Lembah Tepus, Curug Dan Camping Ground Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga Di Pamijahan Bogor

Lembah Tepus adalah salah-satu mahakarya alam yang cantik di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sebuah air terjun yang berundak-undak dengan kolam utama yang sangat nyaman dan instagramable.

Lembah Tepus juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung. Dan perlu diketahui juga bahwa Lembah Tepus Pamijahan Bogor cocok banget dijadikan tujuan wisata keluarga.

Hal tersebut terkait erat dengan kondisi jalur trekkingnya, serta kondisi di lokasi utama. Namun bukan berarti harus mengabaikan aspek keselamatan ya…

bening banget. google maps. sumber: wish rad

simak juga: curug leuwi hejo

Dan inilah info lengkap wisata Lembah Tepus Pamijahan Bogor yang sudah kami siapkan untuk anda. Pertimbangkan juga faktor cuaca, supaya liburan anda di sana nyaman, dan berkesan.

Table of Contents

Lokasi Lembah Tepus

  • Lokasi Lembah Tepus terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).
  • Alamat Lembah Tepus berada di Pasir Reungit, Gn. Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rute Lembah Tepus

Rute ke Lembah Tepus bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun dengan kendaraan roda empat hingga area parkiran.

Adapun jarak dari Stasiun Bogor (Kecamatan Bogor Tengah) ke Lembah Tepus sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil.

Pengunjung juga bisa menggunakan opsi panduan google maps. Anda tinggal masukan kata Lembah Tepus, ikuti arah menuju Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Lembah Tepus

simak juga: cimory riverside

Setelah sampai di lokasi parkir, maka lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju loket tiket. Setelah itu, lanjutkan perjalanan meniti jalur yang sudah ditentukan.

Seperti yang sudah penulis sampaikan di awal, salah-satu alasan Lembah Tepus Bogor sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga karena jalur trekkingnya yang sudah tertata, tidak terlalu jauh, tidak terjal, dan cukup landai.

Jalur trekkingnya berupa batuan yang tersusun rapih. Hanya saja di sisi jalur tersebut belum dilengkapi dengan pagar pembatas, hingga menuntut para orang tua harus tetap mengutamakan keselamatan.

Di sepanjang jalur trekking suasana alamnya sangat teduh, dan aliran air yang masih terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, jika cuaca cerah akan menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Sebelum tiba di lokasi utama Lembah Tepus Pamijahan, pengunjung akan melewati camping ground. Dan setelah melewati spot tersebut, barulah mata pengunjung akan mulai takjub dengan view Lembah Tepus.

Harga Tiket Masuk Lembah Tepus

  • Tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak Rp. 15.000.
  • Tiket masuk Lembah Tepus Rp. 10.000.
  • Tiket Camping Ground Lembah Tepus Rp. 30.000.
trekking yang sejuk
trekking yang sejuk. google maps. sumber: Aldy Maulana

simak juga: kebun wisata pasir mukti

Para pengunjung juga bisa menyewa tenda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Perlu diketahui bahwa di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak terdapat banyak sekali wisata alam yang recommended untuk dikunjungi, dan tentu saja semuanya sudah kami review secara lengkap.

Jam Buka Lembah Tepus

  • Wisata Lembah Tepus Pamijahan Bogor buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Wisata Lembah Tepus Pamijahan Bogor beroperasional setiap hari.

Fasilitas Lembah Tepus

Fasilitas wisata di Lembah Tepus sudah sangat memadai. Dan bagi anda yang mencari penginapan, bisa memilih opsi untuk menginap di tenda yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola, atau di penginapan Lembah Tepus Bogor.

Adapun fasilitas di Lembah Tepus Bogor adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Camping ground,
  • Gazebo,
  • Warung penjual makanan, dan minuman.
area parkir kendaraan
area parkir kendaraan. google maps. sumber: irfan al-haq

simak juga: cibalung happy land

Daya Tarik Lembah Tepus

Konsep utama dari Lembah Tepus Bogor adalah wisata alam yang instagramable, dan cocok untuk semua usia, alias bisa dijadikan sebagai wisata keluarga.

Konten utamanya berupa air terjun berundak, setidaknya terdapat 4 undakan dengan karakter curug yang berbeda-beda termasuk karakter kolam utamanya.

Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun kolam utamanya menjadi daya tarik tersendiri. Karena kondisinya yang luas, tertata baik layaknya kolam renang.

Selain itu airnya juga jernih, dan di beberapa kolam menyajikan gradasi warna air yang berbeda – beda. Terkadang biru, atau hijau toska.

kolam lembah tapus
kolam lembah tapus. google maps. sumber: Yudi Roheta

simak juga: curug naga

Undakan yang paling populer adalah di tingkatan yang paling atas. Namun sekali lagi penulis wajib menyampaikan untuk selalu hati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan.

Leave a Comment