Curug Putri Brebes, Dengan Tebing Unik Yang Cantik

Satu lagi curug tersembunyi yang ada di kota telor asin, namanya Curug Putri. Sekilas namanya cukup sering didengar, karena memang dipakai oleh beberapa curug lainnya seperti:

  • Curug Putri yang ada di Batang,
  • Curug Gunung Putri di Purworejo,
  • Curug Putri Kencana di Bogor,
  • Curug Putri Palutungan di Kuningan,

Setiap curug atau air terjun di atas memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu pun dengan Curug Putri yang ada di Brebes. Tak jauh beda seperti Curug Awu, lokasi dari Curug Putri Brebes ini juga tersembunyi dan diantara pematang sawah.

curug putri brebes. google maps. sumber: Panca Urip Purwoko

simak juga: curug awu

Hal yang tersembunyi biasanya mengagumkan, penasaran? Simak deh ulasan dari Curug Putri Brebes berikut ini, sebagai bahan referensi wisata untuk kamu para pecinta self healing.

Lokasi Curug Putri Brebes

Lokasi dari Curug Putri Brebes berada di Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

See also  Review Nanatsu no Taizai Season 2 Imashime no Fukkatsu – UPDATE PARA GAMERS

Rute menuju Curug Putri Brebes jika berangkat dari pusat kota Brebes ialah dengan menuju Jl. Slamet, kemudian belok kiri ke Jl. Wahid Hasyim.

Teruslah melaju agar tiba di Jl. Raya Jatibarang, belok kanan ke Jl. Abimanyu, arahkan kendaraanmu untuk berada di Bumijaya. Akses jalannya tidak begitu lebar, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua.

Lokasi Curug Putri Brebes lumayan jauh dari pusat kota, yakni sekitar 50 km dengan waktu tempuh hampir 2 jam. Mungkin itulah yang menyebabkan pengunjung yang datang tidak begitu banyak.

jangan lupa untuk berfoto
jangan lupa untuk berfoto. google maps. sumber: Ahmad Syifa M

simak juga: agrowisata kaligua

Jam Buka Curug Putri Brebes

Jam buka Curug Putri Brebes setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop

Harga Tiket Masuk Curug Putri Brebes

Tiket masuk Curug Putri Brebes belum ditetapkan secara resmi alias gratis, karena pengelolaan yang belum maksimal. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir seikhlasnya, itupun jika ada yang menjaga.

Fasilitas Curug Putri Brebes

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Curug Putri Brebes belum terlalu banyak, hanya ada sebuah kursi sederhana yang terbuat dari bambu serta ada warung yang tidak selalu buka.

Mungkin hanya buka di akhir pekan atau hari libur, disaat banyak pengunjung yang berwisata ke Curug Putri Brebes ini. So, untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Putri Brebes sebaiknya menyiapkan makanan dan minuman dari rumah.

hulang healing bareng bestie
hulang healing bareng bestie. google maps. sumber: Dani Setiawan

simak juga: kalibaya park

Daya Tarik Curug Putri Brebes

1. Trekking Diantara Pematang Sawah

Berjalan kaki di alam terbuka atau bahasa kerennya trekking, merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum akhirnya tiba di Curug Putri Brebes.

Trekking yang dilakukan tak begitu sulit, malah pemandangan yang tersaji selama perjalanan keren banget. View utamanya ialah pematang sawah yang luas, dan kamu pun akan menyusuri jalur di tengah sawah.

Jalurnya hanya dapat dilalui oleh satu orang saja, nggak perlu khawatir kesasar karena sudah tersedia petunjuk jalan. Waktu tempuh hingga tiba di Curug Putri Brebes sekitar 10 menit, tapi kembali lagi pada masing-masing individu.

Setelah hamparan sawah berakhir, dilanjutkan dengan trekking menurun dengan tumbuhan warna-warni di sepanjang jalan. Curug Putri Brebes sudah dapat terlihat, suara deburan airnya pun sudah mulai terdengar.

jalur trekking mendekati curug
jalur trekking mendekati curug. google maps. sumber: alif jangkar jayadi

simak juga: ciblon waterboom

2. Curug Cantik Dengan Tebing Unik

Ketinggian Curug Putri Brebes cukup tinggi, keindahan alam yang tersaji mengagumkan hingga cocok untuk dijadikan lokasi hulang – healing atau self healing. Aliran airnya lebih lebar jika dibandingkan dengan Curug Awu.

Di bawahnya terdapat sebuah kolam alami, yang biasa digunakan untuk tempat bermain air dan merasakan segarnya air yang turun dari atas. Tapi hati – hati ya, jangan berada tepat di bawah aliran airnya.

Yang paling unik dari Curug Putri Brebes ialah tebing batu di sekitarnya yang sangat unik, berundak – undak seperti hasil pahatan. Padahal undakannya terbentuk secara alami.

tebing yang unik
tebing yang unik. google maps. sumber: muhamad sahrul78

simak juga: pemandian air panas tirta husada

Penutup

Alam memang senantiasa mempunyai cara tersendiri untuk menyenangkan kita, so mari kita jaga alam di sekitar agar alam pun senantiasa menjaga kita.

Leave a Comment