Curug Gongseng, Spot Lain Di Desa Wisata Cibuntu

Curug Gongseng lokasi wisata lain ketika berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu, desa tersebut merupakan kebanggaan warga Kuningan. Secara pernah meraih predikat Desa Wisata Terbaik ke lima di ASEAN untuk bidang homestay.

Mengenai keindahan Desa Wisata Cibuntu sudah kami bahas di artikel yang berbeda. Dan Curug Gongseng menjadi titik wisata lain yang nggak boleh dilewatkan.

Keindahan dari Desa Wisata Cibuntu ini juga nggak kalah indah, lingkungan alamnya masih asri dan terawat dengan baik. Tak heran jika sering dijadikan lokasi berlibur bareng keluarga ataupun lokasi untuk mengadakan kegiatan lainnya.

liburan seru di desa wisata cibuntu. google maps. sumber: Djo Coffee

simak juga: desa wisata cibuntu

Berikut kami sampaikan deskripsi atau gambaran dari Curug Gongseng itu sendiri, sebagai bahan referensi wisata kamu ketika berada di Desa Cibuntu, Kuningan.

Lokasi Curug Gongseng

  • Lokasi Curug Gongseng berada di kawasan Desa Wisata Cibuntu
  • Alamat Curug Gongseng di Dusun Secatahu, Desa Cibuntu, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
See also  Curug Putri Brebes, Dengan Tebing Unik Yang Cantik

Rute menuju Curug Gongseng dari pusat kota Kuningan dengan menuju Jalan Aria Kamuning lalu belok kiri agar tiba di Jalan Veteran.

Selanjutnya belok kanan agar tiba di Jalan Ajid, belok kiri ke Jalan Syeh Maulana Akbar teruslah melaju di Jalan DR. Moch, Hatta. Ikuti jalan Cirea – Pasawahan. Dari gerbang Desa Wisata Cibuntu belok ke kiri.

Akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun, baik kendaraan kecil maupun kendaraan besar hingga ke area parkir kendaraan.

jangan lupa berfoto
jangan lupa berfoto. google maps. sumber: Dwi Sri Tiara

simak juga: talaga surian camp park

Jam Buka Curug Gongseng

  • Jam buka Curug Gongseng mulai pukul 08.00 hingga 16.00
  • Beroperasi setiap hari Senin sampai Minggu

Untuk hari Jumat tutup

Harga Tiket Masuk Curug Gongseng

Tiket masuk Curug Gongseng sebesar Rp. 5.000,- per orang

fasilitas di depan curug
fasilitas di depan curug. google maps. sumber: Djo Coffee

simak juga: bumi perkemahan ipukan

Fasilitas Curug Gongseng

Fasilitas wisata yang ada di sekitar kawasan Curug Gongseng diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Gazebo atau saung,

Daya Tarik Curug Gongseng

1. Trekking Yang Mudah

Hal yang lumrah jika hendak berlibur ke curug atau air terjun adalah harus melakukan trekking atau berjalan di alam terbuka terlebih dahulu. Begitupun ketika hendak mengunjungi Curug Gongseng, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu.

trekking menuju curug gongseng
trekking menuju curug gongseng. google maps. sumber: Ummu Fadli

simak juga: bumi perkemahan palutungan

Poin plusnya trekking yang dilalui terbilang mudah, bahkan bisa dilalui oleh anak-anak dan jaraknya pun tak begitu jauh. Ditambah lagi jalur trekkingnya adem, karena hiasan pepohonan hijau sejauh mata memandang.

Jalurnya sudah bagus dan tertata dengan baik, mulai dari lokasi awal trekking hingga area curugnya. Setelah melalui jalur yang datar, kemudian kamu diharuskan menapaki beberapa anak tangga.

Tangganya memang cukup panjang, namun Curug Gongseng sebentar lagi akan kamu dapati. Bahkan bagian atas curugnya sudah terlihat.

2. Curug Yang Indah

Tinggi dari Curug Gongseng sekitar 20 meteran, mengalir lewat tebing batuan andesit yang cantik berwarna hitam serasi dengan aliran airnya yang berwarna putih.

Memang tak begitu besar layaknya Curug Cisurian yang ada di Buper Ipukan, namun tetap tampak cantik dan anggun. Di bawahnya ada sebuah kolam penampungan air terjunnya yang cukup untuk bermain air.

Kolamnya berbentuk bulat, kedalamannya hanya sekitar pinggang orang dewasa. Aman banget untuk dijadikan spot bermain air, bahkan mendekati aliran air terjunnya. Untuk menghindari air kolam yang keruh, sebaiknya hindari lebih banyak orang dalam waktu bersamaan.

curug gongseng
curug gongseng. google maps. sumber: Ananda Haidar

simak juga: curug cisurian

Tak jauh dari Curug Gongseng terdapat beberapa gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati makanan yang sudah kamu siapkan dari rumah.

Penutup

Setelah puas eksplor keindahan Curug Gongseng, tak ada salahnya untuk bersantai sejenak menikmati suasana alam yang indah dan damai di kawasan Desa Wisata Cibuntu ini. Untuk kamu yang mau nginep juga bisa banget.

Leave a Comment