Kebun Teh Tambi, Agrowisata Untuk Self Healing Di Wonosobo

Kebun Teh Tambi merupakan sebuah tempat wisata dengan konsep agrowisata yang menyajikan pemandangan sejuk, dan suasana yang tenang juga damai.

Kebun teh di Wonosobo ini merupakan destinasi favorit untuk dikunjungi, jika hari libur atau akhir pekan tiba pasti banyak wisatawan yang datang bukan hanya dari sekitar Wonosobo atau Dieng saja.

view kebun teh tambi yang adem. google maps. sumber: Ari Widoyo

simak juga: wisata alam lubang sewu

Apalagi lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro, tentunya memberikan kita kesejukan udara juga. Mereka yang terbiasa hidup di perkotaan pasti amazed banget, dengan panorama dan juga udaranya.

Minum secangkir kopi ataupun teh hangat di tengah perkebunan kayaknya salah satu cara healing yang paling baik, berikut ulasan dari Kebun Teh Tambi Wonosobo sebagai bahan referensi awal menentukan lokasi berlibur dan juga spot self healing terbaik.

Table of Contents

Lokasi Kebun Teh Tambi

Lokasi Kebun Teh Tambi berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Rute menuju Kebun Teh Tambi jika dari pusat kota Wonosobo ialah dengan menuju Jl. Merdeka untuk terus melanjutkan perjalanan ke Jl. Pangeran Diponegoro kemudian tiba di Jl. Dieng.

Selanjutnya belok kanan ke Jl. Tambi, dan belok kanan kembali untuk tiba di kawasan Agrowisata Perkebunan Teh Tambi. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit jika menggunakan mobil.

Kondisi jalan menuju Kebun Teh Tambi bagus dan sudah beraspal, berkelok-kelok layaknya jalan pegunungan dengan kondisi alam di sekitar yang sangat indah.

wisata alam untuk keluarga
wisata alam untuk keluarga. google maps. sumber: ridwan nurhadi

simak juga: taman rekreasi kalianget

Jam Buka Kebun Teh Tambi

  • Jam buka Kebun Teh Tambi setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulai beroperasi setiap pukul 07.30 sampai dengan 17.00

Namun, pada dasarnya kamu dapat datang kapan saja karena tersedia fasilitas camping groundnya juga.

Tiket Masuk Kebun Teh Tambi

  • Tiket masuk Kebun Teh Tambi sebesar Rp. 10.000,- per orang

Dengan tambahan biaya parkir sebesar:

  • Rp. 2.000,- untuk motor
  • Rp. 5.000,- untuk mobil
cekrek!
cekrek! google maps. sumber: Reni Yunita

simak juga: waduk wadaslintang

Fasilitas Kebun Teh Tambi

Fasilitas wisata yang ada di sekitar kawasan Kebun Teh Tambi diantaranya:

  • Warung makanan dan minuman,
  • Gazebo,
  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Wahana permainan,
  • Camping ground,
  • Spot foto,
  • Coffe shop,
  • Menara pandang,

Daya Tarik Kebun Teh Tambi

1. Pemandangan Yang Sejuk

Daya tarik utama dari Kebun Teh Tambi  tentu saja panorama alamnya yang sangat sejuk dan indah, untuk menyaksikan seluruh keindahan viewnya kamu dapat naik ke menara pandangnya. Disana akan tampak seluruh kawasan permadani hijau yang menyejukkan mata.

jembatan kayu
jembatan kayu. google maps. sumber: Febby Diana Wijaya

simak juga: gunung sikunir

Hijaunya hamparan kebun teh, dipadu dengan birunya langit yang berhiaskan awan putih. Sebuah gradasi warna alam yang amazing banget. Nggak salah jika gardu pandang merupakan spot wajib yang harus kamu datangi.

Jika cuaca sedang cerah dan bersahabat, keindahan Gunung Sindoro dan juga Gunung Sumbing akan tampak sangat jelas, lengkaplah sudah pemandangan di sekitar Kebun Teh Tambi Wonosobo ini.

Jika datang di pagi hari, kamu dapat menyaksikan beberapa petani teh yang sedang memetik daun teh pilihan untuk kemudian diolah di pabrik yang lokasinya pun tak begitu jauh.

FYI, kawasan Kebun Teh Tambi ini sudah ada sejak lama yakni sejak tahun 1865 dengan luas sekitar 830 hektar. Wah,,ternyata usianya udah ratusan tahun ya….

2. Jembatan Kayu

Daya tarik yang ada di Kebun Teh Tambi selanjutnya ialah sebuah jembatan kayu yang cukup panjang. Sesuai dengan namanya, ini adalah jembatan yang terbuat dari kayu dimana posisinya ada di tengah kebun.

Jembatan kayu ini dijadikan akses pengunjung untuk berkeliling di sekitar Kebun Teh Tambi. Karena menghubungkan satu sisi dengan sisi lainnya. Tak sedikit dari pengunjung yang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

ngopi di tengah kebun teh
ngopi di tengah kebun teh. google maps. sumber: Wahyu Budi

simak juga: telaga warna

3. Ngopi Di Tengah Kebun

Ngopi di tengah kawasan perkebunan teh menjadi ragam wisata yang dapat dilakukan di Kebun Teh Tambi. Tempatnya cozy banget, di sore hari spot yang satu ini selalu ramai pengunjung.

Setelah sebelumnya kamu hunting beberapa foto keren di spot foto yang sudah tersedia, asyiknya lagi spot foto yang ada gratis……

4. Camping Area

Buat kamu-kamu yang suka camping, Kebun Teh Tambi menyediakan camping area yang bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan berkemah bersama kawan komunitas.

Menghabiskan waktu semalaman bersama alam, sambil mendengarkan nyanyian alam yang jarang didengar. Dan di pagi hari kamu akan disambut sang mentari yang bersinar dengan sangat lembut.

Hanya saja, kamu harus siap dengan udara dingin yang akan menemanimu. Secara lokasinya berada di lereng gunung dan di ketinggian sekitar 800 hingga 2.000 mdpl.

camping area
camping area. google maps. sumber: Gilang Prastya Lesmana

simak juga: pesona candi arjuna

Selain menginap dengan cara berkemah, kamu juga bisa menyewa beberapa penginapan atau villa yang ada di sekitar kawasan Desa Tambi, Wonosobo.

Leave a Comment