Gunung Lanang Mergolangu, Wisata Wonosobo Yang Nggak Boleh Dilewatkan

Gunung Lanang Mergolangu ialah tempat wisata alam yang dapat menjadi rujukan mendaki gunung yang mudah, ketinggian puncaknya sekitar 1.100 mdpl.

View Waduk Wadaslintang pun tampak ikut menghiasi panorama di sekitar Gunung Lanang Mergolangu. Salah satu gunung di Jawa Tengah ini memiliki pesonanya tersendiri sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk berlibur di sini.

wisata wonosobo yang indah. google maps. sumber: Heri Susanto

simak juga: batu ratapan angin

Gunung Lanang Mergolangu, tempat wisata alam yang cocok untuk kamu yang penasaran ingin mendaki gunung. Jalur trekkingnya sangat mudah untuk dilalui, dengan jarak yang tak begitu jauh juga.

Wisata Alam Gunung Lanang Mergolangu pun dapat menjadi lokasi self healing, keindahan alam yang tersaji sudah tidak diragukan lagi apalagi ditambah dengan hadirnya beberapa spot foto instagramable.

Berikut ulasan Gunung Lanang Mergolangu sebagai bahan referensi awal berwisata di Wonosobo, Jawa Tengah.

Table of Contents

Lokasi Gunung Lanang

Lokasi Gunung Lanang berada di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Rute menuju Gunung Lanang jika ditempuh dari pusat kota Wonosobo akan menempuh jarak sekitar 33 km, yakni dengan menuju Jl. Merdeka untuk kemudian diteruskan ke Jl. Purnama. Lalu belok kanan ke Jl. Sabuk Alu ketika tiba di Jl. Kyai Muntang belok kiri ke arah Jl. Ajibarang Secang.

spot keren lainnya
spot keren lainnya. google maps. sumber: Jendul Cemara Kebumen Jendul

simak juga: wisata alam lubang sewu

Jalur yang akan dilalui berkelok-kelok, meski begitu dapat dilalui oleh kendaraan apapun. Akses jalannya juga cukup baik, meski tidak selalu mulus.

Jam Buka Wisata Alam Gunung Lanang

  • Jam buka Gunung Lanang Mergolangu setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 06.00 sampai dengan 20.00 waktu setempat

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Gunung Lanang Mergolangu

Tiket masuk Gunung Lanang Mergolangu sebesar Rp. 5.000,- per orang ditambah Rp. 2.000,- untuk parkir motor.

Fasilitas Gunung Lanang Mergolangu

Fasilitas yang ada di sekitar Gunung Lanang Mergolangu diantaranya:

  • Cafe,
  • Toilet,
  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
  • Spot foto,
  • Camping ground,
  • Gazebo,
  • Mushola,
gazebo di puncak gunung lanang
gazebo di puncak gunung lanang. google maps. sumber: inyong w

simak juga: waduk wadaslintang

Daya Tarik Gunung Lanang Mergolangu

1. Trekking Yang Mudah dan Indah

Berwisata ke Gunung Lanang tak lengkap jika tidak menuju puncak, untuk menuju bagian tertingginya kamu harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki atau biasa disebut dengan trekking.

Jalurnya sudah tertata dengan baik, jadi hanya perlu mengikutinya saja. Layaknya naik gunung pada umumnya, jalurnya akan terus menanjak serta tak begitu lebar.

Panorama alam yang tersaji di sepanjang jalur trekking bikin mata jadi adem, pepohonan hijau yang lebat dan tinggi serta beberapa bukit pun tampak ikut menemani.

Sebelum tiba di puncak, kamu harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Jalurnya cukup curam dengan jarak antar tangga yang agak berjauhan. Berhati-hatilah ketika melangkah, karena jalurnya sudah berlumut dan akan sangat licin jika dalam kondisi basah.

Meski cocok untuk pendaki pemula, tetap saja harus menyiapkan kondisi fisik yang prima serta air minum yang cukup sebagai bekal trekking menuju Gunung Lanang Mergolangu.

viewnya keren banget
viewnya keren banget. google maps. sumber: Annisa Maulida

simak juga: batu angkruk

Karena di puncak Gunung Lanang fasilitas yang ada hanyalah sebuah gazebo, spot tepat untuk menikmati keindahan Waduk Wadaslintang serta lukisan alam yang mengagumkan.

Trekking yang melelahkan terbayarkan sudah dengan keindahan alam yang akan disaksikan, memang benar puncak gunung senantiasa memberikan gambaran alam yang tiada batas.

2. Spot Foto Keren

Spot foto di Gunung Lanang berada di sepanjang jalan menuju puncak, kamu dapat beristirahat sejenak sambil mengambil beberapa foto keren sebelum melanjutkan trekking.

Karena spot fotonya berada di ketinggian, harus senantiasa menjaga keselamatan diri ketika berfoto ya. Apalagi ketika hendak mengambil gambar di spot yang berupa jalan karena sama sekali tidak ada pagar pembatasnya.

3. Ragam Wisata Gunung Lanang Mergolangu

Selain mendaki puncak, banyak ragam wisata lain yang dapat dilakukan ketika berwisata di Gunung Lanang Mergolangu. Beberapa diantaranya:

  • Beramin flying fox,
  • Camping,
  • Self healing sambil minum kopi,
  • Menikmati panorama sang surya baik sunrise maupun sunset.
bersantai di wisata gunung lanang
bersantai di wisata gunung lanang. google maps. sumber: aris purnomo

simak juga: tuk bima lukar

Wisata Gunung Lanang Mergolangu merupakan spot yang tepat untuk bersantai bersama keluarga, tersedia banyak tempat duduk sebagai lokasi bersantai sambil menikmati sajian makanan atau minuman.

Hunting foto juga bisa, karena terdapat beberapa spot yang latarnya keren banget. Pokoknya sayang untuk dilewatkan, siapkan saja gaya terbaikmu!

Penutup

Mitos Gunung Lanang Mergolangu menjadi daya tarik tersendiri, meski tak ada bukti yang nyata akannya. Berwisata ke Gunung Lanang Mergolangu dapat menjadi destinasi wisata recommended untuk dikunjungi.

Leave a Comment