Kawah Sikidang, Wisata Seru Di Sekitar Candi Arjuna

Kawah Sikidang tempat wisata Dieng yang populer dan recommended banget, nggak pernah sepi pengunjung selalu ramai dikunjungi bahkan di hari-hari biasa.

Hal tersebut dikarenakan kawasan Kawah Sikidang nyaman untuk dikunjungi, meski termasuk wisata kawah tapi kesan menyeramkan dan capek nggak ada sama sekali.

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar yang ada di Dieng, sekian banyak tempat wisata Dieng yang dapat dikunjungi nggak ada salahnya untuk eksplor kawasan wisata yang satu ini.

hunting foto keren. google maps. sumber: DP Kresindo

simak juga: wisata tampomas banjarnegara

Selain dapat menikmati kawah dari dekat, kamu juga bisa hunting foto di beberapa spot yang tersedia. Jangan lewatkan untuk berfoto diantara pepohonan yang telah mati, hasilnya pasti keren banget.

Eh iya, tiket masuk Kawah Sikidang sudah termasuk kedalam tiket masuk kawasan wisata Candi Arjuna loh. Jadi buatlah liburanmu semakin seru dengan mengunjungi tempat wisata Dieng yang satu ini.

Berikut deskripsi Kawah Sikidang yang kami persiapkan untuk kamu semua, sebagai bahan referensi wisata untuk dikunjungi di akhir pekan ini.

Table of Contents

Lokasi Kawah Sikidang

  • Letak Kawah Sikidang berada satu komplek dengan kawasan Candi Arjuna
  • Alamat Kawah Sikidang berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Rute Kawah Sikidang yang pertama ialah arahkan kendaraanmu menuju Dieng, dari pusat kota Wonosobo sekitar 59 menit, sedangkan dari Alun-Alun Banjarnegara memakan waktu hampir 2 jam lamanya.

Tak heran jika Kawah Sikidang sering pula disematkan Wonosobo di akhir kalimatnya, meski secara administratif berada di Kabupaten Banjarnegara.

spot foto di kawah sikidang
spot foto di kawah sikidang. google maps. sumber: Sigit Herwanto

simak juga: air terjun sikopel

Jalur menuju Kawah Sikidang dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan bahkan bus sekalipun, apalagi area parkirnya sangat luas.

Jam Buka Kawah Sikidang

  • Jam buka Kawah Sikidang setiap hari Senin sampai dengan Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00

Tiket Masuk Kawah Sikidang

  • Tiket masuk Kawah Sikidang  sebesar Rp. 20.000,-

Fasilitas Kawah Sikidang

Fasilitas wisata yang ada di sekitar Kawah Sikidang diantaranya:

  • Tempat duduk yang banyak,
  • Area parkir yang luas,
  • Jalur pejalan kaki yang nyaman,
  • Kamar mandi,
  • Spot foto,
  • Gazebo,
  • Taman yang cantik,
taman yang cantik
taman yang cantik. google maps. sumber: amin afandi

simak juga: padang savana dieng

Daya Tarik Kawah Sikidang

1. Sejarah Kawah Sikidang

Sejarah Kawah Sikidang merupakan kisah perjodohan antara Ratu Sinta Dewi dengan Pangeran Kidang Garungan, dimana sang ratu meminta untuk dibuatkan sebuah sumur sebagai tanda cinta pangeran sebelum pernikahan berlangsung.

Namun ternyata sang ratu tak berniat tulus menikahi pangeran, karena rupa sang pangeran yang mirip kidang atau rusa. Ketika pangeran sedang membuat sumur, pengawal ratu menguburnya hidup-hidup di sumur yang sedang dibuat.

Dengan sekuat tenaga pangeran berusaha untuk keluar dari sumur tersebut, namun tidak berhasil. Rasa marah yang teramat besar membuat air di sumur tersebut mendidih, hingga jadilah Kawah Sikidang seperti saat ini.

Sejarah atau legenda tersebut memang tak dapat dibuktikan secara ilmiah, karena tidak ada bukti nyata akannya. Meski begitu legenda atau sejarah dari sebuah tempat selalu menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi kamu yang memiliki rasa penasaran yang tinggi.

kawah sikidang
kawah sikidang. google maps. sumber: Badiyah Onde2

simak juga: d’qiano hot spring waterpark

2. Kawah Yang Cantik

Kawah Sikidang tampak semakin lama semakin cantik, dengan penataan yang kekinian dan sangat memanjakan pengunjung yang datang.

Jika dulu untuk mendekati kawah, kamu harus menapaki jalur yang tidak rata dan kadang terkena air berlerang yang mengalir. Kini hal tersebut nggak akan terjadi lagi, karena sudah ada jembatan cantik yang akan mengarahkanmu ke dekat kawah.

Area Kawah Sikidang juga cukup luas yakni sekitar 4 hektar, dan terdapat taman cantik berhiaskan bunga edelweis yang hanya dapat hidup di dataran tinggi saja.

Suasana putih sangat kental terasa, asap tebal di sekitar kawah semakin menegaskan hal tersebut. Oh iya, karena bau belerangnya cukup kuat sebaiknya kamu pake masker ya.

3. Jembatan Kahyangan

Agar tiba di depan Kawah Sikidang, kamu harus berjalan disebuah jembatan cantik yang bernama Jembatan Kahyangan, viewnya kayak lagi di luar negeri gitu.

Udara yang cukup dingin mengharuskanmu memakai jaket atau pakaian hangat lainnya, jika berfoto dengan suasana yang seperti itu lengkaplah sudah vibenya.

jembatan kahyangan
jembatan kahyangan. google maps. sumber: Bapak Anto

simak juga: pesona candi arjuna dieng

Banyak pengunjung yang mengambil kesempatan untuk berfoto di jalur trekking tersebut, di setiap sisi jembatan tersedia beberapa tempat duduk atau gazebo yang dapat kamu manfaatkan untuk bersantai ataupun berfoto.

4. Ragam Wisata di Kawah Sikidang

Banyak hal yang dapat dilakukan ketika berlibur di Kawah Sikidang, selain menikmati keindahan alam yang tersaji kamu juga dapat hunting foto-foto keren di spot yang tersedia. Ragam wisata favorit ketika mengunjungi wisata kawah ialah merebus telur.

Selain itu, jangan lupa untuk eksplor kawasan Candi Arjuna karena memang berada di lokasi wisata yang sama. Dimana di sekitar Candi Arjuna terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Wisata alam plus sejarah yang recommended untuk dituju di sekitar Dataran Tinggi Dieng. Udara sejuk dan pemandangan yang indah, menjadi magnet yang sangat menarik.

Leave a Comment