Air Terjun Sikopel, Tujuan Wisata Curug Di Banjarnegara

Air Terjun Sikopel merupakan satu dari sekian curug yang ada di Banjarnegara, Jawa Tengah. Kamu yang menyukai wisata air terjun wajib banget untuk eksplor wisata curug yang satu ini.

Curug atau air terjun senantiasa memiliki tempat tersendiri di hati para peminat wisata alam, lokasi yang biasanya jauh dari keramaian membuatnya menjadi tempat yang tepat untuk hulang-healing.

gazebo. google maps. sumber: Aryadi Darwanto

simak juga: telaga warna

Apalagi Air Terjun Sikopel berada di antara kawasan yang masih asri, untuk menuju ke spot utamanya saja kamu harus menapaki jalur terjal diantara tebing dan jurang.

Cukup menegangkan memang, tapi seru apalagi deburan air dan view Air Terjun Sikopel itu sendiri sudah tampak terlihat. Harus banget liat kondisi cuaca ya, agar kegiatan wisata kamu aman dan nyaman.

Berikut ulasan dari Air Terjun Sikopel sebagai bahan referensi wisata Banjarnegara untuk kamu semua yang sedang mencari spot self healing.

Table of Contents

Lokasi Air Terjun Sikopel

Lokasi Air Terjun Sikopel beralamat di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Rute menuju Air Terjun Sikopel memakan waktu sekitar 28 km dari pusat kota Banjarnegara, yakni dengan menuju Jl. Dipayuda kemudian belok kiri ke Jl. M.T Haryono untuk tiba di Jl. Ki Jagapati II.

Petunjuk jalan ke Air Terjun Sikopel masih sangat minim, jadi kamu hanya mengandalkan warga sekitar jika bingung hendak mengambil arah yang benar.

Jalur yang dilalui cukup ekstrem, berkelok-kelok khas jalanan di dataran tinggi dengan pepohonan lebat di sepanjang perjalanan. Jadi berhati-hatilah saat berkendara, alon-alon asal kelakon.

pintu masuk curug sikopel
pintu masuk curug sikopel. google maps. sumber: Pakyanto Yanto

simak juga: curug sikarim

Jalannnya sudah bagus dan beraspal, dan dapat dilalui oleh kendaraan motoro maupun mobil. Namun mengingat jalur mendekati curug tidak begitu lebar, maka sebaikya menggunakan motor saja.

Jam Buka Air Terjun Sikopel

  • Jam buka Air Terjun Sikopel setiap hari Senin sampai Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 07.30 hingga 15.30

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikopel

  • Tiket masuk Air Terjun Sikopel sebesar Rp. 5.000,- per orang

Fasilitas Air Terjun Sikopel

Fasilitas yang ada di sekitar Air Terjun Sikopel diantaranya:

  • Tempat untuk menyimpan kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Gazebo,
  • Gardu pandang,
  • Cafe atau warung makanan dan minuman,
cafe
cafe. google maps. sumber: Yulvan Chairil

simak juga: batu ratapan angin

Daya Tarik Air Terjun Sikopel

1. Trekking Yang Indah

Sebelum tiba ke depan Air Terjun Sikopel, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Menapaki jalan setapak di ketinggian dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Di sepanjang jalur trekking terdapat beberapa gazebo, yang dapat dijadikan lokasi untuk bersantai ataupun beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Juga ada gardu pandang dimana Curug Sikopel sudah dapat kamu lihat.

Hati-hati ketika menuruni anak tangga karena cukup curam dan tidak ada pegangan sama sekali. Curug Sikopel sudah dapat terlihat dengan sangat jelas.

Jika jalur menuju Air Terjun Sikopel menurun, maka harus bersiap saat hendak pulang. Yang secara otomatis kamu harus terus menanjak hingga ke lokasi awal. Bawalah persediaan makanan khususnya minuman, sebagai bekal penghilang dahaga.

Jika melihat jalur trekkingnya, Air Terjun Sikopel tidak cocok untuk dijadikan lokasi wisata keluarga. Karena jalur trekkingnya curam ditambah tidak adanya pegangan sama sekali.

jalur trekking yang indah
jalur trekking yang indah. google maps. sumber: NOVI HIDAYAT_DESA

simak juga: d’qiano hot spring waterpark

2. Hidden Gem Banjarnegara

Air Terjun Sikopel termasuk salah satu hidden gemnya Banjarnegara, sebuah curug tersembunyi yang memiliki tinggi sekitar 70 meter dengan dikelilingi pepohonan rindang.

Air terjunnya terus mengalir menuju kolam penampungan alami yang berada di bawahnya, kemudian diteruskan hingga membentuk sebuah aliran sungai dengan hiasan bebatuan.

Curug atau Air Terjun Sikopel airnya cukup deras, saking derasnya di sekitar tempat jatuhnya air menimbulkan buih putih yang cukup pekat. Hingga cipratan airnya akan mengenai pepohonan yang ada di sekitarnya.

air terjun sikopel
air terjun sikopel. google maps. sumber: Dendy Nur Firmansyah

simak juga: padang savana dieng

Nikmatilah segarnya air, serta sejuknya udara yang disajikan. Lokasi yang tenang untuk merefleksikan diri, self healing terbaik dengan hanya mendengarkan suara deburan Air Terjun Sikopel.

Leave a Comment