan disebelah timur wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan Gunung Argopuro, serta Gunung Raung. Keindahan tersebut dapat dilihat dan dinikmati ketika cuaca sedang bagus dan cerah.

Tidak hanya itu saja, Sunset dan Sunrise juga menjadi salah satu daya tarik dari Puncak B29. Dari puncak bukit wisatawan akan melihat keindahan Tosari pasuruan dan Sukapura Probolinggo. Kegiatan seru lainnya dilokasi ini yaitu kegiatan Camping atau berkemah. Bermalam diatas puncak bukit dengan sajian alam yang indah dan mengagumkan.

Table of Contents

Alamat Puncak B29

  • Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jam Buka

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Wisatawan Rp.5.000,-
  • Parkir Motor Rp.5.000,-
  • Parkir Mobil Rp.10.000,-
  • Ojek Motor .Rp.75.000,- – Rp.100.000,- (Pulang – Pergi)
  • Homestay Rumah Warga Mulai dari Rp. 75.000,00/orang/malam.

Harga tersebut diatas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola.

Rute ke Puncak B29

Wisata Puncak B29 lokasinya masuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi wisata bisa anda akses melalui 2 rute.

Rute pertama yaitu melalui Desa Ranu Pani, basecamp pendakian untuk ke Gunung Semeru. Namun jarang sekali yang menggunakan rute ini dikarenakan aksesnya cukup merepotkan dan mahal.

Sedangkan rute kedua bisa langsung dari Kabupaten Lumajang. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Dari alun-alun Lumajang langsung menuju Kecamatan Senduro dengan perjalanan sekitar 30 menit. Dari Senduro lanjutkan perjlanan menuju Desa Argosari yang menjadi pintu masuk utama kawasan Puncak B29.

Bagi wisatawan yang menggunakan mobil harus parkir dan berhenti di Rest Area 1. Karena perjalanan selanjutnya akses jalannya sulit untuk kendaraan roda 4. Anda bisa menggunakan motor atau memakai jasa ojek yang siap mengantar.

Lanjutkan perjalanan menuju Rest Area 2, jalanan yang dilalui cukup curam, sempit dan belum beraspal. Dari tempat parkir motor terkahir, anda masih harus berjalan kaki sekitar 150 meter untuk tiba dilokasi puncak B29.

Transportasi

Untuk menuju lokasi wisata Puncak B29, bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Anda juga bisa menyewa jasa rental mobil. Untuk mobil anda hanya bisa sampai di parkir Rest Area 2 dikarenakan jalannya yang curam, sempit dan belum beraspal. Dari sana anda bisa mengunakan jasa ojek warga setempat yang siap mengantar menuju ke rest Area 1.

Bagi yang menggunakan kendaraan roda 2 atau motor bisa langsung melanjutkan perjalanan ke tempat parkir terkahir atau Rest Area 1. Bagi Anda yang kurang yakin dengan motor yang Anda gunakan, bisa menggunakan ojek yang sudah siap mengantar.

Ada Apa di Puncak B29

wisata puncak b29 lumajang
wisata puncak b29 lumajang. google maps. sumber : jinye 55 (jinye)

Puncak B29 merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat mengagumkan. Terkenal dengan sebutan ‘Negeri di Atas Awan’. Dari puncak bukit ini anda akan disuguhkan dengan hamparan lautan awan putih yang indah.

See also  ST PARK (Sumber Takir) Jokarto, Pemandian Alam dengan Panorama Asri di Lumajang

Selain itu anda juga akan disajikan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan barisan pegunungan, kawasan perkebunan, hamparan pasir Gunung Bromo dan lain sebagainya.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam saja. Banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke objek wisata Puncak B29.

Menikmati Keindahan Alam Menakjubkan di B29

puncak b29
puncak b29. google maps. sumber : 18B – 059 – Ryan Alief

Berkunjung ke Puncak B29, wisatawan akan disajikan pemandangan alam yang sangat keren dan menakjubkan. Keindahan alam ini bisa anda saksikan dan lihat secara langsung.

1. Kaldera Bromo

pemandangan puncak b29
pemandangan puncak b29. google maps. sumber : Bernard Revert

Disaat cuaca sedang bagus dan cerah, anda akan disajikan dengan panorama alam yang indah. Salah satunya adalah keindahan Kaldera Bromo yang sangat luas. Kaldera tersebut melipti lautan, pasir, Gunung Batok dan Gunung Bromo.

Kaldera merupakan pusat letusan dengan diameter lebih dari 2 Km. Dengan kawah hanya berdiameter kurang dari 2 Km. Dulunya Kaldera ini adalah bagian dari Gunung Bromo purba raksasa dan masuk kategori megavulkano. Wisatawan akan disajikan dengan keindahan Kaldera Bromo yang luas dan tampak mengagumkan yang dikelilingi oleh barisan perbukitan.

2. Puncak Mahameru

panorama pegunungan di puncak b29
panorama pegunungan di puncak b29. google maps. sumber : Biker Insyaf

Meski berjarak sekitar 18 Km, atap pulau jawa yaitu Puncak Mahameru dapat terlihat dengan jelas dari Puncak B29. Ketiksa cuaca sedang cerah, Puncak Mahameru akan terlihat indah dengan latar langit biru. Sekali-kali tampak letusan dari kawah berupa awan panas berwarna putih.

3. Pemandangan Gunung Arjuno dan Welirang

pemandangan pegunungan di puncak b29
pemandangan pegunungan di puncak b29. google maps. sumber : Hasti Aringga Suminar

Berada di ketinggian 2.900 mdpl, Puncak B29 tidak hanya menyajikan keindahan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja. Pemandangan ke arah jauh pun turut terlihat terutama ketika cuaca sedang cerah.

Salah satu pemandangan indah yang tersaji ada di ufuk barat. yaitu Gunung Arjuno – Welirang. Keindahan satu gunung dengan dua puncak yang berbeda akan terlihat dengan jelas. Puncak Arjuno berada disebelah kiri dan puncak satu lagi yaitu Welirang berada sebelah kanan.

4. Puncak Gunung Argopuro dan Raung di Ujung Timur

pemandangan alam puncak b29
pemandangan alam puncak b29. google maps. sumber : Ros Sita

Sisi bagian timur Puncak B29 akan menyajikan pesona keindahan Puncak Gunung Argopuro. Dari puncak B29 anda dapat melihat keindahan Gunung Argopuro tampak bagaikan disangga oleh awan putih dibawahnya. Selain itu jika cuaca sedang cerah, lebih jauh di ufuk timur akan terlihat jelas Gunung Raung.

See also  Ranu Regulo Lumajang, Menikmati Sunrise di Tepi Danau

Menikmati Keindahan Sunset dan Sunrise

sunset dan sunrise di puncak b29
sunset dan sunrise di puncak b29. google maps. sumber : Tomo sutomi
pemandangan sunset dan sunrise di puncak b29
pemandangan sunset dan sunrise puncak b29. google maps. sumber : MAMIEK SUHARTINI

Ketiksa cuaca sedang cerah, keindahan Sunset dan Sunrise menjadi momen indah yang tersaji di Puncak B29. Dari puncak ini anda akan disajikan pemandangan yang sangat epik. Keindahan matahari terbit dan terbenam dengan keindahan bentang alam sekitarnya. Untuk menikmati keindahan Sunset dan Sunrise, lebih baik berkemah di Puncak di Puncak B29.

Camping di Puncak B29

camping di puncak b29
camping di puncak b29. google maps. sumber : Bimo Irianto
berkemah di puncak b29
berkemah di puncak b29. google maps. sumber : MJO Fadli

Berkemah atau Camping juga bisa anda lakukan di Puncak B29. Pada bagian puncak terdapat lahan datar yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda. Menikmati indahnya malam dan merasakan sensasi udara dingin pegunungan. Membuat api unggun dan melakukan kegiatan seru bersama. Di sekitar puncak juga tersedia beberapa warung milik warga setempat.

Fasilitas Puncak B29

Berikut adalah beberapa sarana umum dan fasilitas yang tersedia di Puncak B29.

  • Parkir kendaraan wisata luas
  • Warung wisata
  • Mushola
  • Camping area
  • Spot foto instagenic
  • Toilet dan kamar mandi umum

Hotel Sekitar Puncak B29

Hotel, villa atau penginapan sekitar Puncak B29.

  • Grand Whiz Hotel Bromo
  • Homestay Lereng Bromo
  • Hotel Lereng Bromo
  • Yoschi’s Hotel
  • Bromo Terrace Hotel & Resto
  • Jiwa Jawa Bromo
  • Bawangan Bromo Hotel & Resto
  • Joglo Kecombrang Bromo

Tempat Wisata Sekitar Puncak B29

  • Air Terjun Madakaripura
  • Bromo Tengger Semeru Adventure
  • Danau Ranu Regulo
  • Danau Ranu Pane
  • Wisata Kali Adem Lumajang

Video Puncak B29

Video Puncak B29 berikut dikuti dari chanel : KIKI NHK

Penutup

Puncak B29 adalah salah satu objek wisata alam di Lumajang yang sangat indah dan mengagumkan. Puncak B29 ini terkenal dengan sebutan ‘Negeri di Atas Awan’. Dari puncak bukit ini anda akan disajikan pemandangan hamparan awan putih.

Dari puncak bukit anda dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan barisan pegunungan, kawasan perkebunan, hamparan pasir Gunung Bromo dan lain sebagainya.

Tidak hanya menikmati keindahan alam saja. Banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke objek wisata Puncak B29.

Leave a Comment