Museum Kaliasa, Wisata Sejarah Dieng Yang Berwarna

Museum Kaliasa termasuk kedalam list wisata Dieng yang nggak boleh kamu lewatkan, sebuah destinasi wisata yang kental akan budaya dan sejarah Indonesia. Apalagi Bangsa Indonesia memiliki kisah sejarah yang panjang dan menarik.

Seperti yang sudah kamu ketahui, Dieng merupakan tempat yang sangat populer di Kabupaten Jawa Tengah. Terkenal akan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan.

Dieng sendiri berada di dua Kabupaten, yakni Dieng Timur yang termasuk ke dalam Kabupaten Wonobo dan Dieng Kulon berada di Kabupaten Banjarnegara.

koleksi museum kaliasa. google maps. sumber: Ika Suryani

simak juga: d’qiano hotspring waterpark

Koleksi Museum Kaliasa Dieng sangat beragam, untuk kamu yang menyukai wisata sejarah harus banget mengunjungi lokasi wisata yang satu ini.

Berikut deskripsi dari Museum Kaliasa itu sendiri sebagai referensi awal wisata Dieng untuk dikunjungi akhir pekan ini atau saat liburan nanti.

Lokasi Museum Kaliasa

  • Alamat Museum Kaliasa di Karangsari, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
  • Lokasi Museum Kaliasa dekat Kompleks Candi Arjuna, sekitar 2 menit saja dengan berjalan kaki.

Rute menuju Museum Kaliasa jika ditempuh dari pusat kota Banjarnegara akan memakan waktu hampir satu jam setengah, yang tentu saja dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Dieng.

kompleks candi arjuna
kompleks candi arjuna. google maps. sumber: Mirza Husainiy

simak juga: surya yudha park

Lokasi Museum Kaliasa dekat dengan Telaga Warna Dieng, sekitar 1,5 km atau 5 menit dengan menggunakan mobil. Yakni dengan menuju Jl. Arjuna, lokasi Museum Kaliasa berada di sebelah kanan.

Jam Buka Museum Kaliasa

  • Jam buka Museum Kaliasa setiap hari Senin sampai Minggu
  • Beroperasional mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore

Harga Tiket Masuk Museum Kaliasa

Tiket masuk Museum Kaliasa sangat murah, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

museum kaliasa
museum kaliasa. google maps. sumber: Aryadi Darwanto

simak juga: curug pitu

Fasilitas Museum Kaliasa

Fasilitas yang ada di sekitar Museum Kaliasa diantaranya:

  • Warung makanan dan minuman,
  • Mushola,
  • Gazebo,
  • Taman yang cantik,
  • Tempat untuk menyimpan kendaraan,
  • Toilet,

Sejarah Museum Kaliasa

Bangunan pertama dari Museum Kaliasa didirkan pada tahun 1984, yang berisikan koleksi benda-benda bersejarah tentang candi yang ada di Dieng.

Kemudian dibangunlah bangunan selanjutnya yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan saat itu, sekitar tahun 2008. Hingga tampak seperti sekarang ini.

Koleksi sejarah yang ada di Museum Kaliasa semakin menambah khazanah budaya di Indonesia, beruntunglah kita sebagai bangsa yang memiliki banyak kisah sejarah dan budaya.

mengenal dieng lebih dekat
mengenal dieng lebih dekat. google maps. sumber: Judge Retno Ari

simak juga: pesona candi arjuna

Daya Tarik Museum Kaliasa

Museum Kaliasa yakni sebuah museum yang akan memberikan informasi banyak tentang Dataran Tinggi Dieng, terdiri dari 3 bangunan utama yakni:

  • Tempat untuk menyimpan benda-benda cagar budaya.
  • Tempat untuk ruang informasi/artefak dan pemutaran film tentang Dieng.
  • Bangunan untuk tempat pertunjukan dan pertemuan besar.

Serta terdapat beberapa gazebo sebagai tempat untuk beristirahat dan menyaksikan pemandangan Desa Dieng dan Kompleks Candi Arjuna.

Berada di lahan lebih dari 500 meter persegi membuat Museum Kaliasa memiliki banyak ruang yang dapat kita eksplor, salah satunya taman cantik yang memberikan visual Dieng.

Tanaman yang ada sangat berwarna warni, ditambah lokasinya yang bersih membuat kita betah untuk santuy di sini. Viewnya sendiri beuuhhh Dieng emang nggak pernah bikin kita nyesel.

view yang keren
view yang keren. google maps. sumber: Amalia Marina

simak juga: telaga warna

Di sore hari kabut tipis menghiasi kawasan Museum Kaliasa, jadi sebaiknya datang sekitar pukul 9 atau 10an agar dapat lebih lama menikmati koleksi serta pemadangan yang tersaji.

Oh iya, Museum Kaliasa Dieng juga akan memberikan kamu informasi lengkap seputar Dieng. Mulai dari sejarah hingga kehidupan masyarakat Dieng sehari-hari. Bahkan disajikan pula dalam sebuah film, agar pengunjung dapat menyaksikan secara visual.

Saat ini wisata sejarah tidak membosankan, banyak hal seru yang dapat kita lakukan. Seperti ketika mengunjungi Museum Kaliasa Dieng, selain mendapatkan informasi tentang kebudayaan Dieng kita juga dapat menikmati panorama alam yang bikin adem.

Abis itu jangan lupa untuk hunting beberapa foto keren di sekitar Museum Kaliasa Dieng, khususnya di sekitar tamannya yang cantik dan coloufull.

taman yang cantik
taman yang cantik. google maps. sumber: Ratno Tegar

simak juga: kawah sikidang

Penutup

Setelah eskplor Museum Kaliasa Dieng, kamu juga dapat mengunjungi Candi Arjuna, Telaga Warna, Kawah Sikidang ataupun beberapa lokasi wisata yang ada di sekitarnya.

See also  Pantai Nyamplung, Primadona Wisata Keluarga Di Rembang

Leave a Comment