Bukit Panenjoan Salem, Amazing View Di Brebes

Bukit Panenjoan Salem berada di ketinggian sekitar 850 mdpl, dengan sajian alam yang indah dan cantik. Lebih dari 50 persen kamu dapat melihat seluruh wilayah Salem di sini.

Tenang dan damai itulah yang dapat dirasakan, pas banget untuk dijadikan lokasi hulang – healing. Tempat wisata Brebes yang satu ini memang tidak memiliki banyak spot wisata, tetapi pengunjung selalu berdatangan.

Bukan hanya Bukit Panenjoan Salem saja wisata bukit yang ada di Kabupaten Brebes, Bukit Baper yang ada di Kecamatan Sirampog pun memiliki keindahan yang hampir sama.

spot terbaik menikmati alam. google maps. sumber: Fauzi Yusuf

simak juga: curug putri brebes

Hanya saja, sungguh sangat disayangkan kondisi Bukit Baper saat ini berbeda dengan beberapa tahun ke belakang. Banyak spot foto yang sudah tidak aman bahkan rusak.

Itulah yang menjadi kendala sebuah tempat wisata alam, jika tidak dirawat dengan baik maka akan lekang oleh waktu yang tersisa hanyalah lukisan alam yang tetap abadi.

Berikut deskripsi atau gambaran dari Bukit Panenjoan Salem sebagai bahan referensi wisata alam di Brebes untuk dikunjungi akhir pekan atau liburan nanti.

Table of Contents

Lokasi Bukit Panenjoan Salem

Lokasi Bukit Panenjoan Salem beralamat di Dukuh Babakan, Wanoja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rute menuju Bukit Panenjoan Salem jika ditempuh dari pusat kota Brebes ialah dengan menuju Jl. Slamet lalu belok kanan ke Jl. Prof. M. Yamin. Kemudian belok kiri ke Jl. Raya Pantura untuk terus melaju dan tiba di Jl. Raya Banjarharjo – Salem.

Jarak tempuhnya sekitar 60 km, dengan kondisi jalan mendekati Panenjoan Salem cukup berkelok. Hingga pastikan kondisi kendaraanmu prima, dan selalu berhati-hatilah ketika berkendara.

lukisan alam yang indah
lukisan alam yang indah. google maps. sumber: Riyadi Tarabalaga

simak juga: pasir gibug

Jam Buka Bukit Panenjoan Salem

Jam buka Bukit Panenjoan Salem setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam penuh

Harga Tiket Masuk Bukit Panenjoan Salem

Tiket masuk Bukit Panenjoan Salem tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya kamu sudah dapat menikmati semua fasilitas yang disajikan.

Fasilitas Bukit Panenjoan Salem

Fasilitas wisata yang ada di sekitar kawasan Bukit Panenjoan Salem diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Spot foto,
  • Mushola,
hammock an bareng
hammock an bareng. google maps. sumber: donny tumbu prisakti

simak juga: kalibaya park

Daya Tarik Bukit Panenjoan Salem

1. Amazing View

Berwisata ke sebuah bukit tentu saja yang ingin dinikmati ialah panorama alamnya, ketika menginjakkan kaki di Bukit Panenjoan Salem ini udara yang sejuk dan suasana yang tenang dapat langsung terasa.

Di puncak bukit sudah tersedia beberapa tempat duduk yang mengarah langsung ke lukisan alam yang cantik, waktu yang tepat ialah ketika cuaca sedang cerah sehingga pegunungan, perbukitan, dapat terlihat secara jelas.

Meski kamu datang di siang hari nggak akan ngerasa panas, karena Bukit Panenjoan Salem dikelilingi pepohonan tinggi yang seakan menghalangi panasnya cahaya sang mentari.

amazing view
amazing view. google maps. sumber: agie zajuli

simak juga: agrowisata kaligua

2. Camping Ground Yang Sejuk

Bukit Panenjoan Salem juga dapat dijadikan lokasi camping dan menghabiskan waktu bersama alam, suara alam yang menenangkan akan menemanimu sepanjang malam. Selain itu city light Salem pun menjadi background alam yang tak kalah indahnya.

Seru-seruan berkumpul bersama dengan bermain gitar, dan santuy di atas hammock merupakan beberapa ragam wisata yang dapat dilakukan. Recharge jiwa dan raga mu secara maksimal, dan melupakan segala rutinitas yang menjemukkan.

3. Spot Foto Keren

Spot foto saat ini menjadi pemanis dari setiap tempat wisata, tak lengkap rasanya jika tempat wisata tidak menyediakan lokasi untuk berfoto. Bukit Panenjoan Salem menyediakan tempat untuk berfoto yang menyajikan view alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Terdapat beberapa spot foto yang wajib untuk kamu coba, siapkan gaya dan kamera pun dengan baik. Oh iya, untuk menikmati semua spot foto yang ada kamu nggak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

berfoto bersama alam
berfoto bersama alam. google maps. sumber: agil fatchuroji

simak juga: mangrove brebes

Penutup

Indahnya alam memang tampak sempurna jika digabungkan dengan beberapa spot foto atau spot wisata, pengunjung pun harus ikut menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak merusak alam.

Leave a Comment