Curug Sirawe, Hidden Gem Unik Di Banjarnegara

Curug Sirawe salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Banjarnegara, tepatnya di Kecamatan Batur. Dengan memiliki daya tarik yang sangat unik, serta lokasinya yang berada di kawasan lembah.

Hidden Gem atau surga tersembunyi layak disematkan ke Curug Sirawe, air terjun memang selalu mendapat perhatian tersendiri di hati penikmat wisata alam.

Kabupaten Banjarnegara memiliki cukup banyak wisata curug atau air terjun yang dapat kamu kunjungi, hampir semuanya berada di lokasi yang masih tersembunyi.

curug sirawe. google maps. sumber: Doel Klawu

simak juga: curug pitu

Meski membutuhkan effort yang melelahkan, tapi kecantikan air yang turun di atas tebing yang tinggi menjadi pengobatnya.

Berikut ulasan Air Terjun Curug Sirawe sebagai bahan referensi awal spot wisata alam tersembunyi di Banjarnegara untuk dieksplor di akhir pekan ini.

Lokasi Curug Sirawe

Lokasi Curug Sirawe berada di alamat Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

See also  Golden Park Guci, Dari Rainbow Slide Hingga Glamping Cantik Di Tegal

Rute menuju Curug Sirawe dari pusat kota Banjarnegara cukup jauh dan memakan waktu 1 jam lebih dengan jarak tempuh sekitar 48 km. Yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Jl. Raya Wanayasa – Dieng.

Jika kamu sedang berada di sekitar D’Qiano Waterpark ataupun Kawah Sileri, jarak ke Curug Sirawe sangat dekat yakni sekitar 2 km. Akses jalannya tidak semua beraspal, lebih baik menggunakan motor agar bisa sat set sat set….

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: putrabatangcity Ahmad

simak juga: kawah sikidang

Jam Buka Curug Sirawe

  • Jam buka Curug Sirawe setiap hari Senin sampai dengan Minggu selama 24 jam nonstop

Harga Tiket Masuk Curug Sirawe

  • Tiket masuk Air TerjunCurug Sirawe gratis

Fasilitas Curug Sirawe

Fasilitas yang tersedia di sekitar Curug Sirawe masih minim, tapi kebutuhan area parkir sudah ada.

kolam pemandian air panas sirawe
kolam pemandian air panas sirawe. google maps. sumber: Ahmadi 82

simak juga: air terjun sikopel

Daya Tarik Curug Sirawe

1. Trekking Curug Sirawe

Trekking menuju Curug Sirawe sangat indah, dimana kamu akan melalui jalan setapak diantara perkebunan milik warga ditambah view perbukitan yang bikin mata jadi adem.

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari trekking Curug Sirawe ini, meski jauh dan cukup melelahkan lukisan alam yang tersaji seakan menyemangati agar kita tidak pantang menyerah.

Akses menuju Curug Sirawe tidak ada petunjuk jalan, maka sebaiknya berangkat bersama mereka yang pernah mengunjungi atau minta ditemani oleh warga sekitar.

Datanglah di pagi hari saat cuaca sedang cerah, karena jalur yang dilalui tertutup oleh tumbuhan dan rumput ilalang yang tinggi. Oleh sebab itu Curug Sirawe disebut sebagai sebuah air terjun tersembunyi.

Di pertengahan trekking akan mendapati sebuah gazebo sederhana yang dapat kamu manfaatkan untuk beristirahat. Di pos tersebut dua buah Air Terjun Sirawe sudah nampak terlihat.

lebih dari 1 air terjun
lebih dari 1 air terjun. google maps. sumber: Afif Riyan

simak juga: d’qiano hot spring waterpark

Jalur trekking yang dilalui berupa jalan setapak, menurun dan menanjak akan kamu lalui. Selain itu sebelum tiba di depan Curug Sirawe harus melewati aliran sungai terlebih dahulu.

Estimasi perjalanan atau trekking menuju Curug Sirawe dari lokasi parkir sekitar 1 hingga 1,5 jam tergantung pada masing-masing pengunjung, bisa kurang bahkan lebih.

2. Hidden Gem Yang Unik

Air Terjun Curug Sirawe bisa dibilang merupakan anugerah Tuhan yang sangat luar biasa, selain alam di sekitarnya yang masih asri juga kondisi airnya yang terdiri dari air terjun yang hangat dan air terjun dingin.

Tentu saja keberadaan air terjun hangat sangat jarang kita jumpai, apalagi ini lokasinya berdampingan meski tidak berdekatan. Banyak pengunjung yang menjadikan air terjun panas sebagai spot pertama yang dikunjungi.

Kondisi aliran airnya deras, hingga terpaan air dan anginnya begitu terasa. Di bawahnya terdapat kolam alami yang tak begitu besar namun dapat dimanfaatkan untuk bermain air.

Airnya hangat dan berasal dari mata air alami, alam di sekitarnya dihiasi pepohonan yang masih rindang. Berendam dengan suasana yang seperti ini kayaknya nggak dapat kamu rasakan setiap saat.

bermain air curug sirawe
bermain air curug sirawe. google maps. sumber: krpe Rifq

simak juga: museum kaliasa

Lelahnya trekking terbayarkan sudah, self healing di air terjun hangat dapat menghilangkan rasa lelah di raga maupun jiwa.

Ada tiga buah air terjun yang dapat kamu nikmati di sekitar Curug Sirawe, dua air terjun lokasinya berada di bagian atas dan yang satunya lagi berada di bagian bawah.

3. Pemandian Air Panas Toya Bira

Di sekitar Curug Sirawe terdapat sebuah pemandian air panas, tepatnya di bagian atas curug. Tiket masuknya sekitar Rp. 5.000,- Per orang.

Terdiri dari dua buah kolam dengan kedalaman yang cukup dangkal, fasilitas yang ada di sekitar Pemandian Air Panas Sirawe juga sudah lengkap.

Lokasinya cukup luas, sebelum atau sehabis berendam jangan lewatkan untuk bersantai sambil menyaksikan pemandangan. Jika menggunakan drone, akan tampak Curug Sirawe dengan pesonanya.

Leave a Comment