Curug Genting Banjarnegara, Eksplor 3 Air Terjun Dalam Satu Waktu

Curug Genting a.k.a Curug Merawu, ialah tujuan wisata air terjun di Banjarnegara lainnya yang sayang banget untuk dilewatkan. Mengapa Curug Merawu terkadang disebut pula Curug Genting?

Hal tersebut dikarenakan lokasi dari kedua air terjun ini berdekatan, namun tak banyak pengunjung yang tahu bahwa ada tiga buah air terjun di Kecamatan Pejawaran ini. Yupz 3 air terjun dapat kamu eksplor dalam satu waktu ketika berlibur di sini.

curug genting. google maps. sumber: Putri Sulung

simak juga: curug sirawe

Bener-bener surga bagi penikmat air terjun, kondisi alam yang masih asri ditambah air terjun yang jumlahnya lebih dari satu wajib banget untuk dikunjungi.

Setelah sebelumnya nativeindonesia.com mengulas beberapa air terjun tersembunyi di Banjarnegara lainnya, saatnya kami membahas daya tarik dan pesona dari Curug Genting atau Curug Merawu ini.

Trekking Diantara Hijaunya Alam

Wisata air terjun biasanya diawali dengan melakukan perjalanan di alam terbuka (trekking) terlebih dahulu, jauh dan susahnya medan trekking tak membuat para pengunjung gentar.

Apalagi jika jalur trekkingnya berada diantara hijaunya alam seperti perjalanan yang akan kamu lewati ketika hendak menuju Curug Genting.

See also  Pemandian Tirtosari View, Destinasi Wisata Alam Keluarga di Lumajang

Berupa jalur setapak, di kiri jalan tebing dan di sebelah kanannya area pesawahan dan perkebunan milik warga, Sungai Merawu, serta kawasan perbukitan. Hati-hati ketika melangkah, apalagi disaat kondisinya sedang basah karena akan sangat licin.

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: A DhieN

simak juga: curug pitu

Jarak yang akan ditempuh tak begitu jauh, terus saja melaju di jalur setapak tersebut hingga akhirnya kamu tiba di depan Curug Genting.

Daya Tarik Curug Genting

1. Curug Genting

Yang pertama akan kamu temui ialah sebuah air terjun yang memiliki tinggi sekitar 70 meter, dengan aliran air yang deras, bersih, dan dingin. Hempasan angin dan air menjadi satu, menyapu wajah hingga badanmu ketika mendekatinya.

Suasananya sangat tenang, suara aliran air terjun satu-satunya yang masuk ke pendengaran. Ada sebuah gazebo di depan curug, yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai.

Dekat area Curug Genting ada sebuah tanah datar yang dapat dimanfaatkan untuk spot bersantai selanjutnya. Pemandangan yang tersaji benar-benar menakjubkan.

curug air panas
curug air panas. google maps. sumber: SOBOMANCING_ PREDATOR2000

simak juga: air terjun sikopel

2. Air Terjun Air Panas

Jika terus melaju di jalur setapak, kamu akan mendapati aliran air yang mengalir di sebuah tebing berundak berwarna orange atau kecokelatan.

Uniknya lagi, air yang dialirkannya ialah air panas. Mungkin warna tebing yang kecokelatan merupakan efek kandungan belerang yang dialirkan.

Air terjun panas yang satu ini berada diantara perkebunan atau ladang milik warga, beruntung banget ya warga desa yang dapat menikmatinya setiap saat.

Cobain deh untuk bermain air di sini, hati-hati ketika naik ke atas tebingnya ya. Tebingnya bisa didaki karena tidak tinggi seperti Curug Genting.

3. Curug Merawu

curug mrawu
curug mrawu. google maps. sumber: Dendy Nur Firmansyah

simak juga: padang savana dieng

Air terjun yang terakhir bernama Curug Merawu, lokasinya lebih tersembunyi. Hal tersebut membuktikan bahwa curug ini bener-bener amazing banget.

See also  Telaga Bedakah, Wisata Keluarga di Wonosobo Yang Romantis

Aliran airnya lebih deras  daripada Curug Genting, tingginya sekitar 50 meter. Semakin ke bawah kondisi aliran airnya semakin melebar, langsung menuju aliran air yang berada di depannya.

Kondisi di sekitar Curug Merawu masih sangat alami, bebatuan tersebar diantara aliran airnya serta tumbuhan lebat ikut menghiasi di sisi dan kanan air terjun.

Lokasi Curug Genting

Curug Genting dekat dengan Curug Merawu, berada di Dusun Bliken, Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

mencoba air terjun panas
mencoba air terjun panas. google maps. sumber: rifai anan

simak juga: kawah sikidang

Rute menuju Air Terjun Curug Genting dari pusat kota Banjarnegara akan menempuh jarak sekitar 33 km, ialah dengan menuju Jl. Dipayuda, lalu belok kiri ke Jl. Mayjend Soetojo.

Ketika tiba di Pasar Gripit beloklah ke kiri, kemudian kamu pun akan melewati Pasar Beji belok kanan untuk melaju di Jl. Desa Beji. Lanjutkanlah perjalanan hingga akhirnya tiba di lokasi parkir Curug Genting.

Jam Buka Curug Genting

  • Jam buka Curug Genting setiap hari Senin sampai dengan Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 17.00

Harga Tiket Masuk Curug Genting

  • Tiket masuk Curug Genting sebesar Rp. 5.000,- per orang
spot nongkrong terbaru
spot nongkrong terbaru. google maps. sumber: Ninung Utomo

simak juga: wisata tampomas banjarnegara

Fasilitas Curug Genting

Fasilitas yang ada di Curug Genting memang belum banyak dan memadai, akan tetapi fasilitas seperti area untuk menyimpan kendaraan dan gazebo sudah ada. Bahkan ada spot untuk kita bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau teh panas.

Leave a Comment