Kerkhof, Wisata Sejarah Yang Semakin Cantik Dengan Kuliner Malam Di Garut

Kerkhof atau ditulis juga Kerkof artinya kuburan, berasal dari dua suku kata yakni kerk artinya gereja dan hoff yang artinya halaman. Karena memang fungsi awal dari Kerkhof ini ialah sebuah pemakaman atau kuburan.

Kerkhof dari masa ke masa berubah fungsi, mulai dari area pemakaman, lapangan pacuan kuda, dan sarana olahraga. FYI, Kerkhof tidak hanya ada di Garut Saja di daerah lain pun ada seperti di:

  • Cimahi, Jawa Barat.
  • Magelang, Jawa Tengah.
  • Kebumen, Jawa Tengah.
ramai meski bukan malam minggu

Saat ini Kerkhof Garut memiliki fungsi lain selain tempat berolahraga, yakni menjadi sebuah kawasan wisata kuliner malam lengkap dengan hiburan.

Berikut ulasan Wisata Kuliner Malam Kerkhof Garut sebagai bahan referensi wisata kuliner selain Pasar Ceplak Garut yang sudah lama melegenda.

Sejarah Kerkhof Garut

Sebelum membahas lebih jauh tentang wisata kuliner malam di Kerkhof, sebaiknya kamu mengetahui sejarah singkat tentang Kerkhof Garut.

Kerkhof Garut sudah ada sejak lama, yakni diawali di tahun 1923 dengan memiliki luas sekitar 2 hektar berfungsi sebagai lokasi pemakaman orang Belanda atau Eropa.

See also  Pantai Cijeruk Indah, Berburu Sunset Terbaik Di Kabupaten Garut

Kemudian pada tahun 1981, pemerintahan Kabupaten Garut hendak merelokasi ratusan jasad yang ada ke TPU Santiong yang berada di Karangpawitan, Garut. Relokasi makam tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 tahun lamanya.

Kisah sejarah dari Kerkhof Garut ini belum berhenti sampai disitu, pada masa pemerintahan Bupati Hidayat, Kerkhof berubah menjadi lapangan pacuan kuda.

Di tahun 2003, Kerkhof Garut berubah nama menjadi Sarana Olahraga (SOR) Merdeka dan sampai sekarang menjadi tempat berolahraganya warga Garut.

pangung hiburan
pangung hiburan

Lokasi Kerkhof Garut

Lokasi Kerkhof  Garut berada dekat Bunderan Kerkhof, tepatnya di Jl. Merdeka, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jalan menuju Kerkhof Garut sangat mudah dilalui baik dengan menggunakan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran.

Bahkan pengunjung juga bisa mengunakan jasa Angkutan Kota (Angkot). Hampir semua angkot yang ada di Garut akan melewati Kerkhof, kecuali Angkot jurusan Banyuresmi dan Leuwigoong.

Lokasi Lapang Kerkhof Garut dekat dengan Bundaran Leuwidaun / Jayaraga, dan cukup dekat dengan Alun – Alun Kabupaten Garut.

Jam Buka Kerkhof Garut

  • Jam buka Kerkhof setiap hari Senin hingga Minggu
  • Untuk jam operasional Wisata Kuliner Kerkhof sendiri mulai pukul 15.00 sampai dengan 24.00
gerbang masuk wisata kuliner kerkhof
gerbang masuk wisata kuliner kerkhof

Harga Tiket Masuk Kerkhof Garut

Ketika memasuki kawasan Wisata Kuliner Kerkhof kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir saja, yakni:

  • Rp. 2.000,- untuk motor
  • Rp. 5.000,- untuk mobil

simak juga: de wisdom garut

Fasilitas Kerkhof Garut

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Wisata Kuliner Kerkhof diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Wahana permainan anak,
  • Spot foto,
sarana olahraga
sarana olahraga

Daya Tarik Kerkhof Garut

1. Tempat Berolahraga Di Garut

Sesuai dengan fungsinya SOR Merdeka atau Lapangan Kerkhof menjadi tempat berolahraga yang populer di Garut, setiap hari selalu dikunjungi oleh mereka yang hendak berolahraga bahkan sering pula dijadikan lokasi penilaian ujian mata pelajaran olahraga oleh beberapa sekolah.

Apalagi fasilitas olahraga yang ada bisa dibilang lengkap, seperti area untuk latihan memanah, lapangan basket, voli, hingga bermain sepak bola.

Jika datang di hari Minggu keadaan akan sedikit berubah, di beberapa sisi penuh dengan pedagang yang menjajakan barang dagangannya. Seperti makanan, pakaian, aksesoris, hingga hewan peliharaan. Bahkan ada pula beberapa wahana permainan anak berbayar, misalnya mewarnai, dan main mobil-mobilan.

wisata kuliner
wisata kuliner

simak juga: pantai di garut yang mempesona

2. Wisata Kuliner Malam Di Garut

Kuliner saat ini menjadi pilihan wisata, disamping wisata alam maupun wisata sejarah. Tempat-tempat makan dan nonkrong senantiasa ramai pengunjung, apalagi di malam hari.

Kerkhof Garut saat ini berubah menjadi lokasi wisata kuliner malam yang selalu ramai dikunjungi, bukan hanya malam minggu saja apalagi setiap malam pengunjung selalu dihibur oleh lantunan musik live.

Makanan dan minuman yang tersaji pun banyak dan beragam, mau cemilan manis hingga pedas ada, mau makanan ala-ala Eropa hingga Jepang ada, terus cari minuman yang manis sampai kopi juga ada.

Pokoknya lengkap banget deh, waktu kami ke sana kami mencoba untuk memesan cumi bakar dengan saos taichan plus mesen nasi goreng gila. Rasanya enak banget, tapi harganya ramah di kantong.

menu pertama yang kami pilih
menu pertama yang kami pilih

simak juga: kawah di garut

Untuk cuminya sendiri harganya beragam mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 25.000,- tergantung mau ukuran yang kecil atau besar. Sedangkan untuk nasi gorengnya dibandrol Rp. 15.000,- per porsinya.

Tempat duduk yang disediakan banyak, jika hujan tiba nggak perlu khawatir kehujanan karena crew wisata kuliner malam Kerkhof sudah menyediakan payung besar yang akan dipasangkan jika cuaca sudah mulai gerimis.

Disini juga ada wahana permainan anak berupa rumah balon yang letaknya berada di depan pintu masuk. Jadi anak-anak nggak akan bosan sebelum makanan yang dipesan datang. Wahana permainan tersebut dikenakan biaya terpisah ya.

Selain menjadi sebuah tempat nongkrong dan lokasi hunting kuliner di malam hari, kawasan wisata kuliner malam Kerkhof ini juga menyediakan spot foto yang romantis dengan hiasan lampu taman yang teduh.

spot untuk berfoto
spot untuk berfoto

Penutup

Wisata Kuliner Malam Kerkhof dapat menjadi referensi wisata kuliner di Garut, apalagi bukanya hingga tengah malam….

Leave a Comment