Alun – Alun Rembang, Pesona Ikonik Di Pesisir Pantai Utara

Alun – Alun Rembang yang ada saat ini penataannya belum 100%. Di tahun 2023 akan kembali dilakukan penataan kawasan tersebut hingga menjadi tempat yang patut dibanggakan oleh masyarakat Rembang.

Alun – Alun Rembang atau alun – alun yang ada di daerah manapun ternyata selalu menjadi tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan, dan murah meriah.

alun alun rembang. google maps. sumber: Nasirullah Sitam

Maka jangan heran jika saat ini hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia berusaha mempercantik alun-alun sehingga tampil sebagai destinasi wisata keluarga yang kekinian.

Penulispun sering menyatakan di setiap tulisan yang bertemakan alun – alun bahwa tempat tersebut juga menjadi ikon, gambaran sekaligus citra diri sebuah daerah terutama penilaian dari orang yang datang dari luar.

Begitupun dengan Alun – Alun Kabupaten Rembang. Tempat tersebut memiliki kekhasan yang berbeda dengan daerah-daerah lain. Yaitu pesona ikonik di pesisir pantai utara.

Dan inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda.

Simak juga: Pulau Gede, Wisata Rembang Serasa Miliki Pribadi

Lokasi Alun – Alun Rembang

Lokasi Alun – Alun Rembang berada di alamat Jl. Jend. Sudirman, Desa Kutoharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Simak juga: Pulau Karang Gosong, Pulau Karang Cantik Di Pantai Caruban

Rute Alun – Alun Rembang

alun alun kabupaten rembang
alun alun kabupaten rembang. google maps. sumber: Asam paiZ Bisa

Seperti yang tertera di judul utama bahwa Alun – Alun Kabupaten Rembang adalah pesona di pesisir pantai utara, hal tersebut dikarenakan lokasinya yang tidak jauh dari area pantai.

See also  Golden Park Guci, Dari Rainbow Slide Hingga Glamping Cantik Di Tegal

Bahkan pantai – pantai yang populer dan hits di Rembang semuanya berdekatan, misalnya saja Pantai Pasir Wates yang jaraknya sekitar 8 km dari Alun – Alun Rembang.

Terus jarak dari Alun – Alun Rembang ke Pantai Nyampung hanya sekitar 6,5 kilometer. Rata – rata estimasi waktunya hanya 15 menitan dengan menggunakan mobil.

Simak juga: Situs Perahu Kuno Punjulharjo

Harga Tiket Masuk Alun – Alun Rembang

Seperti halnya alun – alun yang ada di daerah lainnya, tiket masuk ke Alun – Alun Rembang pun gratis.

Simak juga: Pantai Indah Layur

Jam Buka Alun – Alun Rembang

Alun – Alun Kabupaten Rembang buka selama 24 jam dan beroperasional setiap hari. Karena perlu diketahui bahwa Alun – Alun Rembang juga menyajikan wisata malam.

Simak juga; Pantai Caruban

Fasilitas Alun – Alun Rembang

fasilitas di alun alun rembang
fasilitas di alun alun rembang. google maps. sumber: Puraditya Bayu Suhadiyono

Fasilitas yang ada di Alun – Alun Rembang adalah sebagai berikut:

  • Area parkir (di pinggir jalan, atau di area Masjid Agung Rembang),
  • Toilet ( Di Masjid Agung Rembang),
  • Wahana permainan,
  • Jogging trek,
  • Landmark,
  • Area lapang,
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Spot panggung.

Daya Tarik Alun – Alun Rembang

1. Wisata Keluarga Yang Murah Meriah

wisata keluarga murah meriah
wisata keluarga murah meriah. google maps. sumber: ivan f1

Alun – Alun Rembang atau disebut juga dengan nama Alun – Alun Kota Rembang adalah pesona di pesisir pantai utara yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga yang murah meriah.

Di kawasan tersebut juga terdapat berbagai macam wahana anak yang bisa disewa, ataupun dibeli pengunjung. Suasana ramai akan tampak di sore hingga malam hari, tak terkecuali di akhir pekan.

Selain itu, di sekitar kawasan Alun-Alun Rembang menyuguhkan destinasi wisata kuliner yang murah meriah namun tidak murahan.

See also  Wisata Alam Lubang Sewu, Cantiknya Batuan Alam di Waduk Wadaslintang

2. Penataan Kawasan

view masjid agung
view masjid agung. google maps. sumber: Taufan Efendi

Hampir semua tata letak alun – alun yang ada di Indonesia lokasinya berdekatan dengan:

  • Masjid Agung,
  • Pendopo,
  • Dan Penjara.

Dan tentu saja semua bangunan yang ada di kawasan tersebut biasanya bernilai sejarah yang sangat tinggi, terutama sejarah dari masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Begitupun dengan Alun – Alun Kabupaten Rembang tata letaknya tidak jauh berbeda dengan alun-alun lainnya.

Bahkan kelebihan dari Alun – Alun Rembang ialah dekat dengan wisata pesisir pantai utara. Semoga saja pembangunan di 2023 bisa menjadikan wajah Alun – Alun Rembang sebagai ikon kebanggan masyarakat.

Penulis hanya ingin memberikan saran, idealnya ada armada khusus yang mengantarkan wisata ke objek wisata pantai di Rembang.

Startnya tentu saja dari alun-alun. Jadi pembangunan kawasan wisata pantai yang terintegrasi dengan objek wisata lainnya, termasuk bangunan heritage.

Leave a Comment