Curug Pitu, Air Terjun Tujuh Tingkat Di Banjarnegara

Curug Pitu adalah satu dari sekian air terjun yang ada di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. FYI, kabupaten yang satu ini ternyata memiliki cukup banyak wisata curug, misalnya saja:

  • Curug Sirawe Batang,
  • Curug Muncar,
  • Curug Mrawu,
  • Air Terjun Sikopel,
  • Dan Air Terjun Curug Pitu itu sendiri.

Untuk kamu penikmat wisata curug wajib banget untuk eksplor keseruan berlibur dengan mengunjungi beberapa air terjun di atas.

berfoto di depan curug. google maps. sumber: Ryzka Pratama

simak juga: padang savana dieng

Air terjun merupakan salah satu destinsi wisata alam yang sering dijadikan rujukan tempat hulang-healing hingga camping. Hanya sang pemberanilah yang rela trekking jauh-jauh demi menikmati keindahan air yang mengalir di ketinggian.

Eits, tapi tidak dengan Curug Pitu Banjarnegara dimana ada satu lokasi curug yang dapat dinikmati tanpa trekking jauh dan melelahkan. Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu semua!

Daya Tarik Curug Pitu

1. Dekat Area Parkir

Untuk menuju Air Terjun Curug Pitu dari loket tiket masuk teruslah melaju di jalan yang sangat bersih dengan hiasan pepohonan rindang di kiri dan kanannya.

Aksesnya sangat mudah untuk dituju, dan tertata dengan baik ditambah jaraknya yang tak begitu jauh. Terdapat beberapa gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai.

See also  Air Terjun Kabut Pelangi, Pesona Keindahan Alam di Kaki Gunung Semeru
jalur trekking yang bersih
jalur trekking yang bersih. google maps. sumber: utis sutisna

simak juga: air terjun sikopel

Estimasi waktunya hanya sekitar 5 hingga 10 menit saja, hingga kamu dapat membawa serta anak-anak untuk berlibur di Air Terjun Curug Pitu.

2. Pesona Tujuh Air Terjun

Curug Pitu merupakan sebuah air terjun yang memiliki tujuh tingkatan, dan yang senantiasa dikunjungi pengunjung ialah tingkatan yang ketujuh. Pitu sendiri memiliki arti tujuh, berasal dari bahasa Jawa.

Menggambarkan kondisi dari air terjun ini yang terdiri dari tujuh tingkatan, dimana semakin ke atas effort yang dibutuhkan semakin besar.

Jarak dari satu curug ke curug yang lainnya berkisar antara 20 hingga 50 meter, dengan jalur trekking yang cukup menguras tenaga. Jadi tingkatannya dimulai dari atas ke bawah, untuk menuju tingkatan yang di atas kamu harus trekking di jalur yang terus menanjak.

curug pitu
curug pitu. google maps. sumber: Suyit Yitno

simak juga: wisata tampomas banjarnegara

Ketinggian di curug yang ketujuh ini sekitar 30 meter dengan bentuk yang berundak-undak seperti sebuah tangga, jika airnya sedang deras akan tampak bergelombang.

Tebing batu hitam tersebut tampak serasi dipadukan air yang putih bersih serta tanaman hijau yang tumbuh dengan subur di sekitarnya.

Kolam alami yang berada di bawahnya pun dapat kamu manfaatkan sebagai lokasi untuk bermain air, kedalamannya pun cukup dangkal hingga banyak pengunjung yang mencoba bermain air di sekitar Curug Pitu.

Hanya saja debit air Air Terjun Curug Pitu sangat tergantung pada musim, jika musim hujan airnya deras namun jika musim kemarau akan berbeda.

Lokasi Curug Pitu

Lokasi Air Terjun Curug Pitu berada di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

main air air terjun curug pitu
main air air terjun curug pitu. google maps. sumber: Bryan A

simak juga: kawah sikidang

Rute menuju Air Terjun Curug Pitu dari Alun-Alun Banjarnegara hanya memakan waktu kurang dari 20 menit, yakni dengan menuju Jl. Jenderal Ahmad Yani lalu di benduren jalan ambil arah ke Jl. Campur Salam.

Terus saja melaju di jalur yang tersedia hingga akhirnya menemukan lokasi dari Curug Pitu itu sendiri. Kondisi jalannya bagus, hanya saja tak begitu lebar.

Jam Buka Curug Pitu

  • Jam buka Curug Pitu mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00
  • Beroperasional setiap hari Senin hingga Minggu

Harga Tiket Masuk Curug Pitu

  • Tiket masuk Curug Pitu hanya sebesar Rp. 4.000,- saja perorangnya
area parkir curug pitu
area parkir curug pitu. google maps. sumber: Novita Rinusara

simak juga: surya yudha park

Fasilitas Curug Pitu

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Curug Pitu diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Gazebo.

Leave a Comment