Pantai Drini, Bermain Kano Di Pantai Jernih Gunung Kidul

Pantai Drini terletak di kawasan Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung Kidul memiliki banyak sekali pantai yang hadir dengan segala keindahannya.

Wisata dekat Pantai Drini diantaranya Pantai Pok Tunggal, Pantai Nglambor, Pantai Baron, serta beberapa pantai yang lainnya. Para penikmat pantai, wajib banget deh mengunjungi wilayah Gunung Kidul.

berfoto yuk

Daya tarik dari Pantai Drini terletak pada alamnya yang bukan hanya dihiasi indahnya laut biru saja. Melainkan kehadiran sebuah pulau yang cukup besar, dimana lokasinya yang menjorok ke arah lautan.

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogjakarta

Selain itu, kamu dapat melakukan beragam keseruan lain dengan mencoba wahana permainan yang tersedia di sekitar Pantai Drini.

Berikut beberapa gambar dari Pantai Drini yang dapat kami abadikan untuk kamu semua, pokoknya berlibur di sini nggak rugi!

Table of Contents

Lokasi & Alamat Pantai Drini

  • Alamat Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Lokasinya terletak di sebelah timur Pantai Baron dan Pantai Sepanjang, serta berada satu jalur dengan Pantai Krakal, Pantai Sundak, dan Pantai Kukup.
jernih banget
jernih banget

Rute menuju Pantai Drini jika kamu berangkat dari pusat kota Yogyakarta dapat menuju ke arah Piyungan-Patuk-Sambipitu-Landasan Udara TNI Gading-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Wonosari-Jalan Baron-Tanjungsari-ikuti ke arah Pantai Drini.

Sedangkan untuk kamu yang datang dari arah Solo yakni dapat melalui Sukoharjo ataupun Klaten, dengan mengarahkan kendaraan menuju Watukelir hingga akhirnya tiba di Tanjungsari.

Ketika sudah tiba di pos retribusi tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Drini, sudah tersedia petunjuk jalan menuju beberapa pantai yang lokasinya masih berdekatan.

Jalurnya sangat mulus dan beraspal, sehingga dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun. Baik itu roda dua, roda empat bahkan bis sekalipun.

menikmati pantai yang jernih
menikmati pantai yang jernih

Simak juga: wisata Kalibiru di Jogja

Tiket Masuk Pantai Drini

Tiket masuk Pantai Drini cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- di pos retribusi yang kamu lewati tadi. Itu artinya dengan harga segitu, kamu sudah dapat menikmati keindahan pantai yang ada di sekitarnya. Yakni:

  • Pantai Sepanjang
  • Pantai Kukup
  • Pantai Klakar
  • Pantai Sundak
  • Pantai Indrayanti

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan ya

Jam Buka Pantai Drini

Jam operasional Pantai Drini dibuka setiap hari Senin hingga Jumat selama 24 jam nonstop.

spot foto di jembatan pelangi
spot foto di jembatan pelangi

Fasilitas Pantai Drini

Fasilitas wisata yang ada di sekitar Pantai Drini diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Toilet umum,
  • Restoran Seafood,
  • Spot selfie,
  • Penyewaan Kano,
  • Gazebo,
  • Payung-payung besar untuk bersantai di tepi pantai.

Penginapan Sekitar Pantai Drini

Untuk kamu yang datang dari luar kota ngga perlu khawatir dalam mencari tempat untuk beristirahat, karena di sekitar Pantai Drini terdapat beberapa penginapan dengan fasilitas dan harga yang beragam.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya:

  • Wisata Kampung Pulau Drini, kisaran harganya antara Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 per malamnya.
  • Penginapan Mutiara
  • Winahyu Resort
  • Bamboo Sadranan

Daya Tarik Pantai Drini

1. Bersantai Menikmati Pantai

pantai drini
pantai drini

Simak juga: review wisata Pantai Siung

Pantai Drini memiliki hamparan pasir putih yang lembut, kedalamannya lumayan hingga kaki agak sedikit susah ketika melangkah.

Area dari Pantai Drini cukup luas, satu sisi lebih didominasi untuk kegiatan bermain kano sedangkan sisi lainnya dihiasi hamparan pasir putih yang sudah menyediakan payung berwarna-warni.

Banyak pengunjung yang santuy sambil rebahan di bawah payung, harga sewanya cukup murah yakni sebesar Rp. 30.000,- sepuasnya tanpa batasan waktu.

Sejauh mata memandang laut birulah yang tampak, dihiasi dengan awan putih serta deburan air ombak yang Selalu datang silih berganti.

2. Bermain Air

Simak juga: wisata ekstrem di Pantai Timang

Setelah puas bersantai, jangan lewatkan untuk bermain air pantainya. Apalah artinya pergi ke pantai jika tidak bermain air.

Kamu dapat bermain air di tepian pantainya, sambil menunggu ombak yang datang. Jika ombak datang kamu malah pergi menjauh….

Selain bermain air, kamu juga dapat melakukan keseruan bersama dengan bermain pasir putihnya yang lembut. Membiarkan imajinasi anak-anak bermain dengan bebasnya.

pulau drini
akses menuju pulau drini

3. Menjelajahi Pulau Drini

Pantai Drini dikelilingi perbukitan yang cukup rindang, yang dapat menjadi ragam wisata lain ketika berlibur di sini. Kamu dapat mengunjungi Pulau Pelangi serta Pulau Drini.

Untuk eksplor Pulau Pelangi atau Jembatan Pelangi harus membayar biaya tambahan sekitar Rp. 5.000,- per orang. Di bukit yang satu ini sudah tersedia beberapa spot foto keren.

Sedangkan untuk memasuki Pulau Drini, kamu harus membayar biaya sebesar Rp. 3.000,- saja. Perjalanan diawali dengan menyusuri sebuah jembatan yang kece banget, pas banget untuk lokasi foto.

Teruslah berjalan menyusuri jalan yang sudah tersedia, banyak sekali spot-spot foto di sekitar pulau tersebut. Lokasi pulau yang menjorok ke arah laut, banyak yang menyandingkannya dengan keindahan Tanah Lot yang ada di Bali.

4. Bermain Kano

Wahana air seru yang menjadi ciri khas di Pantai Drini ialah bermain perahu kano. Itulah rata-rata alasan wisatawan yang datang ke pantai ini.

Untuk bermain perahu kano, kamu cukup membayar biaya sekitar Rp. 50.000,- dengan bermain sepuasnya. Sebelum bermain kamu akan diberikan jaket pelampung untuk menjaga keselamatan ketika sedang bermain kano.

spot bermain kano
spot bermain kano

5. Snorkeling

Ragam wisata yang terakhir ialah snorkeling, ini merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Drini. Dengan kegiatan tersebut dapat menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Karena kamu dapat menikmati keindahan bawah laut yang sangat luar biasa. Terdapat banyak terumbu karang yang cantik serta biota laut lainnya. Air lautnya yang sangat jernih, membuat petualangan snorkeling kamu seperti tidak ada hambatan yang berarti.

Jika air laut sedang pasang, sebaiknya urungkan niatmu untuk melakukannya. Karena tidak aman untuk keselamatan kamu sendiri.

Penutup

Pantai Drini ketika hari libur cukup ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Fasilitas umum yang tersedia sudah sangat memadai, hingga tetap membuat pengunjung nyaman.

Leave a Comment